Jual Pupuk Kandang Kambing Organik Harga Murah

Pupuk kandang kambing organik menurut referensi di Google adalah salah satu elemen terpenting dalam setiap pertumbuhan tanaman. Menurut definisi pupuk kandang adalah pupuk dari limbah hewan, biasanya ternak, domba, kambing,  ayam, sapi,  dan sebagainya diberikan kepada lahan pertanian untuk meningkatkan kesuburan dan struktur tanah. Pupuk dari kotoran hewan dinamakan pupuk kandang. Pupuk kandang dianggap sangat efektif untuk proses pertumbuhan tanaman karena mengandung unsur-unsur "hidup" yang sangat cocok untuk tanah. Untuk memperoleh pupuk orhanik, anda dapat mencari jual pupuk kandang terdekat. Selain pupuk kandang yang terbuat dari kohe kambing domba, ada juga pupuk kandang yang terbuat dari kotoran sapi. Meskipun harga pupuk kandang di Madani Farm Jogja terjangkau, tidak ada salahnya mencoba membuat pupuk kandang sendiri.


 


 

 Kandungan Pupuk Kandang Organik yang dijual Madani Farm Jogja

Pupuk kandang adalah pupuk yang mengandung zat fosfor, nitrogen dan kalium. Ketiga zat tersebut sudah sangat berpengaruh pada kualitas tanaman. Zat-zat tersebut terkandung pada kotoran hewan berbentuk padat (unsur makro)

Sedangkan untuk kotoran hewan cair atau air seni, disebut sebagai unsur mikro. Kotoran hewan cair mengandung berbagai macam zat yang tidak kalah penting dari unsur makro antara lain  kalsium, magnesium, tembaga dan besi. 

Fungsi kotoran hewan kambing tidak jauh berbeda dengan fungsi pupuk kandang. Kotoran kambing unggulan dari segi kandungan unsurnya. Kotoran kambing mengandung 1,26% N, 16,36 Mg/kg P, 2,29 Mg/L, Ca, Mg dan 4,8% C-organik.  Jika dibandingkan dengan pupuk anorganik majemuk yang lain,  unsur hara yang terkandung  di dalam kotoran kambing lebih sedikit jumlahnya, tetapi kohe kambing memiliki kandungan unsur yang cukup lengkap. Srintil kotoran  hewan  kambing memiliki kandungan K yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kotoran lainnya. 

Ciri srintil kambing dewasa adalah dingin, kering, dan relatif tidak berbau. Pupuk kandang kambing ini sangat cocok untuk paruh ke-2 pemupukan, untuk merangsang pertumbuhan buah & bunga . Kotoran kambing berupa butiran bulat yang  sulit diurai secara fisik. Seyogyanya kohe kambing dikomposkan terlebih dahulu hingga matang sebelum digunakan.
 

Jika dimanfaatkan dengan benar, kotoran kambing bukanlah pencemaran, tetapi pendapatan yang dihasilkan kompos berkualitas (pupuk organik) bila diolah dengan teknologi pengolahan menggunakan pengurai (bio starter) bahkan menghasilkan banyak uang. Kotoran kambing dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang organik. dalam produksi pupuk kandang karena kandungan nutrisi yang relatif tinggi dimana kotoran kambing bercampur dengan urine yang juga mengandung nutrisi (Surya, 2013).
Pupuk kandang kambing mengandung nutrisi Nitrogen yang bermanfaat untuk  tanaman selama masa pertumbuhan. Saat nutrisi Nitrogen terakumulasi dengan berbagai macam zat fotosintesis yang bisa  merangsang terbentuknya pucuk daun baru. Pupuk padat dapat menyebabkan kepadatan tanah lebih rendah dan kandungan C organik yang lebih tinggi, sehingga  struktur tanah terbentuk lebih baik dan perakaran tumbuhan mudah berkembang, sehingga perkembangan tanaman lebih baik dan proses pertambahan daun terus berlanjut. Kandungan C-organik dalam kompos menunjukkan kemampuannya dalam memperbaiki sifat tanah.

 

Manfaat Pupuk Kotoran Kambing Organik yang dijual Madani Farm Jogja

 

Kambing adalah binatang yang selalu memakan rumput atau tanaman, begitu jelas dalam tubuh mereka penuh nutrisi dari alam. Kambing mampu menghasilkan daging dan susu bergizi yang enak. Faktanya, limbah kambing Srintil dapat digunakan sebagai pupuk kandang sehingga juga memiliki segudang manfaat untuk kesuburan tanah, pupuk ini biasanya disebut sebagai pupuk kambing. Anda dapat memperolehnya di penjual pupuk kandang terdekat di Madani farm Jogja dengan harga pupuk kandang yang terjangkau.

 

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan saat menggunakan kotoran kambing organik.

 

1. Provider Elemen HARA


 

Konten pupuk kambing paling kambing adalah nutrisi mikro dan makro. Nutrisi ini tentu akan memberikan manfaat yang baik untuk proses pertumbuhan tanaman. Tidak hanya itu, nutrisi juga dapat meningkatkan kualitas tanah sehingga menjadi lebih subur.

 

2. Menghasilkan aerasi alami


 

Manfaat kedua terkait dengan sistem aerasi. Administrasi kotoran kambing organik ternyata dapat meningkatkan rasio organik di tanah. Akibatnya, tanah semakin "kuat" mengakomodasi atau menyimpan kadar air yang pasti akan sangat berguna bagi tanaman.

 

3. Memproduksi mikroorganisme


 

Selain mampu menyediakan air, pupuk kandang juga mampu menghasilkan mikroorganisme di tanah. Mikroorganisme juga merupakan salah satu elemen penting, tanaman mana yang akan selalu dibutuhkan untuk setiap proses pertumbuhan.

 

4. Merangsang pertumbuhan


 

Manfaat selanjutnya mampu memberikan stimulasi untuk tanaman. Stimulus yang dimaksud terkait dengan pertumbuhan akar, batang dan daun dan bunga. Selain itu, tanaman juga menjadi lebih produktif, terutama untuk tanaman sayur atau buah.

 

Cara Mengolah Pupuk Kandang Kambing Organik

 

Setelah mengetahui manfaat dari pupuk kandang kambing organik, maka selanjutnya adalah kita  perlu mengetahui bagaimana cara membuat pupuk kandang kambing  dari srintil kotoran hewan :

 

1.      Tahap Persiapan Pembuatan Pupuk Kandang

 

Menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut:

 

a.      Peralatan berupa cangkul, ember, dan terpal.

b.      Kotoran kambing (misalnya 1 ton).

c.      Kapur pertanian atau dolomit 200 kg.

d.      Sekam atau sisa hasil gergaji seberat 200 kg.

e.      Dekomposer (EM4) sebanyak 4 botol yang merupakan cairan penghancur kotoran kambing.

 

2.      Tahap Pembuatan Pupuk Kandang

 

Selanjutnya Anda bisa segera memulai pembuatannya dengan cara :

 

a.      Pertama, hancurkan dulu kotoran kambingnya. Agar kotoran kambing cepat hancur, Anda bisa menghancurkannya secara manual, dengan alat, atau bisa juga dengan menambahkan urea 1%.

b.      Berikutnya, siapkan tempat yang cukup luas. Pastikan tempat ini aman dari panas dan juga hujan.

c.      Selanjutnya, campurkan semua bahan tadi dengan membentuk lapisan.

1)     Lapisan pupuk kandang kambing halus, kurang lebih 20 cm.

2)     Lapisan dolomit.

3)     Lapisan sekam.

4)     Lapisan decomposer.

 

3.      Penyiraman Pupuk Kandang

 

Apabila lapisan-lapisan di atas telah siap, maka langkah selanjutnya adalah penyiraman. Campurkan larutan EM4 dengan air sesuai dosis yang ditetapkan. Lalu siramkan secara merata di atas lapisan tadi hingga kadar air sekitar 40%.

 

4.      Pencampuran Pupuk Kandang

 

Langkah selanjutnya  adalah pencampuran. Campurkan seluruh lapisan dengan cangkul. Setelah semua tercampur rata,  bentuklah seperti gunungan. Tutup gunungan tersebut menggunakan  terpal, dan beri penahan pada seluruh sisi terpal agar tidak mudah terbuka.

 

Diamkan “adonan” pupuk selama 1 minggu, setelah itu cangkulnya kembali agar aerasi merata saat proses pengomposan berlangsung. Ciri pengomposan berhasil adalah timbul suhu yang  panas saat gundukan mulai diaduk.

 

Pengomposan akan sempurna apabila telah  didiamkan sekitar 3 minggu. Apabila  sudah dipastikan berhasil,  buka terpal dan biarkan terkena angin untuk mengurangi bau kurang sedap dari zat amonia.

 

Madani Farm Jogja Menjual Pupuk Kandang Kambing Organik Harga Pupuk Kandang Terdekat di Jogja dengan Harga Terjangkau

 

Bagi sebagian orang, proses pembuatan pupuk kandang dari kotoran kambing mungkin terkesan merepotkan, bisa jadi termasuk Anda. Namun jangan khawatir, saat ini sudah banyak  yang menjual pupuk kandang kambing organik terdekat yang pasaran, baik melalui toko offline maupun online.

Madani Farm Jogja Menjual Pupuk Kandang Kambing Organik Harga Terjangkau

 

Hal ini dirasa cukup memudahkan bagi para petani, karena mereka bisa langsung menggunakan pupuk tanpa perlu repot membuatnya dari nol. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi penjual pupuk kandang terdekat dengan harga pupuk kandang terjangkau  dari kotoran kambing, salah satunya adalah Madani Farm Jogja.

 

 


  Jual pupuk kandang kambing organik jogja bantul

 

Pemilihan pupuk kandang untuk tanaman memang dinilai sudah tepat. Terlebih bagi Anda yang memang melakoni bisnis budidaya tanaman. Maka, memperhatikan jenis pupuk menjadi sangat penting agar tanaman menjadi sehat, produktif, dan subur.


Madani Farm Jogja yang berlokasi di Jambidan, Banguntapan, Bantul menjual srintil dan pupuk kandang kambing terdekat organik dengan harga terjangkau. Hubungi kami melalui chat whatsapp di bawah untuk mengetahui ketersediaan dan harga pupuk kandang kambing organik.



 


Jual Pupuk Kandang Srintil Kambing Jogja Bantul
Pupuk Kandang Srintil Kambing Jogja Bantul

 Artikel kali ini membahas cara sederhana membuat pupuk  kambing secara cepat dari srintil kotoran hewan kambing domba dengan fermentasi menggunakan EM4 pertanian

 

Pupuk kandang adalah Pupuk dari limbah hewani yang merupakan hasil dari memproses limbah hewan, biasanya ternak, yang diberikan kepada tanah atau tanah untuk meningkatkan kesuburan dan meningkatkan struktur tanah. Pupuk, kompos dan pupuk hijau adalah pupuk organik, sebagai kompos dan pupuk hijau.

Alih-alih membeli pupuk kandang organik dengan harga mahal, kita dapat belajar membuat pupuk rumah alternatif dengan metode fermentasi. Proses fermentasi berfungsi untuk mengungkap bahan organik yang terkandung dalam limbah hewan kohe kambing untuk digunakan sebagai sumber nutrisi stabil dan lebih mudah diserap oleh tanaman kesayangan kita sehingga dapat tumbuh lebih baik dan tentu saja akan lebih subur.

 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pupuk kandang kambing sederhana :

1. Kotoran Hewan Kambing / Domba atau biasa disebut srintil atau kohe kambing

2 .EM4 pertanian sebagai cairan penghancur kotoran kambing

3. Molase

4. Air

Kotoran kambing yang masih segar bersifat panas karena mengandung unsur amonia cukup tinggi sehingga dapat  membakar tanaman dengan ciri kekuningan, kecoklatan, bahkan menghitam pada daunnya, dan perlu penguraian. Kotoran  kambing segar apabila langsung diberikan sebagai pupuk bisa menyebabkan tanaman layu dan bisa menyebabkan kematian.

Kotoran kohe kambing yang tidak diproses juga  mengandung bakteri jahat dan patogen yang dapat menghambat  pertumbuhan dan merusak tumbuhan. Sehingga diperlukan proses fermentasi untuk mematikan bakteri jahat dan patogen tersebut. Proses fermentasi pada srintil kotoran hewan kambing atau ternak juga berfungsi untuk membunuh biji-biji gulma ataupun rumput.


Madani Farm Jogja yang berlokasi di Jambidan, Banguntapan, Bantul menjual srintil dan pupuk kandang kambing organik. Hubungi kami melalui chat whatsapp di bawah untuk mengetahui ketersediaan dan harga pupuk kandang kambing organik.

 

Cara mengolah /pengolahan pupuk kandang kambing srintil dengan fermentasi EM4 pertanian

1. Siapkan bahan utamanya yaitu kotoran kambing murni , keluarkan kotoran kambing tersebut dari wadah sebelumnya. Lakukan penyortiran yaitu untuk memisahkan benda-benda asing yang kemungkinan terdapat atau pun terbawa bersamanya  misalnya sampah plastik, kayu ataupun batu atau bahkan benda-benda asing lainnya. 

Penyortiran ini juga bertujuan untuk membuat kotoran kambing tersebut agar menjadi butiran-butiran yang lebih kecil. Apabila kotoran kambing tersebut menggumpal akan lebih cepat dan lebih mudah terurai.

2. Kotoran kambing tersebut kita hamparkan akan menjadi lapisan yang agak tipis agar mempermudah proses selanjutnya.

3. Siapkan wadah ataupun ember berisi air bersih yang berasal dari air sumur atau gunakan air tanah. Untuk mempercepat proses fermentasi kita gunakan EM4 Pertanian atau Effective Microorganism 4 yang berfungsi sebagai starter atau pengurai. 

 

EM4 untuk fermentasi

Dalam EM4 pertanian kemasan kuning ini, terdapat bakteri menguntungkan dalam kondisi dorman atau pun tertidur, dan untuk mengaktifkannya  perlu dikocok terlebih dahulu untuk kemudian kita campur cairan EM4 tersebut ke dalam air bersih.

4. Untuk takaran kurang lebih 100 kg kotoran kambing murni diperlukan 2 tutup botol cairan EM4 pertanian tersebut di mana satu tutup botol kemasan jika penuh kurang lebih sebanyak 12 ML, kita campurkan ke dalam 4 hingga 5 liter air. 

Seperti disebutkan sebelumnya perlu juga ditambahkan molase yang berfungsi sebagai nutrisi bakteri bakteri menguntungkan tersebut. Sebagai bahan molase bisa menggunakan tetes tebu, gula pasir atau gula merah sebanyak kurang lebih 100 gram. 

5. Aduk hingga semua bahan tercampur merata. Setelah itu kita diamkan selama beberapa saat agar bakteri bakteri menguntungkan tersebut mulai aktif.

Untuk mempercepat proses tersebut pada bahan molase terlebih dahulu kita encerkan dengan air bersih 

6. Untuk tahap selanjutnya yaitu kita siapkan botol spray atau tangki sprayer. Kemudian kita masukkan cairan tersebut ke dalamnya sesuai kapasitas foto sprei tersebut dan siap untuk kita gunakan atau Anda cukup menyeramkan nya atau mencipratkan cairan tersebut diatas kotoran kambing kita

7. Semprotkan cairan EM4 pertanian tersebut ke seluruh permukaan dari kotoran kambing tersebut hingga benar-benar merata dan inilah tujuan penggunaan dari botol sprayer akar dan merata sehingga proses fermentasi atau penguraian berjalan lebih cepat dibandingkan apabila hanya kita menyiramkan atau mencipratkan cairan EM4 tersebut.

8. Untuk lebih mempercepat prosesnya jangan lupa untuk kita bolak-balik lalu kita semprot kembali hingga benar-benar tercampur dengan merata. Setelah itu kita campur dan aduk hingga merata dengan tingkat kebasahan kurang lebih 30 hingga 40% dengan ciri-ciri apabila kita genggam langsung menggumpal atau tidak mudah hancur dan ketika kita peras air tidak menetes.

9. Setelah kita masukkan ke dalam karung dengan catatan tidak terlalu penuh maka langkah selanjutnya tinggal kita ikat dengan menggunakan tali lalu tempatkan pada tempat yang teduh atau ternaung atau bisa ditutup dengan terpal sehingga tidak terkena sinar matahari secara langsung ataupun guyuran air hujan dengan sirkulasi udara yang lancar.

10. Selama prosesnya setiap 2 minggu sekali kita cek kondisinya dengan cara kita buka tali pengikat lalu kita cek tingkat kelembabannya. Hindari kotoran kambing tersebut terlalu kering dengan cara kita siram atau semprot dengan cairan EM4 dengan takaran yang sama.

11. Jika diperlukan bolak-balik karung tersebut untuk meningkatkan sirkulasi udara dan untuk menurunkan suhu yang berlebih. Inilah tujuannya karung tersebut diisi tidak terlalu penuh untuk memudahkannya.

12. Setelah kurang lebih 2 bulan maka pupuk kandang kambing sudah siap untuk kita gunakan. 

Ciri-ciri pupuk kambing siap digunakan adalah tidak berbau, dingin, kering, tidak menggumpal sehingga mudah pecah ataupun hancur saat kita genggam, ringan dan telah berubah dari bentuk awalnya. Sebelum digunakan sebaiknya pupuk kandang srintil kambing kita angin-anginkan terlebih dahulu atau lebih baik kita jemur hingga kering dan siap untuk kita gunakan. Demikian cara membuat pupuk kandang yang mudah dan sederhana dari srintil kambing dengan fermentasi menggunakan EM4.


Madani Farm Jogja yang berlokasi di Jambidan, Banguntapan, Bantul menjual srintil dan pupuk kandang kambing organik. Hubungi kami melalui chat whatsapp di bawah untuk mengetahui ketersediaan dan harga pupuk kandang kambing organik. Kami jual pupuk organik terdekat.


Manfaat Pupuk Kandang  Organik dari Srintil Kotoran Kambing

Pupuk kandang kambing organik  sangat berguna untuk hijauan  pakan ternak Anda karena:

1. Kaya dalam isi nutrisi baik makro atau mikro termasuk kalsium nitrogen fosfor dan kalium yang sangat penting selama proses konsepsi dan pembentukan buah dan banyak lagi.

2. Dapat meningkatkan struktur tanah, membuatnya lebih mudah untuk penetrasi root sehingga dapat merangsang pertumbuhan batang dan daun.

3. Buat tanah tanah dan memiliki tingkat porositas dan drainase dan tingkat aerasi yang lebih baik sehingga tanaman dapat tumbuh secara optimal dan jumlah produksi juga dapat meningkat.

4. Meningkatkan kapasitas pertukaran kation yang lebih tinggi sehingga ketika menambahkan pupuk tambahan tidak mudah menghilang membawa air.

5. Tingkatkan kegiatan mikroorganisme lahan sehingga lebih banyak nutrisi tersedia untuk tanaman.

6. Lebih ramah lingkungan karena mudah terurai sehingga tidak merusak lingkungan dan masih ada banyak manfaat lainnya.


.


cara membuat pupuk kandang
Pupuk Kandang Srintil Kambing Madani Farm





Ingin berlatih membuat pupuk kandang kotoran kohe kambing tetapi tidak memiliki bahan dasar   kotoran hewan Srintil kambing domba?
 

 

Jual Pupuk Kandang Terdekat di Yogyakarta

Madani Farm Jogja, menjual kohe  hewan Srintil Kambing harga murah sebagai bahan dasar untuk membuat pupuk kandang kambing organik terdekat. Kotoran hewan domba srintil yang telah dikeringkan dapat digunakan sebagai pupuk untuk tanaman favorit Anda, atau dapat diproses menjadi pupuk kandang organik terlebih dahulu dengan proses  fermentasi menggunakan pertanian EM4, seperti metode yang dibahas di atas.


 

jual beli pupuk kandang srintil kambing

 


Cara Pengolahan Pupuk Kandang Kambing

Pada prinsipnya kotoran kambing bisa langsung digunakan sebagai pupuk. Tapi alangkah baiknya diolah dulu. Cara mengolah pupuk kandang kambing  ada 2:
  1.  Cara pengolahan pupuk kandang kambing sistem terbuka
    Kotoran hewan hohe kambing atau srintil dikumpulkan selama sekitar 3 bulan dan kemudian dapat digunakan langsung sebagai pupuk selama waktu tersebut.

  2.  Cara pengolahan  pupuk kandang kambing sistem tertutup
    Pada cara mengolah pupuk kandang sistem tertutup, kotoran hewan atau srintil 
    ditempatkan di lantai setinggi 30 cm di atas lantai. Lebih tahan hujan daripada rembesan. Tujuannya agar nutrisi seperti nitrogen hilang.


Srintil Kotoran Kambing Domba sebagai Alternatif  Pengganti Pupuk Kandang



jual beli pupuk kandang srintil kambing


Madani Farm Jogja yang berlokasi di Jambidan, Banguntapan, Bantul menjual srintil dan pupuk kandang kambing organik terdekat . Hubungi kami melalui chat whatsapp di bawah untuk mengetahui ketersediaan dan harga pupuk kandang kambing organik.

 

 Label :

Pupuk kandang, harga pupuk kandang, pupuk kandang adalah, pupuk kandang kambing, pupuk kandang ayam, pupuk kandang sapi. Jual pupuk organik, jual pupuk kandang, pupuk kambing, harga pupuk kandang kambing, pupuk dari kotoran hewan, harga pupuk kandang per karung, harga pupuk kandang per karung 2021. Harga pupuk kandang ayam, harga pupuk kandang sapi, pengganti pupuk kandang, alternatif pengganti pupuk kandang, cara mengolah pupuk kandang.

Harga pupuk kandang kambing per karung, harga pupuk kandang per kg, pupuk kandang organik, harga pupuk kandang ayam per karung, pengganti pupuk kandang untuk tanaman cabe, pupuk kandang pdf, pupuk kandang terbaik. Cara memberi pupuk kandang pada tanaman cabe, harga pupuk kandang 1 karung, pengolahan pupuk kandang, pupuk kandang cair, pupuk kandang harga. Pupuk kandang sapi pdf, tanah pupuk kandang, harga pupuk kandang 1 kg, harga pupuk kandang per kg 2021, harga pupuk kandang per ton, harga pupuk kandang sapi per kg.

Pupuk pengganti pupuk kandang, pupuk rumput odot, kompos pupuk kandang, nutrisi pengganti pupuk kandang, penjual pupuk kandang. Pupuk organik murah, cara mematangkan pupuk kandang, cara mengolah pupuk kandang kambing, cara mengolah pupuk kandang sapi. Cara pengolahan pupuk kandang, harga pupuk kandang 1 ton, harga pupuk kandang per kilo, mengolah pupuk kandang, pupuk kandang paling bagus, pupuk kandang untuk padi, harga pupuk kandang kambing per kg.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel