Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli yang Perlu Diketahui sebelum Membeli

 Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli

 

Bahan kulit hewan selalu terkenal akan manfaatnya yang mampu memenuhi kebutuhan manusia. Terlebih lagi, setiap bahan yang dihasilkan oleh industri memiliki fungsi yang berbeda dari lainnya. Contohnya yakni bahan kulit domba untuk membuat celana, rok, mental dan jaket. Sebelum membeli, sangat penting untuk mengenai ciri ciri jaket kulit domba asli.

Di pasaran, ada banyak jaket yang dikatakan berasal dari kulit domba tetapi tidak asli atau imitasi. Beberapa di antaranya juga ada yang dicampur dengan bahan plastik dan ditawarkan dengan harga yang cukup fantastis. Agar tidak salah pilih, anda bisa mengenali jaket kulit domba asli seperti di bawah ini.

Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli yang Perlu Diketahui sebelum Membeli

Karakteristik Jaket Kulit Domba Super Asli

baca juga: Mengapa Harga Jaket Kulit Domba Asli Mahal? Ketahui Disini Alasannya

1. Aroma Penyamak

Perlu diketahui bahwa proses pembuatan jaket kulit domba super asli tidak boleh melewatkan penyamakan. Proses ini dilakukan melalui proses kimiawi sehingga memiliki aroma tertentu yang khas. Aroma pada jaket bukan seperti aroma domba tetapi bahan kimia untuk menyamak.

Penyamakan dilakukan dengan bahan krom sehingga aroma yang tercium seperti roma krom. Sama seperti samak secara nabati, aroma yang dikeluarkan jaket juga aroma nabati sesuai bahan yang digunakan para proses penyamakan. Bisa dikatakan bahwa jaket kulit memiliki aroma sintetis seperti obat kimia polimer.

2. Tersedia Kartu Garansi

Ciri ciri jaket kulit domba asli yang sangat mudah dikenali yakni adanya kartu garansi. Produsen jaket kulit domba selalu memberikan kartu garansi untuk setiap produk jaketnya. Garansi yang diberikan berlaku selama 1 tahun untuk resleting rusak serta warna jaket yang memudar.

3. Berat

Dibandingkan jaket imitasi, jaket kulit domba asli lebih berat khususnya jaket kulit berbahan grade A. Hal ini karena bahan yang digunakan dari kulit domba super asli tanpa campuran bahan lain. Jika anda menjumpai jaket kulit domba lebih berat dari imitasi, besar kemungkinan bahwa jaket tersebut berbahan kulit domba asli.

4. Ketebalan Khas

Selain di atas, ketebalan bahan kulit juga bisa digunakan sebagai patokan untuk mengenali keaslian jaket. Biasanya, ketebalan jaket ini antara 0,6 mm hingga 0,7 mm.  Hal ini karena jaket telah melalui proses penempaan untuk memperoleh ketebalan kulit yang sama serta lebih halus.

Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli yang Perlu Diketahui sebelum Membeli


5. Tingkat Elastisitas Tinggi

Ciri ciri jaket kulit domba asli selanjutnya yakni tingkat elastisitasnya yang tinggi. Untuk mengetahuinya, anda bisa melakukan tes elastisitas. Caranya yakni bentangkan jaket kulit yang hendak dicek dan tarik ke atas serta ke bawah. Lakukan hal yang sama dengan arah berlawanan.

Kemudian, tarik kembali ke arah kanan serta kiri serta bandingkan tingkat elastisitasnya. Pada umumnya, jaket kulit domba asli memiliki tingkat elastisitas yang berbeda dari tarikan atas dan bawah serta tarikan ke kanan dan kiri. Disamping itu, panjang atau tingkat kemolorannya juga berbeda dengan yang lain.

6. Pola Tidak Beraturan

Hal selanjutnya yang bisa anda cermati yakni pola pada jaket. Jaket kulit asli memiliki pola yang tidak teratur dan berbeda dengan binatang lain. Disamping itu, kulit asli memiliki pori-pori yang tidak ada pada kulit imitasi. Tentunya, hal ini tidak bisa dilakukan dengan mata telanjang sehingga anda perlu menggunakan kaca pembesar untuk melihatnya.

Dengan mengenali apa saja ciri ciri jaket kulit domba asli, anda akan terhindar dari jaket kulit imitasi yang beredar di pasaran. Sangat disarankan untuk membeli di tempat yang sudah terpercaya seperti Buttonscarves. Anda bisa menemukan jaket kulit asli berkualitas premium yang sesuai dengan gaya penampilan anda. Jual beli jaket kulit asli dengan harga murah melalui Shopee.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel