7 Ide Kandang Kambing dari Bambu Sederhana


Kandang kambing dari bambu merupakan salah satu alternatif konstruksi kandang ternak sederhana  kambing maupun domba. Bambu memenuhi persyaratan pembuatan kandang sederhana yaitu  mudah diperoleh, murah, kuat dan awet. Jumlah bambu yang diperlukan   untuk pembuatan kandang disesuaikan dengan ukuran kandang kambing modern yang akan dibuat, dan pasti mempengaruhi total biaya kandang kambing dari bambu. Sedangkan ukuran ideal kandang kambing sederhana disesuaikan dengan jumlah ternak yang dipelihara.

Bahkan sekarang, rangka tiang maupun atap kandang kambing sederhana dapat dibuat menggunakan bahan bambu dengan biaya lebih murah  daripada biaya kandang kambing yang terbuat dari baja ringan, namun memiliki kekuatan dan daya tahan yang cukup bagus.

Bahan atap kandang sebaiknya menggunakan bahan  yang tidak menimbulkan panas. Bisa menggunakan rangka bambu atau bahan-bahan lainnya. Berikut ini bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai atap kandang kambing :

  • Bambu
  • Kawat Anyaman
  • Kayu  
  • Asbes
  • Genteng
  • Pipa
  • Papan
  • Triplek
  • Kayu


Contoh Gambar Lantai Kandang Kambing dari Bambu di Madani Farm





Contoh Gambar Tempat Pakan Kambing Domba dari Bambu

Ukuran lebar bawah  30-40 cm, kedalaman bak (tinggi) 20-25 cm, dan tinggi bak papan dari lantai 50- 60 cm. Khusus  domba, tempat pakan dibuat lebih rendah, karena sifat domba  merupakan pemakan rumput yang letaknya di bawah.




Tempat pakan dapat diletakkan menempel pada dinding. Ketinggian tempat pakan untuk kambing dan domba tidak sama. Tempat pakan  kambing dibuat setinggi bahu kambing karena kebiasaan kambing makan dedaunan yang letaknya di atas . Tempat pakan  dombadibuat sejajar  dengan lantai kandang karena kebiasaan domba yang makan rumput.

Contoh Gambar Tempat Pakan Kambing Domba dari Bambu
Tempat makan dari Bambu

Contoh Gambar Tempat Pakan Kambing Domba dari Bambu

Tempat Pakan Kambing Domba dari Bambu




Contoh Gambar Dinding Kandang Kambing dari Bambu Sederhana

Dinding kandang kambing sederhana dapat dibuat dari anyaman bambu atau dibuat dari susunan bambu. Dengan dinding yang terbuat dari bambu ataupun anyaman bambu, pergantian udara akan dapat berlangsung dengan lancar, namun cukup melindungi ternak kambing domba dari dingin atau angin.



Dinding kandang kambing dari bambu
Dinding kandang kambing dari bambu



Contoh Gambar Dinding Kandang Kambing dari Bambu Sederhana


Contoh Gambar Rangka Atap Sederhana Kambing dari Bambu

Rangka atap dan tiang kandang kambing yang terbuat dari bambu cukup kuat dan memuaskan.


Contoh Gambar Rangka Atap Sederhana Kambing dari Bambu


Contoh Gambar  Tiang Kandang Kambing dari Bambu Sederhana

Tiang Kandang Kambing dari Bambu Sederhana

                    Tiang Kandang Kambing dari Bambu Sederhana


Demikian inspirasi gambar kandang kambing dari bambu sederhana. Membuat kandang kambing dari bambu  tidaklah rumit namun cukup sederhana. Material  bambu mudah diperoleh di seluruh wilayah Indonesia. Dengan biaya kandang kambing dari bambu yang jauh lebih hemat, akan diperoleh kegunaan yang sepadan dengan kandang kambing modern. Ketahanan kandang kambing dengan material bambu juga cukup bagus dan awet. Ukuran kandang kambing dari bambu mudah diesuaikan dengan kebutuhan peternak. Bagi yang ingin memulai beternak,  kandang kambing yang terbuat dari bambu sudah cukup ideal. Di Madani Farm, kami menggunakan desain kandang kambing yang ideal, sehingga selalu menghasilkan  kambing domba qurban berkualitas untuk konsumen.



 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel