Daur Hidup Kambing Domba yang Perlu Diketahui

 Penjelasan tentang Siklus / Daur Hidup Kambing Domba yang Perlu Diketahui


Kambing dan domba adaah binatang bertulang belakang yang tergolong  dalam kelas mamalia dan bereproduksi dengan melahirkan. Ciri - ciri umum kambing antara lain mempunyai kaki berjumlah empat, tubuh tertutup oleh rambut dan bertanduk. Seluruh binatang mengalami daur atau siklus dalam kehidupannya. Daur atau siklus hidup binatang adalah   tahapan perkembangan makhluk hidup pada kehidupannya. Masing-masing binatang memiliki tahapan daur hidup yang berbeda-beda. 

Berikut ini merupakan artikel lengkap mengenai penjelasan  daur hidup kambing dan domba yang harus diketahui peternak pemula, agar dapat membuat perencanaan dan persiapan perkawinan dalam beternak kambing domba, kehamilan, kelahiran, penyapihan dalam budidaya kambing domba. Siklus hidup kambing juga merupakan materi soal IPA Ilmu Pengetahuan Alam yang sering ditanyakan saat ulangan atau ujian. Perhatikan gambar daur hidup kambing domba di bawah.

 

 




 

 Jenis Siklus Hidup Kambing / Daur Hidup Kambing

Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Gambar  Siklus Daur Hidup Kambing


1. Anakan kambing

Fase pertama dalam siklus hidup kambing dimulai dengan bayi baru lahir atau anak. Ukuran seekor kambing muda bervariasi tergantung pada spesiesnya.

Misalnya kambing etawa yang memiliki ukuran bobot sekitar 3,3 kg. Anak kambing kacang memiliki berat sekitar 1,2 kg.

Kambing memiliki sifat yang sangat bergantung pada induk kambing. Kambing tidak bisa hidup tanpa induknya.

Sistem pencernaan anak berbeda dengan kambing dewasa. Karena hanya memiliki satu perut (monogastrik), bayi kambing menyusu dari susu induknya.

Kambing bayi yang baru lahir seperti kambing ras etawa memiliki berat badan rata-rata 3,3 kg, sedangkan kambing jenis kacang memiliki berat 1,2 kg. Seperti anak ayam yang baru lahir lainnya, anak ayam sangat bergantung pada induknya. Sistem pencernaan anak kambing masih belum sempurna, sehingga pakan utama yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi anak kambing diperoleh dari ASI.

Anak kambing basa disebut sebagai cempe atau bakalan atau anakan kambing merupakan komoditas yang dicari para peternak untuk dibeli guna digemukkan. Harga anak bibit kambing domba yang dijual bermacam-macam tergantung pada kondisi, jenis kelamin, lokasi, dsb.


Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing


 

2. Fase Menyusui Kambing Domba

Susu pertama yang berasal dari induk kambing memiliki keunggulan sebagai antibodi. ASI pertama tersebut disebut kolostrum, yang memperkuat sistem kekebalan anak.

Fase menyusui pada daur hidup kambing berlangsung hingga anak berusia 5-6 bulan. Hal ini dikarenakan kambing di bawah umur 1 tahun tidak memiliki gigi tetap.

Selama fase menyusui, anak belajar mengunyah makanan. Tujuannya untuk merangsang perkembangan ruminansia.

Pada tahap daur hidup kambing ini tidak jarang peternak memerah susu kambingnya. Karena susu kambing memiliki banyak khasiat yang baik untuk tubuh manusia.


Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Penjelasan tentang Daur Hidup Kambing


3. Kambing Domba dewasa

Tahap daur hidup kambing selanjutnya, setelah anak berhenti menyusu, adalah tahap dewasa. Kambing yang sudah dewasa mulai berbaur dengan lingkungannya. Biasanya kambing dewasa bercampur dengan kambing lain bahkan ikut bergabung dalam status sosialnya.

Namun hal ini berbeda dengan kambing liar. Kambing dewasa liar cenderung hidup memyemdiri. Ada seekor kambing senior di habitat yang akan dipimpin kelompok tersebut.

Setiap kelompok kambing berisi 5-20 ekor kambing. Kambing jantan bertugas menjaga secara berkelompok.

Perhatikan ciri-ciri yang dimiliki kambing di masa dewasa:

a. Fase pubertas 

Merupakan fase siklus hidup antara anak kambing dan dewasa. Pada tahap ini organ reproduksi kambing menunjukkan tanda-tanda kematangan. Kambing dengan organ reproduksinya sudah siap, dan basanya biasanya bisa mengalami berahi.

b. Fase tumbuh dewasa 

Dikatakan dewasa bila bentuk tubuh kambing proporsional. Tujuan proporsionalitas adalah untuk memenuhi keinginan bereproduksi dan siap bereproduksi. Yang bisa dijadikan tanda adalah bentuk alat kelaminnya, utuh atau sempurna.

Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Daur Hidup Kambing Domba




4. Fase Birahi Kambing Domba

Pengertian fase birahi pada daur hidup kambing  adalah hewan ini cukup mental untuk melakukan proses perkawinan. Baik kambing jantan maupun betina menunjukkan keinginan mereka untuk bereproduksi. Mereka menunjukkan apa yang mereka inginkan dengan melakukan hal-hal yang menarik perhatian lawan jenis.

Biasanya kambing betina menggerakkan ekornya di sekitar kambing jantan. Ini salah satu cara untuk menunjukkan hasrat terhadap kambing jantan.

Sedangkan kambing jantan mengeluarkan bau yang berasal dari kelenjar di bagian tanduk. Hal ini juga dikatakan untuk menunjukkan keinginannya pada kambing betina.

Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing
Gambar Siklus Daur Hidup Kambing 


5. Fase Perkawinan Kambing Domba

Setelah kambing menunjukkan birahi, ia menjalani proses perkawinan untuk memiliki keturunan. Fase ini biasa dikenal dengan nama estrus. Ketika sel telur berhasil dibuahi oleh sel sperma, maka kambing betina akan mengalami ovulasi.

Dalam setahun kambing akan mengalami beberapa fase birahi. Makhluk hidup yang mengalami beberapa musim kawin dalam satu tahun disebut poliestrus. Oleh karena itu tidak mengherankan jika kambing mengalami banyak perkawinan dalam satu tahun.

Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing
Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing



6. Fase Kehamilan Kambing Domba

Fase daur hidup kambing selanjutnya setelah fase perkawinan adalah fase kehamilan. Umur kehamilan pada ternak kambing antara 150 sampai 155 hari. Sedangkan kambing liar mengalami fase gestasi sekitar 170 hari.

Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing
Penjelasan tentang gambar  daur hidup kambing



7. Tahap Kelahiran Kambing Domba

Tahap terakhir dalam siklus hidup kambing adalah tahap kelahiran. Pada akhir masa gestasi, kambing melahirkan anaknya dalam waktu sekitar 15 menit.

Biasanya saat lahir, induk kambing akan memakan ari-ari yang menyertai bayinya. Hal ini dilakukan agar induk betina mendapat nutrisi.

Untuk mencegah musuh mencium darah akibat persalinan, induk kambing akan menjilati bayinya hingga bersih. Kemudian bayi kambing tersebut belajar bangun dan menyusu untuk pertama kalinya.

Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing
Penjelasan tentang gambar  siklus hidup kambing


Demikian penjelasan tentang daur hidup kambing domba, jenis siklus hidup kambing, dan gambar daur hidup kambing yang perlu diketahui peternak pemula agar dapat membuat perencanaan breeding yang baik.

Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing
Penjelasan tentang gambar  siklus hidup kambing

 























 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel