Cara Beternak Domba Merino bagi Pemula

Cara Beternak Domba Merino Bagi Pemula



Untuk pembaca yang baru memulai ternak domba merino berikut ini kami akan memberikan sedikit cara ternak domba merino bagi pemula kepada kalian. Domba Merino atau ada yang menyebutnya sebagai kambing moreno merupakan salah satu jenis domba yang ada di Indonesia yang sangat unggul , yang saat ini mulai dikenal dan dikembangkan oleh sebagian peternak domba khususnya di Pulau Jawa. Beternak domba merino asli ini merupakan bisnis kambing yang sangat menguntungkan karena domba ini merupakan penghasil merino wool yang di negara Australia dan beberapa negara di Eropa, wool dari merino digunakan untuk kebutuhan bisnis fashion. Domba merino sangat dikenal sebagai jenis kambing domba pedaging yang menghasilkan daging unggulan dan sudah menjadi ciri khas dari domba merino. Bobot domba merino biasanya mencapai 100 kg, sehingga merupakan salah satu jenis kambing domba terbesar. Berat domba Merino sangat unggul jika dibandingkan dengan jenis domba lainnya. Sekarang domba merino dijadikan sebagai ternak komunitas utama untuk memenuhi kebutuhan permintaan daging yang meningkat. Bukan hanya itu saja domba merino bisa dijadikan sebagai kambing qurban aqiqah dan lainnya. Nah apakah kalian tertarik dengan cara beternak kambing domba merino ini? 

 
Domba Merino Jantan







Jika pembaca ingin mencoba untuk memulai peternakan domba merino berikut ini akan kami berikan tips, cara memelihara domba dan budidaya domba merino kepada kalian

Lokasi / Tempat Ternak Domba Merino

Hal pertama yang perlu dipersiapkan peternak kambing domba merino adalah lokasi terlebih dahulu, karena untuk ternak domba merino membutuhkan lokasi yang cukup luas. Lokasi tidak perlu jauh dari rumah penduduk, karena domba merino asli tidaklah sangat bau. Bahkan kotorannya bisa dikumpulkan dan bisa dijadikan sebagai pupuk kandang / pupuk organik untuk tanaman. Jadi pastikan lokasi kandang domba kalian terlebih dahulu sebelum ternak dimulai.


Pembuatan dan Ukuran Kandang Kambing / Domba Merino

Untuk ternak domba merino ada dua cara yaitu digembala atau bisa disebut diangon atau ternak kambing tanpa kandang dan sistem di kandang saja. Perlu lahan luas apabila akan menggunakan tipe angon/gembala. Ukuran kandang kambing atau domba merino perlu disesuaikan dengana jumlah domba yang dipelihara. Satu ekor kambing atau domba memerlukan ukuran kandang seluas 1,2 -1,5 meter persegi. Kandang domba sederhana dapat dibuat dengan beralaskan tanah dan pembatas bambu, namun kandang jenis ini harus sering dibersihkan. Biaya membuat kandang dari bambu beralaskan tanah lebih murah daripada tipe kandang domba yang lain. Biaya pembuatan kandang domba / kambing merupakan salah satu faktor yang cukup besar dalam peternakan kambing domba. Apabila kandang kambing domba dibuat model panggung, usahakan ukuran tinggi kandang kambing panggung sekitar 70 cm.


Berikut ini kami akan memberikan beberapa syarat membuat kandang kambing domba :

Jenis kandang kambing domba tipe koloni 

Memiliki 1 ruangan yang di mana domba akan dihuni oleh banyak domba.
Ukuran kandang 5 x 3 m bisa menampung hingga 10 ekor domba merino

Jenis kandang kambing domba tipe tunggal

kandang kambing domba tunggal bersekat

Yaitu di mana setiap satu kandang untuk 1 ekor domba ruangan biasanya dibuat pas dengan badan domba sehingga domba tidak bisa berbalik, hanya bisa bergerak maju-mundur rebah dan berdiri. Biasanya tipe kandang seperti ini cocok untuk kandang kambing penggemukan karena mengurangi aktivitas / pergerakan merupakan salah satu cara menggemukkan kambing domba.

Perlengkapan kandang domba

Perlengkapan yang diperlukan untuk kandang domba merino adalah tempat makan dan tempat minum domba. Tempat makan kambing domba bisa dibuat panjang dan cukup lebar Tempat minum domba bisa menggunakan ember plastik saja.

tempat makan kambing domba merino

Struktur kandang domba

1. Tiang yang akan menahan kadang dan domba agar kandang tahan sampai berapa tahun maka bisa menggunakan tiang yang terbuat dari semen yang terjamin lebih kuat untuk menopang kayu dan domba yang di atasnya .

tiang kandang kambing dan domba
2. Bantalan bisa menggunakan kayu cukup besar yang kuat dan tahan lama

lantai dan bantalan kambing domba


3. Lantai menggunakan kayu yang cukup tebal sebab agar kayu lebih kuat ketika terkena air kencing dan kotoran domba

4. Atap kandang tergantung dari kondisi cuaca di lokasi kandang. Jika cuacanya dingin lantai kandang bisa menggunakan sang atau asbes, jika daerah panas maka bisa menggunakan rumbia atau genteng untuk dijadikan atap

atap kandang kambing domba merino

5. Kandang sebaiknya memiliki beberapa sekat, agar ketika ada domba yang melahirkan bisa segera dipindahkan, sehingga anak domba tidak terinjak domba lainnya.Satu sekat kalian bisa untuk dua induk domba yang melahirkan. Jangan lupa untuk memisahkan setiap pejantan agar tidak terjadi kericuhan.


Memilih bibit domba merino

memilih bibit domba merino

Setelah mengetahui siklus daur hidup kambing / daur hidup kambing domba, langkah selanjutnya adalah memilih bibit domba merino. Untuk memilih indukan domba pilih domba merino yang benar-benar bagus yang akan menjadi indukan dan pejantan nantinya, dan tentu saja akan mempengaruhi harga bibit domba merino. Berikut ini cara memilih bibit pejantan dan indukan domba merino :

Pemilihan Bibit Domba Merino Betina

bibit domba merino betina

1. Bentuk tubuh harus kompak, dada dalam dan lebar, untuk garis punggung dan pinggang harus lurus, bulu lunak dan mengkilap, bertubuh besar tetapi tidak terlalu gemuk .
2 Sifat keindukan, untuk cara melihatnya kalian bisa melihat kambing jinak atau tidak, jika jinak maka itu merupakan induknya bagus, dan kalian bisa melihat dari sorotan matanya .
3. Kenormalan kaki kaki lurus dan besar sehingga mampu menahan bobot badannya akan menambah
4 keadaan gigi jumlah gigi harus lengkap antara rahang atas dan rahang bawah
5 keturunan berasal dari keturunan kembar atau beranak kembar atau kelahiran tunggal tetapi berasal dari induk yang mudah atau baru melahirkan satu atau dua kali
6. Ambing tidaklah boleh terlalu menggantung, bentuk simetris dan untuk jumlah puting harus dua buah

Pemilihan Bibit Domba Merino Jantan

bibit domba merino jantan

Berikut ini nerupakan beberapa kriteria dalam memilih bibit domba yang berkualitas :
1. Berbadan besar, dada lebar, tubuh relatif panjang, bagian tubuh sebelah belakang lebih besar dan lebih tinggi, tetapi tidak terlalu gemuk
2. Penampilan bersifat gagah, mencerminkan kemampuan menurunkan sifat yang baik pada anaknya.
3. Aktif dalam kandang, ramah dan siap mengawini induk yang birahi atau yang masuk masa kawinnya.
4. Keturunan yang berasal dari keturunan kembar .
5. Umur domba antara satu setengah sampai 3 tahun

Jenis Pakan Domba Merino

Dalam ternak domba merino, peternak harus memperhatikan makanannya, karena domba merino ini adalah merupakan domba yang menghasilkan daging yang paling banyak. Porsi makan domba merino melebihi porsi makan domba lokal lainnya. Jika ingin mendapatkan domba yang memiliki daging super atau jenis domba merino super, kalian bisa mencoba memberikan asupan makanan sebagai berikut :

1. Pakan Rumput dan Daun.

pakan rumput dan daun domba merino

Pakan rumput ini pastinya sudah menjadi pakan utama yang akan diberikan kepada domba karena pada umumnya hewan berjenis ini pastinya akan memakan rumput. Jika ingin memberikan makan rumput bisa memberi rumput gajah, rumput benggala, rumput raja rumput, rumput pakchong dan rumput lainnya

2. Pakan Biji-bijian.

Jika ingin domba memiliki daging yang banyak peternak bisa memberikan biji-biji kepada domba contohnya kedelai, kacang panjang, dan biji-bijian lainnya.

3. Pakan Konsentrat

pakan konsentrat domba merino 

Kegunaan pakan konsentrat ini akan membantu domba agar cepat bertumbuh dengan kebutuhan protein yang dibutuhkan. Pakan ini harus mengandung gizi yang tinggi dan juga sangat mudah dicerna dan berserat rendah. Untuk mendapatkan pakan konsentrat, peternak bisa mendapatkannya dari biji-bijian atau umbi-umbian atau limbah olahan dari hasil pertanian seperti kulit kedelai dan ampas tahu. Pemberian pakan ini bisa dicampur dengan rumput atau dipisah juga bisa.

Pemberian pakan domba bisa dilakukan sehari tiga kali seperti layaknya kita makan pagi, siang dan malam. Domba ketika melihat manusia akan berisik akan meminta makan .Nah di situ jangan sampai kita memberi makan karena akan menjadi kebiasaan nantinya. Jadi kalian bisa memberikan domba makan apabila sudah pada waktu makanya saja.

Perawatan Domba Merino Sehari-hari

Perawatan domba pastinya tidak sangat sulit asalkan kalian ingin merawat setiap hari. Perawatan setiap hari harus dilakukan agar dapat domba merino terjaga terus kesehatannya dan tidak mudah terkena penyakit. Bagaimana perawatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan domba-domba merino? 
 
1. Menjaga kebersihan kandang setiap hari contohnya setiap sore peternak bisa membersihkan kotoran domba
 
2. Memandikan domba kalian agar bulu bersih dan sehat terus.
 
3. Agar bulu domba menjadi bagus, maka peternak domba merino bisa memotong bulu domba jika kalian sudah melihat risih pada domba maka kalian bisa memotong bulu domba
cukur bulu domba merino




4. Memotong kuku domba, peternak bisa memotong kuku domba dengan pisau yang tajam .
memotong kuku kambing domba merino

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=ZYzwoK8K1sk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel