Jual Domba Garut: Kelebihan dan Harga Terbaru 2022

 

 

Domba Garut atau yang memiliki nama lain domba Priangan merupakan salah satu jenis domba lokal yang berasal dari Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Domba garut dengan harga tinggi ini dengan nama latin Ovis Aries ini merupakan hasil persilangan dari tiga jenis domba, yaitu domba lokal, domba jenis Capstaad, dan domba Merino.


 


Persilangan domba lokal dengan dua domba asal Afrika (Capstaad) dan Australia (Merino) itulah yang menghasilkan varietas baru, yakni domba garut, yang dikenal masyarakat saat ini. Harga jual bibit domba garut sendiri terbilang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis domba lainnya. Tapi Anda masih bisa membeli cempe bibit anakan domba persilangan garut dengan di Madani Farm dengan harga terjangkau. Mengapa harga anakan domba garut relatif tinggi? Mari simak beberapa kelebihan serta harga terbaru domba garut tahun 2022.

 

Kelebihan-Kelebihan Domba Garut

 

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh domba Garut merupakan salah satu faktor mengapa harga jual domba garut yang satu ini terbilang cukup tinggi dibanding dengan jenis domba lainnya. Berikut beberapa kelebihan dari domba garut.

 

1.      Postur Tubuh Besar

 

Domba Garut memiliki postur tubuh yang besar dan tegap. Selain itu, domba yang satu ini memiliki bulu yang lebih panjang dengan warna putih, hitam, coklat, ataupun warna campuran. Tak heran jika domba ini memiliki corak yang cukup beragam dan menarik.

 

2.      Tanduk Kokoh

 

Tanduk yang dimiliki oleh domba Garut cukup beragam, namun tanduk tersebut berbentuk besar, kuat, dan kokoh. Walau begitu, tanduk hanya dimiliki oleh domba Garut jantan, sedangkan domba betina tidak memiliki tanduk atau memiliki tanduk, namun berukuran kecil.

 

3.      Kualitas Daging

 

Domba Garut memiliki kualitas paling baik karena mengandung nilai gizi yang tinggi. Maka wajar saja jika hewan satu ini sering dijadikan sebagai hewan sembelihan untuk aqiqah atau hari raya Idul Adha bagi umat Muslim.

 

4.      Kualitas Kulit

 

Kualitas baik lainnya terdapat pada kulit domba Garut yang termasuk salah satu kulit dengan kualitas terbaik. Kulit domba bisa dijadikan sebagai pakaian, misalnya jaket.

 

Selain kelebihan-kelebihan di atas, perawatan dari domba ini sendiri yang menjadikan salah satu faktor lain dari alasan mengapa harga domba garut cukup tinggi.

 
 

Harga Jual Domba Garut 2022

 

Harga domba Garut tentu bergantung pada jenis kelamin, kualitas, serta usia dari domba itu sendiri. Harga domba Garut jantan dewasa berkisar antara Rp 2.500.000 hingga Rp 6.000.000, sedangkan untuk domba Garut betina dewasa berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 4.000.000.

 

Domba Garut dewasa dengan kualitas tinggi tentu memiliki harga yang berbeda. Harga dari domba Garut jantan dewasa dengan kualitas tinggi berkisar antara Rp 9.000.000 hingga Rp 11.000.000. Sedangkan domba Garut betina dewasa berkualitas tinggi, harganya mulai dari 5 hingga 6 jutaan.

 

Harga domba Garut ini terbilang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan jenis-jenis domba lain. Sebagai contoh, untuk harga domba merino sendiri berkisar antara 2,5 hingga 5 jutaan. Apabila domba tersebut memiliki kualitas yang bagus, maka harga jualnya dapat mencapai harga tertinggi yakni sekitar Rp 9.000.000.

 

Harga Jual Cempe Bibit Anakan  Domba Garut 2022

 

Cempe, bibit atau anakan kambing dari domba Garut tentu memiliki harga yang berbeda dari domba garut dewasa. Bibit dari domba garut ini memiliki harga anakan domba garut berkisar antara 1,5 hingga 3 juta rupiah bagi domba jantan, dan Rp 800.000 hingga Rp 2.000.000 bagi domba betina.

 

Bagi anak domba Garut super, harga yang ditawarkan cenderung lebih tinggi yakni berkisar antara 2 hingga 3,5 jutaan. Hingga saat ini, harga jual dari domba Garut umumnya berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 11.000.000.

 

Namun, terdapat pula domba Garut yang dapat dijual dengan harga yang sangat tinggi. Hingga saat ini, harga domba garut termahal dapat mencapai ratusan juta.

 

jual beli bibit bakalan anak domba garut bantul jogja

Harga Domba Garut Untuk Kurban

Domba  Garut maupun Silangan Garut dengan domba ekor tipis merupakan jenis kambing domba favorit dan populer yang sering digunakan sebagai hewan kurban di Bantul dan Jogja.  Harga domba  garut untuk kurban bervariasi. Perbedaan harga kambing silangan garut ditentukan oleh banyak faktor, antara lain berat, faktor bentuk tubuh, bentuk ukuran tanduk, usia  dan sebagainya. Calon pembeli harus mengetahui  berapa umur minimal kambing bisa untuk kurban

Berat kambing domba garut merupakan faktor yang objektif dalam menentukan harga domba garut. Pada saat mendekati Idul Adha, harga kambing / domba per kilogram sekitar Rp 90.000,- sd Rp 100.000,- di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Faktor lokasi juga merupakan penentu harga jual kambing domba qurban. Membeli kambing kurban  langsung di peternakan, tentu saja bisa lebih murah daripada membeli kambing di pasar. Biasanya calon sohibul kurban akan lebih puas jika membeli kambing kurban langsung dari peternakan / Farm. Selain pilihan lebih banyak, asal usul calon kambing domba jelas, kambing domba dirawat oleh peternak berpengalaman, dan harga jual kambing domba kurban lebih murah. 

Madani Farm Jogja, yang berpusat di Jambidan, Banguntapan, Bantul,  memiliki relasi peternak di Sleman, Bantul Kulon Progo, siap menyediakan menjual kambing kurban sesuai dengan keinginan dan kebutuhan calon sohibul qurban. Kami siap melayani pengantaran ke seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Silakan menghubungi kami melalui whatsapp dengan klik tombol hijau di bawah ini untuk memesan & mengetahui harga domba garut terbaru :


Hubungi Telepon Madani Farm melalui whatsapp


Bagi Anda yang sedang mencari tempat jual anakan kambing domba garut dengan kualitas tinggi dan terpercaya dengan harga anak kambing yang terjangkau, Anda dapat mencoba mengunjungi web berikut ini https://www.madani-farm.com/. Madani Farm merupakan salah satu peternakan domba persilangan garut dan  Madani Farm menjual cempe bibit anakan kambing domba Garut dengan pelayanan terbaik dan harga jual anakan domba  yang bersaing. Selain itu Madani Farm juga menjual kambing domba sesuai sarat dan ketentuan untuk tasyakuran aqiqah dan qurban.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel