Cara Memilih Cempe Anakan Kambing Domba Indukan

 Cara memilih Cempe Anakan Kambing Domba untuk Bakalan  Indukan




Anakan Kambing Domba Yang Bagus

Pemilihan anakan kambing yang bagus untuk pejantan maupun indukan adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan bisnis kambing domba. Berikut ini adalah kriteria yang harus diperhatikan dan cara memilih bibit kambing domba untuk indukan :

  • Anakan kambing domba sudah berusia 1 tahun. Pertumbuhan domba betina sedikit lebih cepat dibanding domba jantan. Hal ini bisa dilihat dari ambingnya domba ini sudah mulai terlihat putingnya agak besar. 

  • Anakan kambing domba wajahnya harus yang cantik, dengan postur tubuh tidak terlalu kecil dan sudah lebih baik sudah mempunyai tanduk kecil di kepalanya. 

  • Pilih bakalan kambing domba yang memiliki bulu berkilau atau bulu nyutra. 

  • Pilih indukan kambing domba yang warna putih, atau juga yang berkacamata. 

  • Anakan kambing memiliki  buntut domba agak panjang namun tetep berisi. 

  • Anakan kambing domba mampu berdiri dan bisa ajak  lari dahulu. Jika kambing agak lelah berarti itu calon indukan yang bagus, tapi kalau domba langsung kelelahan itu harus dihindari jadi bibit indukan. 

  • Usahakan bibit kambing domba tidak memiliki cacat di manapun, entah di bagian kaki, leher, punggung dll. 

  • Dari segi gigi usahakan anakan kambing calon indukan ini mempunyai gigi yang lengkap agar dapat memamah biak dengan bagus. 

  • Lihat pula segi yang lain seperti segi peranakan : lahir sebagai anak tunggal atau dari dua bersaudara, hal ini bertujuan agar kualitas indukan menghasilkan anakan yang besar atau kualitas A&B. 

  • Anakan kambing calon indukan memiliki tulang-tulang sangat kokoh untuk bisa mengandung. 

  • Anakan kambing domba tidak pernah sakit parah, misalkan lumpuh dll. 

  • Ingat usahakan juga bibit kambing calon indukan domba anda itu jinak, hal ini bertujuan agar domba indukan dan anakannya bisa oleh anda di urus secara maksimal. 


Kriteria lain dalam Memilih Anakan Kambing Domba Calon Indukan 


1. Perhatikan Bentuk Fisik Domba

  • Anakan kambing domba calon Indukan tidak memiliki tubuh yang terlalu gemuk. Tubuhnya proporsional yang bisa ditandai dengan ciri punggung dan pinggang lurus, bulu lunak dan mengkilat, serta tubuh yang besar namun tidak penuh daging.

  • Bibit kambing domba calon indukan memiliki penampilan yang jinak dengan sorot mata ramah

  • Keempat kakinya mampu berdiri dengan baik, lurus, kuat dan tumit yang tinggi

  • Anakan kambing domba calon indukan memiliki jumlah gigi lengkap baik pada rahang atas maupun rahang bawah

  • Anakan kambing dilahirkan dari indukan yang muda dan unggul.

  • Anakan kambing calon indukan memiliki umlah puting  2 dan tidak terdapat cacat.

  • Tidak ada cacat tubuh pada anakan kambing .Pastikan Anda mengecek keseluruhan bagian tubuh seperti mata, telinga, badan, ekor dan bagian lainnya secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada cacat.

2. Cek Usia Domba beserta Bobotnya
3. Perhatikan Kesehatan Domba
4. Lakukan Pengecekan Alat dan Sistem Perkawinan

5. Belilah domba di tempat jual kambing anakan yang terpercaya

 





Hal yang pertama harus dilakukan tentang cara memilih anakan kambing untuk indukan domba yang baik adalah mengecek dengan seksama bagaimana bentuk fisiknya. Pastikan tidak ada cacat yang dimiliki oleh calon indukan tersebut. Berikut ini adalah beberapa ciri dari fisik indukan domba yang baik dan berkualitas, yaitu :

1. Calon indukan domba yang berkualitas berasal dari domba-domba yang masih berusia muda. Setidaknya, calon indukan ini berumur sekitar 1,5 – 2 tahun. Jangan memilih indukan yang masih terlalu muda ataupun yang sudah terlalu berumur. Hal ini akan beresiko ketika indukan akan mengandung dan melahirkan.

2. Calon indukan domba harus dalam kondisi sehat. Kesehatan indukan adalah hal yang paling utama. Cara terbaik melihat dan mengecek kesehatan domba adalah dengan mengamati nafsu makannya. Jika nafsu makannya baik, pernapasan normal, gerakan lincah dan aktif, bisa dikatakan domba dalam kondisi sehat. Dengan demikian, ia akan melahirkan anak-anak domba yang baik dan berkualitas. Pengecekan kesehatan termasuk hal mendasar tentang cara memilih indukan domba yang harus peternak ketahui.

Selain memilih indukan domba yang baik, peternak juga harus memilih pejantan yang berkualitas. Keduanya harus sama-sama berkualitas supaya dihasilkan anak-anak yang baik pula.

Pejantan yang bagus memiliki 2 testis lengkap, memiliki birahi yang besar, aktif dan ramah. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi fisik dan kesehatan pejantan yang cirinya tidak jauh berbeda dengan indukan domba. Usia pejantan yang cocok untuk segera dikawinkan adalah sekitar 1 – 3 tahun.

Demikian bebrapa faktor yang harus dipertimbangkan dan cara  memilih cempe bibit anakan kambing domba dan membeli cempe bibit bakalan   kambing domba untuk indukan. Apabila membeli anakan kambing domba, belilah di peternakan yang jual anak kambing terpercaya yang ada di daerah Anda, sehingga kambing domba tidak butuh waktu lama  untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Jika Anda tinggal di wilayah Bantul, Jogja,  Anda dapat berkunjung ke Madani Farm Jogja, peternakan yang melayani jual beli bibit bakalan anakan kambing domba  berkualitas dengan harga kambing anakan yang terjangkau di wilayah Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel