Tips Agar Tidak Terkecoh! Ini Cara Membedakan Jaket Bahan Kulit Domba Asli Dan Sintetis

 

Semakin banyaknya jenis jaket kulit yang dijual di pasaran, tentunya semakin banyak pula peluang jaket kulit yang tidak asli atau imitasi. Meskipun jaket kulit sintetis terkesan jauh lebih murah, tetapi dari segi kualitas dan ketahanan jauh berbeda dengan jaket kulit asli. Masih banyak yang sulit untuk membedakan jaket kulit domba asli dengan jaket kulit sintetis. 

Jaket kulit asli biasanya memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda dibanding dengan kulit hewan lainnya. Ciri khas inilah yang bisa kamu gunakan agar tidak mudah terkecoh dengan jaket kulit sintetis. Untuk lebih memahami bagaimana perbedaan jaket kulit domba asli dengan sintetis, simak dalam artikel berikut ini.

Tips Agar Tidak Terkecoh! Ini Cara Membedakan Jaket Bahan Kulit Domba Asli Dan Sintetis


Fitur jaket kulit domba asli

 

Baca juga: Jaket Kulit Domba Kembali Jadi Tren Fesyen Saat Ini, Ini Keunggulan yang Dilirik Anak Muda

Kulit domba sudah terkenal kualitasnya, tidak perlu diragukan lagi. Banyak penjahit yang menggunakan kulit domba karena memiliki kelenturan yang tinggi sehingga cocok dijadikan bahan utama pembuatan jaket. Berikut beberapa keunggulan jaket kulit domba asli yang patut Anda ketahui:
 

1. Bau


Kulit domba asli biasanya memiliki aroma khas yang berbeda dengan bahan sintetis. Apakah jaket kulit asli mempunyai aroma yang berbeda-beda dan unik tergantung dari kulit hewan yang digunakan. Bahan sintetis cenderung memiliki bau kimia yang menyengat, berbeda dengan kulit domba yang hampir tidak mengeluarkan bau saat dijadikan jaket.

Jaket kulit hewan biasanya memiliki bau yang tetap bertahan meskipun telah melalui beberapa proses seperti penyamakan dan bleaching. Jadi ketika Anda mencium aroma jaket kulit tersebut, Anda sudah bisa membedakan antara jaket kulit asli dan imitasi.
 

2. Sifat material


Periksa dengan cermat permukaan jaket kulit. Biasanya, kulit domba asli memiliki pori-pori kecil dan serat halus tidak beraturan, sedangkan kulit imitasi biasanya terlihat teratur dan seragam sehingga terlihat lebih artifisial.

Kulit hewan asli umumnya memiliki tekstur yang tidak lengkap karena telah melalui beberapa proses seperti pemotongan dan pengelupasan kulit. Selain itu, jaket kulit asli memiliki nuansa yang lembut dan kenyal.
 

3. Uji kelenturan jaket


Pilihan ketiga adalah menguji kelenturan jaket. Ini akan membantu Anda menentukan apakah jaket kulit yang Anda beli terbuat dari kulit domba asli atau sintetis. Karena kulit asli mempunyai elastisitas yang baik dibandingkan dengan kulit buatan.

Cara mudah mengetahuinya adalah dengan menarik sedikit bagian lengan jaket kulit. Jika saat ditarik terdapat elastisitas yang berbeda, maka dapat dipastikan jaket tersebut adalah kulit domba asli.
 

4. Harga dan merek


Pada umumnya harga jaket kulit domba asli lebih mahal dibandingkan dengan bahan sintetis. Merek ternama atau penjual yang jujur ​​dan transparan seringkali menjamin keaslian bahan yang digunakan atau bahkan menggunakan kartu garansi.

Jika dilihat dari kualitasnya, jaket kulit asli jauh lebih bagus dibandingkan imitasi. Hal ini membuat jaket kulit asli menjadi lebih mahal. Jika Anda menjumpai penjual jaket kulit dengan harga murah sebaiknya lebih berhati-hati.



5. Hangat


Jaket berbahan kulit domba asli biasanya memberikan rasa hangat saat dikenakan. Kulit domba asli cenderung memiliki ketahanan suhu yang lebih baik dibandingkan bahan sintetis.

Pada umumnya jaket kulit tahan terhadap hembusan angin sehingga terasa nyaman saat dikenakan. Bahan tahan angin ini membuat tubuh Anda lebih hangat bahkan di daerah berangin.

Nah itulah tips atau cara cepat mengetahui perbedaan jaket kulit domba asli dan jaket kulit imitasi. Ciri-ciri jaket domba asli di atas tentunya bisa dengan mudah Anda bedakan, karena perbedaannya terkadang masih terlihat jelas. Sebelum membeli jaket kulit, Anda bisa mencoba cara berikut ini agar tidak tertipu.

Jual beli jaket kulit asli dengan harga murah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel