Ukuran Kandang Kambing Modern Yang Benar & Desain

Ukuran Kandang Kambing Modern Yang Benar & Desain

Salah satu faktor yang menentukan kualitas peternakan adalah ukuran kandang kambing yang benar dan desain kandang kambing. Kualitas kandang kambing / kandang domba merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan peternakan kambing dan domba. Kondisi kandang kambing ideal yang baik dan sehat merupakan salah satu penunjang dalam keberhasilan usaha ternak kambing domba Anda. Kandang kambing modern yang benar dan sehat  ukuran & desainnya yang baik yang meliputi pencahayaan, pembuangan kotoran dan tempat menaruh pakan. Selain itu kandang kambing sederhana  yang baik adalah kandang kambing yang bersih dan kering sehingga kambing yang berada di dalamnya menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena itu desain kandang kambing dan ukuran kandang kambing modern yang benar sangat penting dalam pemeliharaan kambing dan domba. 

 Kandang kambing domba yang baik dan sederhana, sebaiknya menghadap ke arah Selatan, tempat makanan berada di sebelah Utara.Itu dapat dimengerti karena arah terbit dan tenggelamnya matahari dari Barat ke Timur, jadi matahari dapat menyinari sepanjang hari. Kandang domba yang baik mampu melindungi ternak terhadap pengaruh lingkungan yang berubah-rubah seperti angin, hujan dan perubahan suhu. Desain kandang kambing modern yang baik akan sangat berpengaruh besar terhadap peningkatan konversi pakan, laju pertumbuhan dan kesehatan. Kegunaan kandang kambing sangat penting bagi ternak domba penggemukan maupun bagi peternaknya.







Fungsi dan Manfaat Kandang Kambing Domba

Selain  sebagai tempat berteduh  bagi kambing domba maupun ternak kita, kandang kambing memiliki fungsi dan manfaat sebagai berikut : 

  1. Untuk melindungi ternak dari lingkungan yang merugikan seperti terik matahari, hujan, angin kencang, gangguan binatang buas dan sebagainya

  2. Mempermudah pemeliharaan kambing domba seperti memberi pakan dan minum secara bersama-sama atau serentak

  3. Mempermudah melakukan pengawasan terhadap penggunaan makanan, pertumbuhan dan gejala penyakit pada hewan ternak

  4. Menjaga kehangatan didalam kandang di waktu malam atau suasana dingin.

  5. Menghemat tempat. Dengan area tempat yang relatif sempit dapat menampung sejumlah domba yang lebih banyak

  6. Menghindari domba mengotori sembarang tempat.

 

 

 

Pemilihan Lokasi untuk Kandang Kambing Domba 

Lokasi yang akan digunakan sebagai tempat kandang kambing domba sebaiknya memenuhi syarat-syarat lokasi sebagai berikut :

  • Ketersediaan sumber  air untuk minum, memandikan dan membersihkan kandang kambing,

  • Kandang dekat dengan sumber pakan kemudahan akses transportasi untuk penyediaan pakan dan pemasaran,

  • Kandang kambing agak jauh dari lokasi pemukiman, serta masyarakat tidak merasa terganggu (utamanya untuk yang sudah masuk kategori perusahaan); tergantung kesepakatan dengan lingkungan masyarakat

  • Kandang domba jauh dari jalan raya, pasar, dan pabrik agar ketenangan ternak  terjaga.

  • Kandang dekat dengan sumber listrik

  • Lokasi kandang kering & tidak becek

  • Memenuhi persyaratan kesehatan kandang ternak kambing dang domba

 

 


Syarat-Syarat Kandang Kambing Domba
 

Persyaratan kandang kambing yang ideal antara lain :  

  1. Semua bahan material kandang domba harus kuat, murah serta mudah diperoleh

  2. Atap kandang kambing berdaya serap kecil dan ringan minimal setinggi 180 cm.

  3. Dinding harus bersirkulasi bagus, pertukaran udara dapat berjalan lancar, sehingga kambing dapat bernafas dengan nyaman.

  4. Sinar matahari dapat masuk ke kandang 

  5. Kandang mudah dibersihkan 

  6. Kandang jauh dari tempat tinggal

  7.  Jumlah ternak sesuai dengan ukuran kandang

Membuat kandang kambing domba yang baik tidak terlalu rumit. Dan kandang kambing tersebut dapat digunakan untuk berbagai jenis kambing misalkan boer, etawa, kacang, dsb. Namun jika merasa kesulitan dalam membuat kandang kambing  anda dapat membayar tukang yang ahli dibidangnya atau memesan kandang domba tersebut sesuai dengan anggaran anda.

 

 

Jenis Jenis dan Ukuran Kandang Kambing Domba Modern Yang Benar



Ukuran Kandang Kambing Domba Sederhana
Ukuran Kandang Kambing Domba Sederhana. Sumber :etawajaya.com

  

Berikut ini jenis-jenis kandang kambing sesuai peruntukannya dan ukurannya:

Ukuran Kandang Domba Koloni

Kandang koloni adalah kandang yang tidak mempunyai sekat atau kalau disekat ukurannya relatif luas agar dapat memelihara beberapa kambing/domba sekaligus. Kandang ini cocok untuk membesarkan bakalan atau memelihara betina calon induk dan induk kering (betina yang tidak bunting atau menyusui). Kandang model koloni,cocok untuk kandang domba garut atau domba lainnya yang terbiasa hidup secara komunal.

Ukuran  kandang kambing yang benar disesuaikan dengan ukuran tubuh ternak dan jumlah tenak dipelihara :

a. Kambing bakalan umur 3 – 7 bulan perlu ukuran kandang per ekor seluas 0,5 m2

b. Bakalan kambing umur 7–12 bulan perlu ukuran kandang per ekor seluas 0,75 m2

c. Kambing betina dewasa / calon induk umur > 12 bulan memerlukan ukuran kandang per ekor seluas 1 m2

 

Ukuran Kandang Kambing Individual

Kandang individu adalah kandang yang disekat – sekat sehingga hanya cukup untuk 1 ekor kambing/domba. Model kandang seperti ini digunakan  untuk membesarkan kambing/ domba bakalan dan menggemukan kambing/ domba afkir yang kurus. Ukuran kandang yang relatif sempit mengurangi ruang gerak ternak, dengan demikian perkembangan ternak dapat diharapkan berlangsung dengan cepat.

 

Ukuran Kandang Kambing Jantan

Kandang pejantan juga berfungsi sebagai tempat mengawinkan ternak secara terarah. Selain sebagai tempat hunian pejantan secara soliter (individu), sewaktu-waktu kandang ini juga dapat digunakan untuk mencampur induk betina yang sedang birahi dengan pejantan yang bertugas sebagai pemacek. Ukuran kandang kambing pejantan yang benar per ekor sekitar 2.5 - 3 m2. Kandang jenis ini bisa digunakan untuk kandang kambing etawa.

 

Ukuran Kandang Kambing Indukan Domba

Kandang indukan diisi oleh induk kambing yang hendak dan baru melahirkan anak. Dengan adanya kandang khusus ini diharapkan induk kambing dapat menjaga kandungan dan mengasuh anaknya dengan baik sampai tiba saatnya anak kambing disapih dan tidak terganggu oleh kambing lain saat menyusui anaknya. Sesudah anak selesai disapih, kandang dibersihkan dan bisa diisi penghuni baru secara bergilir. Seekor indukan kambing memerlukan ukuran kandang  sekitar 1.0 m x 1.5 m atau 1.5 m2 dan anaknya 0.2 m x 0.2 m atau 0.04 m2 per ekor.

 

Ukuran Kandang Pembesaran / Penggemukan Anak Kambing Domba

Kandang pembesaran sering disebut juga sebagai kandang kambing penggemukan digunakan untuk memelihara anak kambing setelah disapih sampai mencapai usia remaja. Pemeliharaannya dapat dilakukan secara berkelompok (massal) atau secara individu (tunggal, per ekor).

Pemeliharaan kambing secara berkelompok tidak memerlukan sekat (pagar, dinding pembatas) di dalam ruang kandang. Pemeliharaan kambing secara individu, memerlukan sekat-sekat pembatas mirip kotak di dalam ruang kandang. Setiap kotak dihuni untuk satu ekor kambing saja.

Di kandang pembesaran inilah kambing muda digemukkan sampai waktunya dipotong atau dijual. Aktivitas ternak yang diperbolehkan hanya makan, minum dan tidur sepuasnya. Kambing tidak akan melakukan kegiatan tidak perlu yang bisa menghambat pertumbuhan bila dimasukkan ke dalam kamar masing-masing. Misalnya saling berebut pakan atau berkelahi sesama kambing.

Kandang  pembesaran juga bisa berfungsi sebagai kandang kambing domba koloni, yaitu untuk memelihara domba betina remaja secara bersama-sama sebelum bunting, atau kambing jantan remaja (lepas sapih) sampai umur 6-7 bulan. Ukuran kandang kambing penggemukan  yang benar yang dibutuhkan untuk pembesaran adalah 1-2 m2 per ekor. Untuk keperluan ini, sekat-sekat kandang kambing dihilangkan. Untuk satu unit kandang dengan lantai seluas 100-120 m2, jumlah kambing maksimal yang bisa ditampung sebanyak 50-60 ekor kambing/domba.

Ukuran kandang kambing untuk penggemukan, bentuk kandang kambing domba pembesaran yang digunakan ada dua macam, yaitu kandang penggemukan model koloni dengan kebutuhan ukuran kandang domba  rata-rata 1.5 m2 per ekor dan kandang penggemukan  individual (kandang bateri) dengan ukuran sekatan kandang kambing  60-70 cm x 1-1.2 m. Umumnya, ternak yang dipelihara didalam kandang ini selama 1-3 bulan saja.

Ukuran Kandang Kawin Reproduksi

Merupakan kandang kambing yang khusus digunakan untuk proses perkawinan ternak kambing. Kandang tersebut sebaiknya cukup luas dengan ukuran kandang kambing minimal 4 x 6 m atau digunakan untuk kapasitas tampung 4 ekor : 1 ekor pejantan dengan 3 ekor betina. Kandang ini digunakan untuk menampung ternak kambing betina yang diduga sedang berada dalam masa birahi untuk dikawinkan. Umumnya pada perkawinan alamiah, betina tersebut akan ditempatkan bersama pejantan selama satu kali periode berahi/estrus.

 

Ukuran Kandang Kambing yang Benar Menurut Peraturan Menteri

Berdasar PERATURAN MENTERI PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 102/Permentan/OT.140/7/2014 tentang PEDOMAN PEMBIBITAN KAMBING DAN DOMBA YANG BAIK bab 2 , ukuran sekatan kandang kambing yang benar memenuhi persyaratan daya tampung sebagai berikut :

1. Ukuran kandang kambing Jantan dewasa adalah 1-1,2 m²/ekor
2. 
Ukuran kandang kambing Betina dewasa yaitu 0,7-1m²/ekor

3. Ukuran kandang kambing Induk laktasi seluas 0,7-1m²/ekor + 0,5m²/ekor anak

4. Ukuran kandang kambing Jantan/betina muda (7-12 bln) adalah0,75 m²/ekor

5. Ukuran kandang kambing Jantan/betina sapihan (4-7 bln) adalah 0,5 m² /ekor

 

Ukuran Kandang Kambing  Untuk 10 Ekor

Berdasar Peraturan Menteri di atas , ukuran kandang kambing  12 meter persegi sudah cukup untuk 10 ekor kambing jantan dewasa. Bahkan untuk kambing betina sejumlah 10 ekor hanya diperlukan ukuran kandang seluar 10 m2 atau 5 meter x 2 meter. Tentu saja apabila yang diternakkan kambing perlu diberi sekatan kandang dengan ukuran masing-masing 1 m2. Namun apabila yang dipelihara adalah domba, maka tidak diperlukan sekatan.

 

Bahan dan Material Untuk Pembuatan Kandang Ternak Kambing Domba 

Berikut ini beberapa bahan atau material yang dibutuhkan dalam membuat kandang ternak kambing. Bahan kandang ternak domba sebaiknya dipilih bahan yang mudah diperolah, murah, kuat dan awet. Jumlah bahan yang diperlukan, disesuaikan dengan ukuran kandang kambing domba yang akan dibuat, dan pasti akan akan mempengaruhi biaya pembuatan kandang kambing keseluruhan. Sedangkan ukuran ideal kandang kambing disesuaikan dengan jumlah ternak yang dipelihara.

Bahkan sekarang, rangka tiang maupun atap kandang kambing modern dapat dibuat menggunakan baja ringan. Biaya pembuatan kandang kambing baja ringan  lebih mahal daripada biaya kandang kambing dari bambu, namun memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi. Kandang kambing modern dapat dibuat menggunakan rangka baja ringan dan lantai dari bambu.

Bahan atap kandang kambing domba sebaiknya menggunakan bahan  yang tidak menimbulkan panas. Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan :

  • Kayu
  • Bambu
  • Kawat Anyaman
  • Asbes
  • Genteng
  • Pipa
  • Papan
  • Triplek



 

Perlengkapan yang Perlu Disediakan di Kandang Kambing Domba Modern

 

Ukuran Kandang Kambing Modern Yang Benar
Ukuran Kandang Kambing Modern Yang Benar Dan Desain Kandang Kambing Modern



Tempat Pakan Kambing


tempat pakan kambing domba
Gambar Tempat Pakan Kambing Domba


       Merupakan tempat makanan di dalam kandang yang dibuat sedemikian rupa sehingga bahan pakan yang diberikan tidak tercecer.  Ukuran lebar bawah bak papan 30-40 cm dengan dalam bak (tinggi) 20-25 cm dan tinggi bak papan bagian atas kelantai 50- 60 cm. Khusus untuk domba, tempat makan dibuat lebih rendah, karena sifat domba yang merupakan pemakan rumput yang letaknya di tanah.
 

Tempat Minum Kambing

Wadah air minum dapat berupa ember plastik atau tempat lain. Tempat minum diletakkan  di bagian tepi tempat pakan atau di bagian lain kandang.

Gudang Pakan

Bangunan ini digunakan sebagai tempat penyimpanan pakan. Usahakan lokasinya kering tidak lembab. Bangunan/ruangan gudang dapat menyatu atau terpisah dari bangunan kandang. Luas bangunan gudang disesuaikan dengan besaran skala usaha yang diperlukan. Gudang pakan merupakan tempat penyimpanan sementara untuk pakan yang belum diberikan kepada ternak. Umumnya gudang pakan akan disimpan konsentrat maupun hijauan yang belum diberikan. Penanganan khusus terhadap hijauan perlu dilakukan. Hijauan pakan ternak yang disimpan dalam gudang sebaiknya tidak dalam ikatan agar tidak mengalami fermentasi yang menimbulkan panas dan akan mengurangi kualitas hijauan. Demikian pula terhadap makanan penguat hendaknya disimpan pada tempat yang terhindar dari proses pembusukan dan serangan hama.



Ukuran Kolong Kandang Kambing yang Benar

Kolong pada kandang kambing pada umumnya terbuat dari semen dijaga agar tetap dalam kondisi bersih. Untuk mempermudah pembersihan, permukaan kolong kandang di buat miring.

Apabila kolong kandang tetap terbuat dari tanah, akan lebih baik, karena air seni kambing domba dapat langsung terserap ke tanah, sehingga tidak menimbulkan bau. Buatlah jarak sekitar 50-70 sentimeter antara permukaan tanah  dengan lantai kandang. Sehingga saat hujan, air tidak dapat mengotori kandang. Pembersihan kotoran kambing/dombapun bisa dilakukan dengan lebih mudah.

 

Desain Lantai Kandang dari Bambu untuk kandang Panggung

Desain lantai kandang  kambing tidak perlu dibuat mewah, cukup disesuaikan dengan anggaran saja saja.  Material murah yang dapat digunakan sebagai lantai kandang domba antara lain adalah dari bambu atau papan kayu. Berikut contoh desain interior bagian dalam lantai kandang kambing dari bambu.

Kandang Kambing Bambu

 Gambar Kandang Kambing Bambu


Kandang Kambing Berlantai Bambu

 

Desain Lubang Kotoran pada Kandang Kambing

Desain kandang kambing dibuat dengan benar-benar memperhatikan keberadaan lubang kotoran. Pastikan ada lubang di antara lantai. Tujuannya tidak lain untuk mempermudah kotoran kambing jatuh ke tanah. Saat membuat lantai dasar kandang kambing, perhatikan derajat kemiringannya. Jangan lebih dari 30 derajat.

 

Desain Dinding Kandang Kambing Domba

Dinding Kandang Kambing sederhana dapat dibuat secara murah dengan anyaman bambu. 

 

Desain Tempat Umbaran Kandang Kambing

Merupakan bagian dari kelengkapan sistem perkandangan ternak kambing dan domba. Tempat umbaran ini digunakan sebagai tempat excersice ketika kandang sedang dibersihkan. Tempat umbaran akan sangat bermanfaat bagi ternak kambing dan domba yang tidak pernah digembalakan (intensif) sehingga kesehatannya selalu terjaga sekaligus merupakan tempat olahraga atau jalan-jalan bagi induk yang sedang bunting. Kesulitan induk untuk beranak (Distokia) umumnya sering disebabkan akibat kurangnya aktivitas bergerak dari induk yang sedang bunting. Ukuran tempat umbaran disesuaikan saja dengan lahan yang ada.

 

Peralatan kandang kambing domba :

Perlengkapan lain yang perlu disediakan di kandang adalah sebagai berikut :
Ember
Timbangan
Alat kebersihan
Alat kesehatan

 

 Tipe Tipe Desain Kandang Kambing sesuai Konstruksinya 

 Desain Kandang domba dan kambing terbagi menjadi 2 tipe, yaitu tipe kandang lemprak dan tipe kandang panggung. Berikut penjelasannya :

1. Desain Kandang Kambing Lantai Tanah Sederhana Tipe Lemprak

Kandang lemprak merupakan desain kandang kambing sederhana yang menggunakan tanah sebagai alas kandang kambing. Lantai sebaiknya dibuat dari semen dengan corak kasar agar lantai tidak licin dan mudah dibersihkan. Lantai juga dibuat sedikit miring ke satu arah untuk mencegah adanya genangan air setelah kandang dibersihkan. 

Kelebihan kandang kambing sederhana  tipe lemprak :

  •         Biaya pembuatan kandang murah karena konstruksinya yang sederhana;         
  •         Resiko kecelakaan lebih kecil dari kandang panggung.

Kekurangan   kandang kambing sederhana tipe lemprak :


  •        Tidak terdapat tempat penampungan kotoran yang khusus sehingga kebersihan kandang kurang terjamin. Dengan demikian kandang harus selalu dibersihkan.
  •        Lantai kandang sering becek dan lembab sehingga merupakan suasana yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan kuman, cendawan dan parasit yang merugikan ternak kambing dan domba.
  •        Kesehatan ternak kurang terjamin karena lebih mudah terserang penyakit.
    Ukuran Kandang Kambing Modern Yang Benar Lemprak
    Ukuran Kandang Kambing Modern Yang Benar Lemprak



2. Desain Kandang Kambing Model Panggung

Desain kandang kambing panggung dicirikan dengan adanya tiang penyangga, sehingga lantai berada di atas tanah. Hal yang cukup penting adalah ukuran kandang kambing panggung. Ukuran tinggi jarak lantai kandang kambing model panggung yang benar berjarak 0,5 – 1 M dari atas permukaan tanah. Lantai kandang panggung biasanya dibuat dari papan atau potongan bambu dan memiliki tiang penyangga. Ukuran Celah di lantai kandang kambing panggung ± 1,5 - 2 cm agar kotoran mudah jatuh dan kaki ternak tidak terperosok.  Konstruksi kandang kambing domba model panggung lebih disukai dan lebih disarankan untuk digunakan dibandingkan dengan kandang lemprak, walaupun biaya pembuatannya lebih mahal.

 

        Keunggulan kandang kambing panggung :

a. Ruangan kandang kambing lebih nyaman, karena kotoran dan air kencing jatuh kebawah sehingga dasar kandang selalu kering dan tidak lembab. Hal ini menjaga kambing/ domba terhindar dari penyakit busuk kuku dan penyakit cacing yang ditularkan oleh kotoran.

 b. Pertukaran udara lebih baik, sehingga dapat terhindar dari penyakit paru – paru.

c.  Terhindar dari gangguan binatang buas.

d.  Aman dari kemungkinan banjir mendadak.

 

       Kekurangan dari kandang domba model panggung :

a.     Kemungkinan kaki kambing/domba terperosok ke celah lantai kandang. Jarak celah harus diperhatikan.

b.     Kemungkinan domba melompat kebawah dan mati tergantung, sehingga ikatan pada leher harus dilepas.


Gambar Kandang Kambing Domba Panggung Sederhana


Kandang Kambing Modern

Kandang kambing modern merupakan kandang kambing yang didesain sesuai dengan ilmu ternak kambing domba terkini. Kandang kambing modern dari baja ringan merupakan yang paling ideal, namun untuk menghemat kandang kambing modern dari bambu juga sudah memenuhi syarat.

 

Biasanya kandang kambing modern memiliki desain  sebagai berikut :

1.  Kandang kambing modern berbentuk kandang kambing panggung. Ukuran kandang kambing modern  disesuaikan dengan jumlah kambing domba yang dipelihara. Perlu diperhatikan ukuran ketinggian lantai kandang kambing sekitar 50 -100 cm.


Kandang Kambing Modern Panggung
Gambar Kandang Kambing Panggung


 

2. Desain kandang kambing modern memiliki fasilitas pemisahan antara kotoran kohe kambing padat dengan kohe kambing cair (urin), hal ini merupakan salah satu cara menghilangkan bau kandang dan menjaga kebersihan kandang yang sangat berdampak pada kesehatan ternak kambing domba. Kandang kambing modern jenis ini biasa disebut sebagai kandang kambing terkoleksi.


Kandang Kambing Modern Terkoleksi

Gambar Kandang Kambing Modern Terkoleksi




3. Kandang kambing modern memiliki lokasi untuk kandang umbaran. Ternak kambing umbaran akan meyehatkan domba, karena ternak memiliki kesempatan untuk beraktivitas, bergerak, dan berolah raga. Kandang kambing umbaran biasanya terletak di sekitar kandang kambing panggung utama. Ukuran umbaran kandang kambing disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia.


Kandang Kambing Umbaran

Gambar Umbaran Kandang Kambing



Gambar Desain Kandang Kambing Modern Terkoleksi

Berikut ini kami berikan contoh gambar design kandang kambing modern model terkoleksi. Kandang kambing modern di bawah merupakan desain dari partner Madani Farm Jogja yang berlokasi di Yogyakarta. Desain kandang kambing di bawah telah dilengkapi dengan sistem penampung kotoran kohe dan urin kambing, sehingga peternak lebih mudah mengumpulkan kotoran kambing dan memanfaatkannya.

 

1. Kandang Kambing Ukuran 5 m x 1,5 m. 

Kandang kambing ini didesain  cukup untuk memelihara 10 -15 ekor kambing/domba. Biaya pembuatan kandang kambing ini senilai 7 juta rupiah, dan melayani pemesanan untuk Daerah Istimewa Yogyakarta maupun luar kota.



Gambar Desain Kandang Kambing Modern Terkoleksi ukuran 5 x 1,5 m

 

2. Kandang Kambing Ukuran 5 m x 4,5 m.

Kandang kambing ini didesain  cukup untuk memelihara 25 -30 ekor kambing/domba. Terdapat lorong untuk mempermudah pemberian pakan kambing dan pegumpulan kotoran kambing. Biaya pembuatan kandang kambing ini senilai 14 juta rupiah, dan melayani pemesanan untuk Daerah Istimewa Yogyakarta maupun luar kota.


Gambar Desain Kandang Kambing Modern Terkoleksi ukuran 5 x 4,5 m


Untuk informasi penjualan & pemesanan kandang kambing modern terkoleksi bisa klik / chat :

 Hubungi Telepon Madani Farm melalui whatsapp

 

Demikian informasi mengenai jenis-jenis kandang kambing domba sederhana desain, ukuran kandang kambing yang benar, tipe kandang kambing domba, bahan pembuat kandang, perlengkapan dalam kandang, dan ukuran kandang domba garut, dan gambar kandang kambing.  Ada juga jenis kandang kambing portable yang akan dibahas pada artikel yang lain. Kami di Madani Farm Jogja menggunakan jenis kandang panggung minimalis dengan model semi umbaran, dengan ukuran yang cukup ideal untuk pertumbuhan domba-domba kami, sehingga dapat menghasilkan dan menjual menjual bibit anakan kambing domba kurban berkualitas.

 



 























 




 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel