Manfaat Pupuk Kandang Kohe Kambing Organik

 

Pupuk Kandang Kohe Kambing Organik, Ini Dia 4 Manfaat Utamanya

 

Pupuk kandang kambing organik menurut banyak referensi di Google adalah salah satu unsur paling penting dalam setiap pertumbuhan tanaman. Secara definisi pupuk kandang adalah pupuk dari kotoran hewan, biasanya ternak, kambing, domba, sapi, ayam, dan sebagainya yang diberikan pada lahan pertanian untuk memperbaiki kesuburan dan struktur tanah. Pupuk yang berasal dari kotoran hewan disebut pupuk kandang. Pupuk kandang dinilai sangat efektif untuk proses pertumbuhan tanaman karena mengandung unsur “hidup” yang sangat cocok dengan tanah. Selain pupuk kandang yang terbuat dari kohe kambing, ada juga pupuk kandang sapi yang terbuat dari kotoran  sapi.


 


 

Pupuk kandang adalah material yang mengandung zat fosfor, nitrogen dan kalium. Ketiga zat tersebut sudah bukan rahasia lagi bahwa perannya sangat berpengaruh pada kualitas tanaman. Zat-zat tersebut lebih banyak terkandung pada kotoran hewan berbentuk padat (unsur makro).

 

Sedangkan untuk kotoran hewan yang berbentuk cair atau air seni, disebut sebagai unsur mikro. Pada kotoran cair ini, mengandung berbagai zat yang tidak kalah penting dari unsur makro. Diantaranya yakni kalsium, magnesium, tembaga dan besi.

 

Manfaat Pupuk Kotoran Kambing

 

Kambing adalah hewan yang selalu memakan rumput atau tumbuhan, maka jelas di dalam tubuhnya penuh dengan nutrisi baik dari alam. Kambing mampu menghasilkan daging yang baik dan susu yang bernutrisi. Bahkan, srintil kotoran kambing dapat digunakan sebagai pupuk kandang sehingga turut memiliki segudang manfaat untuk kesuburan tanah, pupuk tersebut biasa disebut sebagai pupuk kambing.

 

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan pupuk kandang kambing organik.

 

1.      Penyedia Unsur Hara

 

Kandungan pupuk kandang kambing yang paling banyak yakni unsur hara mikro dan makro. Unsur hara tersebut tentu akan memberi manfaat baik untuk proses pertumbuhan pada tanaman. Tidak hanya itu, unsur hara juga bisa memperbaiki kualitas tanah sehingga menjadi lebih subur.

 

2.      Menghasilkan Aerasi Alami

 

Manfaat yang kedua yakni terkait sistem aerasi. Pemberian pupuk kandang kambing organik ternyata mampu meningkatkan rasio organik di dalam tanah. Alhasil, tanah semakin “kuat” menampung atau menyimpan kadar air yang tentu akan sangat berguna bagi tanaman.

 

3.      Menghasilkan Mikroorganisme

 

Selain mampu menyediakan air, pupuk kandang juga mampu menghasilkan mikroorganisme di dalam tanah. Mikroorganisme juga menjadi salah satu unsur penting, yang akan selalu dibutuhkan oleh tanaman untuk setiap proses pertumbuhan.

 

4.      Merangsang Pertumbuhan

 

Manfaat berikutnya yakni mampu memberikan rangsangan untuk tanaman. Rangsangan yang dimaksud yakni terkait pertumbuhan bagian akar, batang serta daun maupun bunga. Selain itu, tanaman juga menjadi lebih produktif, khususnya untuk tanaman sayur atau buah.

 

Cara Mengolah Pupuk Kandang Kambing Organik

 

Setelah mengetahui manfaat penting dari pupuk kandang kambing organik, maka selanjutnya adalah Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat pupuk kandang kambing domba dari srintil kotoran hewan :

 

1.      Persiapan

 

Pada tahap persiapan ini, Anda harus menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut:

 

a.      Peralatan berupa cangkul, ember, dan terpal.

b.      Kotoran kambing (misalnya 1 ton).

c.      Kapur pertanian atau dolomit 200 kg.

d.      Sekam atau sisa hasil gergaji seberat 200 kg.

e.      Dekomposer (EM4) sebanyak 4 botol yang merupakan cairan penghancur kotoran kambing.

 

2.      Pembuatan

 

Setelah semua alat dan bahan siap, selanjutnya Anda bisa segera memulai pembuatannya.

 

a.      Pertama, hancurkan dulu kotoran kambingnya. Agar kotoran kambing cepat hancur, Anda bisa menghancurkannya secara manual, dengan alat, atau bisa juga dengan menambahkan urea 1%.

b.      Berikutnya, siapkan tempat yang cukup luas. Pastikan tempat ini aman dari panas dan juga hujan.

c.      Selanjutnya, campurkan semua bahan tadi dengan membentuk lapisan.

1)     Lapisan pupuk kandang kambing halus, kurang lebih 20 cm.

2)     Lapisan dolomit.

3)     Lapisan sekam.

4)     Lapisan decomposer.

 

3.      Penyiraman

 

Apabila lapisan-lapisan sudah siap, maka langkah berikutnya yakni penyiraman. Anda perlu mencampurkan larutan EM4 dengan air sesuai dosis yang ditetapkan. Kemudian siramkan secara merata di atas lapisan tadi hingga kadar air sekitar 40%.

 

4.      Pencampuran

 

Langkah berikutnya yakni pencampuran. Anda bisa mencampur seluruh lapisan dengan cangkul. Pastikan semua tercampur rata, dan kemudian bentuklah seperti gunungan. Jika sudah, tutup gunungan tersebut dengan terpal, beri penahan pada seluruh sisi terpal agar tidak mudah terbuka.

 

Diamkan semua “adonan” pupuk selama 1 minggu, setelah itu Anda bisa mencangkulnya kembali agar aerasi bisa merata saat proses pengomposan berlangsung. Salah satu ciri pengomposan berhasil adalah, akan timbul suhu panas saat gundukan mulai diaduk.

 

Pengomposan akan sempurna saat sudah didiamkan sekitar 3 minggu. Jika sudah dipastikan berhasil, segera buka terpal dan biarkan terkena angin. Tujuannya adalah untuk mengurangi bau kurang sedap dari zat amonia.

 

Rekomendasi Penjual dan Harga Pupuk Kandang Kambing Organik

 

Bagi sebagian orang, proses pembuatan pupuk kandang dari kotoran kambing mungkin terkesan merepotkan, bisa jadi termasuk Anda. Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak  yang menjual pupuk kandang kambing organik yang pasaran, baik melalui toko offline maupun online.

 Jual pupuk kandang kambing organik jogja bantul

Hal ini dirasa cukup memudahkan bagi para petani, karena mereka bisa langsung menggunakan pupuk tanpa perlu repot membuatnya dari nol. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi penjual pupuk kandang dari kotoran kambing, salah satunya adalah Madani Farm Jogja.

 

 

 

 

       1.      Pupuk Kandang dari PD “Gembur Kaliwadas”

 

Rekomendasi yang pertama adalah pupuk buatan PD “Gembur Kaliwadas”. Pupuk ini diproduksi di wilayah Subang. Namun bagi Anda yang tinggal di luar kota Subang, tetap bisa memesannya melalui Tokopedia atau e-commerce lainnya.

 

Pupuk kandang ini diklaim terbuat dari kotoran kambing murni atau organik tanpa campuran bahan kimia berbahaya. Harga pupuk kandang kambing per karung yakni Rp. 14.000. Berat per karung mencapai 6500 gram.

 

       2.      Pupuk Kandang dari Grup Tani Tangerang

 

Berikutnya ada pupuk kandang buatan Grup Tani Tangerang. Sesuai merk dagangnya, pupuk ini diproduksi di wilayah Tangerang. Meski begitu, pupuk ini sudah dijual secara bebas ke seluruh wilayah. Anda bisa membelinya di toko pertanian atau melalui toko online.

 

Harga yang ditawarkan terbilang murah, Anda cukup membayar Rp. 15.000 per karungnya. Berat total setiap karung yakni 9 kg. Pupuk ini jelas bisa membuat proses cocok tanam Anda lebih efisien, karena Anda tidak perlu susah payah mengolah pupuk kandang dari awal.

 

       3.      Pupuk Kandang dari Urban Farm Malang

 

Tidak hanya di wilayah Jawa Barat saja, Jawa Timur juga punya produsen pupuk kandang kambing organik yang berkualitas. Tepatnya di wilayah Malang, dengan merk dagang Urban Farm Malang. Bagi Anda yang tinggal di sekitar Malang, bisa langsung memesan produk yang satu ini.

 

Kelebihannya adalah, kemasan pupuk ini lebih kecil dibanding 2 rekomendasi sebelumnya. Terdapat kemasan 1 kg dengan harga sekitar 5 ribu saja. Pupuk kandang ini cocok untuk Anda yang bercocok tanam di lingkup rumah, misalnya untuk tanaman hias di dalam pot.

 

       4.      Pupuk Kandang Merk Karialus

 

Rekomendasi yang terakhir yakni pupuk kandang merk Karialus. Pupuk ini juga dijual dengan kemasan yang kecil, sehingga sangat simpel dan ringan. Per kemasan memiliki bobot 1 kg, harga yang ditawarkan hanya Rp. 7000.

 

Anda bisa mendapatkan pupuk kandang kambing organik ini melalui e-commerce, misalnya Bukalapak, Shopee, atau Tokopedia. Mengingat kemasannya yang kecil, maka pupuk ini sangat pas untuk tanaman kecil, misalnya tanaman bunga di halaman rumah. 


5. Srintil kotoran hewan kambing, pupuk kandang kambing Madani Farm

Bagi anda yang bertempat tinggal di wilayah Bantul & Yogyakarta juga bisa beli pupuk kandang kohe kambing organik di Madani Farm Jogja. Harga pupuk kandang kambing Madani Farm Rp 10.000, - untuk kemasan 4 kg, Rp 12.500, untuk kemasan 5 kg, dan Rp 15.000 untuk kemasan 7 kg.

  Jual pupuk kandang kambing organik jogja bantul

 

Pemilihan pupuk kandang untuk tanaman memang dinilai sudah tepat. Terlebih bagi Anda yang memang melakoni bisnis budidaya tanaman. Maka, memperhatikan jenis pupuk menjadi sangat penting agar tanaman menjadi sehat, produktif, dan subur.



Madani Farm Jogja jual pupuk kandang kohe kambing dengan harga terjangkau yang berlokasi di Bangutapan, Bantul. Hubungi kami untuk mengetahui ketersediaan dan harga pupuk kandang kambing hari ini.



 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel