Siklus atau Daur Hidup Kambing




Siklus Daur Hidup Kambing





Jenis Siklus Daur Hidup Kambing dan Gambarnya






Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Penjelasan tentang gambar siklus daur Hidup Kambing







Apa jenis daur hidup kambing ? Berdasar informasi dari  Google, berikut ini skema penjelasan tentang proses dan gambar dan jenis siklus daur  hidup kambing :

1. Anak Kambing


Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Gambar Daur Hidup Kambing


Fase pertama dalam skema siklus urutan  daur hidup kambing dimulai dengan bayi yang baru lahir atau anak. Ukuran kambing muda bervariasi sesuai dengan jenisnya.

Kambing domba memiliki sifat-sifat yang bergantung pada induk kambing. Kambing tidak bisa hidup tanpa induknya.

Sistem pencernaan cempe berbeda dari kambing dewasa. Karena hanya memiliki monogastrik, cempekambing menyusui dengan ASI dari induknya.

Kambing cempe yang baru lahir seperti kambing Etawa memiliki berat rata-rata 3,3 kg, sedangkan jenis kacang kambing berbobot 1,2 kg. Sistem pencernaan anakan kambing belum sempurna, sehingga pakan utama yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan gizi kambing diperoleh dari ASI.


2. Fase Menyusui Domba Kambing


Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Gambar Siklus Hidup Kambing


Susu pertama yang berasal dari ibu kambing memiliki keunggulan sebagai antibodi. Yang pertama seperti ini disebut colostrum, yang memperkuat sistem kekebalan tubuh anak kambing.

Fase menyusui dalam kehidupan daur hidup kambing terjadi sampai anak berusia 5-6 bulan. Ini karena kambing kurang dari 1 tahun tidak memiliki gigi tetap.

Selama fase menyusui, anakan kambing belajar mengunyah makanan. Tujuannya adalah untuk merangsang perkembangan ruminansia.

Pada saat siklus hidup kambing, itu tidak jarang bagi petani untuk memesan susu kambing mereka. Karena susu kambing sangat efektif untuk tubuh manusia.


3. Kambing domba dewasa


Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Penjelasan Gambar Daur Hidup Kambing


Skema siklus hidup kambing  berikutnya, setelah anak berhenti menyusui, adalah kambing  dewasa. Kambing orang dewasa mulai bercampur dengan lingkungan mereka. Biasanya, kambing dewasa dicampur dengan kambing lain, bahkan mengikat status sosial mereka.


Tapi ini berbeda dari kambing liar. Kambing dewasa liar cenderung hidup memyemdiri. Ada kambing senior di habitat yang akan diarahkan oleh kelompok.


Perhatikan karakteristik fase kambing di usia dewasa:


A. Fase Pubertas

Ini adalah fase siklus hidup antara anakan kambing dan kambing  dewasa. Pada tahap ini organ reproduksi kambing menunjukkan tanda-tanda kematangan. Kambing dengan organ reproduksi mereka siap, dan mereka umumnya sudah mengalami birahi.


B. Fase Dewasa

Dikatakan bahwa itu adalah kambing dewasa jika bentuk tubuh kambing proporsional. Tujuan proporsionalitas adalah untuk memenuhi keinginan reproduksi dan siap bereproduksi. Tanda-tandanya  adalah bentuk alat kelamin, utuh atau sempurna.


4. Fase Birahi  kambing domba


Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Definisi fase berahi dalam skema siklus hidup kambing adalah bahwa hewan ini siap mental untuk melakukan proses perkawinan. Kambing jantan dan betina telah menunjukkan keinginan mereka untuk bereproduksi. Mereka menunjukkan apa yang mereka inginkan ketika melakukan hal-hal yang menarik perhatian lawan jenis.

Biasanya, kambing betina menggerakkan ekor mereka di sekitar kambing jantan. Ini adalah cara untuk menunjukkan keinginan kambing jantan.

Sementara kambing jantan memancarkan bau dari kelenjar di tanduk, untuk menunjukkan keinginannya untuk kambing betina.

penjelasan tentang gambar dan jenis siklus daur  hidup kambing



5. Fase Perkawinan  Domba


Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Setelah kambing menunjukkan gairah, dia melakukan  proses perkawinan untuk memiliki keturunan. Fase ini umumnya dikenal sebagaiEstrus. Ketika telur dibuahi oleh sel-sel sperma, kambing betina akan mengalami ovulasi.

Dalam satu tahun kambing akan mengalami beberapa fase birahi. Kambing mengalami banyak pernikahan dalam setahun.


6. Fase kehamilan domba kambing.


Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Skema siklus hidup kambing berikutnya setelah fase perkawinan adalah fase kehamilan. Usia kehamilan di kambing antara 150 hingga 155 hari. Sementara kambing liar mengalami fase gestasional sekitar 170 hari.


7. Fase kelahiran Kambing Domba


Penjelasan tentang gambar jenis siklus daur hidup kambing

Tahap terakhir dalam siklus hidup daur hidup kambing adalah tahap kelahiran. Pada akhir periode kehamilan, kambing melahirkan anak-anak mereka dalam waktu sekitar 15 menit.

Biasanya, saat lahir,induk kambing akan makan ari-ari  menemani bayinya. Ini dilakukan induk betina menerima nutrisi.


Daur Hidup Kambing

Semua makhluk hidup, salah satunya kambing, mengalami daur hidup kambing  atau siklus hidup, yaitu suatu proses yang merupakan  perkembangan suatu makhluk hidup sejak memulai hidupnya sampai dengan  bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan spesiesnya. Proses perkembangan organisme tersebut merupakan suatu perputaran (daur hidup atau siklus hidup) karena akan kembali pada titik awal mulanya. Dalam daur hidup terlihat perubahan bentuk luar (morfologi) yang menandai fase perkembangan suatu individu. Setiap binatang mengalami daur hidup atau siklus hidup yang merupakan suatu tahapan perkembangan makhluk hidup pada periode hidupnya. Setiap binatang mempunyai tahapan daur hidup yang berbeda. Siklus hidup berkaitan dengan metamorfosis. Metamorfosis yaitu proses pertumbuhan fisik  hewan yang mempengaruhi bentuk atau struktur tubuhnya. Pada proses metamorfosis, terjadi proses fisik, yaitu pergantian kulit, pada serangga biasanya mengalami empat kali perubahan warna kulit, saat proses metamorfosis berlangsung. Demikian pula dengan kambing. Kambing juga mengalami daur hidup kambing atau skema siklus hidup kambing  yang dimulai dari fase anakan kambing sampai fase melahirkan. Demikian penjelasan mengenai skema siklus hidup kambing siklus atau daur hidup kambing dan penjelasannya yang perlu diketahui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel