Ciri- Ciri Domba Garut Jantan Tipe Tangkas

Ciri- Ciri Domba Garut Jantan Tipe Tangkas - Madani Farm Jogja


Domba Garut masuk dalam spesies domba, meskipun banyak yang menyebutnya sebagai kambing garut. Menurut pakar domba seperti Prof. Didi Atmadilaga dan Prof. Asikin Natasasmita bahwa Domba Garut merupakan hasil persilangan antar domba kampung, Domba Ekor Gemuk dan Domba Merino yang terjadi sekitar pertengahan abad ke-19 (± 1854) dan dikembangkan oleh Adipati Limbangan Garut sekitar 70 tahun kemudian, yaitu pada tahun 1926. 

Domba Garut saat ini telah menunjukkan keseragaman. Bentuk tubuh domba Garut hampir sama dengan domba lokal. Bentuk tanduk bundar yang besar, berasal dari domba Merino, namun domba Merino tidak memiliki insting  bertanding. Pada dasarnya beternak domba garut tidak jauh beda dengan cara beternak domba merino. Bobot tubuh domba garut  bisa mencapai 40 kg hingga 80 kg, sehingga harga domba garut dewasa  relatif mahal. Menurut beberapa ahli, Domba Garut tidak hanya menjadi andalan saja, tetapi juga merupakan penghasil daging yang sangat baik, sehingga banyak orang ingin memulai bisnis domba garut dan ingin memulai ternak domba garut.

Kambing Domba Garut digolongkan sebagai spesies domba terbaik dalam perdagangan, dan paling menarik perhatian banyak orang. Domba Garut mudah dirawat oleh petani kecil karena  cara memelihara domba garut mudah, cara beternak domba garut mudah serta bibit domba garut lebih mudah diperoleh karena banyak yang menjual domba garut.







Asal Domba Garut

Domba Garut berasal dari Kabupaten Garut tepatnya di daerah Limbangan yang kemudian berkembang dan kini menyebar ke seluruh pelosok Jawa Barat pada khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya. Bentuk umum domba garut, badan relatif besar dan persegi panjang, bulunya panjang dan kasar, tanduk domba jantan besar dan kuat serta kekar (inilah modal utama dalam seni ketangkasan domba).. Pelajari daur hidup kambing domba disini.


Ciri-Ciri Domba Garut

Ciri-ciri domba garut adalah tanduk besar yang digulung ke belakang dan tubuh yang variatif, kokoh, agresivitas tinggi, sehingga memiliki temperamen cantik dan unik. Ciri-ciri kambing domba Garut lainnya  yaitu pangkal ekor terlihat cukup lebar dengan ujung runcing dan pendek, dahi agak lebar, kepala pendek dan profil agak cembung, mata kecil, tanduk besar dan punggung melingkar. Domba Garut betina tidak bertanduk, namun telinganya bervariasi dari pendek (ngadaun hiris) hingga panjang dan memiliki warna bulu yang beragam. Domba garut seringkali memiliki telinga yang tidak rata, sedangkan yang memiliki telinga panjang dikenal dengan sebutan domba bongkor.

Untuk memulai peternakan domba garut, yang pertama harus mendapatkan domba garut super yang baik, dimulai dengan memilih domba betina yang sangat baik dan keturunan domba garut jantan juga berprestasi baik. Karakter memelihara domba Garut berbeda-beda, tergantung jenis domba garutnya, mulai dari anakan hingga dewasa (siap kompetisi). Persiapan pakan domba garut juga merupakan hal penting saat memulai ternak kambing garut.

Domba garut yang dipilih sebagai domba tangkas harus dilatih untuk bertanding di lapangan. Tanpa adanya pelatihan,  domba garut tidak memiliki unsur seni di lapangan, sehingga kurang enak dipandang dalam perlombaan, yaitu dalam hal langkah maju, mundur atau dalam kata lin Tembragan atau tubrukannya  tidak bagus.

Hingga saat ini, Domba Garut masih merupakan  unsur kesenian yang digemari dan merupakan kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Sebagai domba favorit, setiap hari Minggu di Jawa Barat selalu ada perlombaan atau penjurian domba garut di semua daerah khususnya di Kabupaten Garut. Ajang ketangkasan domba Garut berlangsung pada hari libur nasional, ulang tahun seperti HUT Garut, HUT TNI dan HUT Republik Indonesia.

Seni Adu Domba Garut

Gambar Adu Domba Garut



Domba Garut Jantan Tipe Tangkas

Berdasarkan hasil pengamatan dan pada beberapa domba garut  di Jawa Barat dapat disimpulkan bahwa sifat-sifat kualitatif atau ciri- ciri Domba Garut JantanTipe Tangkas di Jawa Barat adalah sebagai berikut :

1. Karakteristik warna bulu dominan pada Domba Garut Jantan adalah kombinasi warna hitam-putih, yaitu sebesar 86 %.

2. Motif bulu dominan pada Domba  Garut jantan adalah hitam atau hideung polos (19,83 %) dan belang sapi (14,88 %).

3. Bentuk tanduk dominan pada Domba Garut jantan adalah Gayor (54,95 %), Ngabendo (17,36 %), dan Leang (16,53 %).

4. Bahan rumusan dalam membuat standar sifat-sifat kualitatif Domba Garut tipe tangkas adalah warna bulu hitam-putih dengan motif hideung polos atau belang sapi, serta bentuk tanduk gayor, ngabendo, dan leang.



Berikut penjelasan istilah khusus ciri domba garut :

Baracak adalah kombinasi warna bulu domba dengan dominasi hitam atau abu-abu dan bercak-bercak kecil putih yang tidak teratur pada sekujur atau sebagian tubuh.

Belang Sapi adalah kombinasi hitam putih seperti belang batu namun dengan belang yang lebih besar, biasanya terdapat warna hitam yang besar-besar di atas warna putih (mirip sapiFH).

Gayor adalah bentuk tanduk Domba Garut yang mengarah ke bawah sampai melebihi lebar muka dan bagian akhir tanduk sedikit melengkung ke luar (nanggeuy pipi, sepertiposisi tangan orang yang sedang berdoa, di daerah Bogor dikenal dengan tanduk haminlebe).

Golong tambang adalah bentuk tanduk Domba Garut yang melingkar satu putaran (ngagolong), termasuk bentuk tanduk yang tergolong gayor, japlang, atau leang-leang , namun bila ada satu putaran maka dimasukkanpada golong tambang.

Hideung Polos adalah istilah untuk motif bulu Domba Garut dengan keseluruhan bulu berwarna hitam polos dan tidak tercampuri oleh warna lain, motif bulu ini dipercaya baikuntuk domba tangkas karena memiliki kekuatan lebih dibandingkan motif bulu yanglain.

Japlang adalah bentuk tanduk Domba Garut yang sangat mengarah ke samping dan sedikit lengkungan ke bawah tidak melebihi daun telinga (seperti kumis baplang). Lakenadalah istilah untuk bulu Domba Garut dengan warna abu-abu atau hitam mirip topilaken atau suterayang keputih-putihan. Leang adalah bentuk tanduk Domba Garut dengan sedikit lengkungan mulai dari bagian bawah.

Foto Gambar Domba Garut Jantan

Foto Gambar Domba Garut

Foto Domba Garut Jantan

Gambar Domba Garut Jantan

Foto Gambar Domba Garut

Gambar Domba Garut Jantan

Foto Gambar Domba Jantan

Foto Domba Garut Jantan

Gambar Domba Garut

Domba Garut Jantan

Domba Garut Jantan

Foto Gambar Domba Garut Jantan

Gambar Domba Garut Jantan

Foto Gambar DombaJantan

Gambar Domba

Foto Gambar Domba Garut Jantan

Gambar Domba Garut Jantan

Foto Gambar Domba Garut

Foto Gambar Domba Garut Jantan



Apabila Anda ingin memulai bisnis peternakan domba garut, sebaiknya memulainya dengan memelihara dan beli bibit cempe bakalan anak domba  garut persilangan terlebih dahulu, karena harga nya lebih murah. Peternakan domba di Jambidan, Banguntapan, Bantul  yaitu Madani Farm Jogja menjual cempe bibit anakan kambing domba persilangan garut dengan harga terjangkau. Pelajari daur hidup kambing domba di artikel lainnya.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel