Sanitasi Kebersihan Kandang Kambing Domba

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan ternak kambing domba adalah sanitasi kebersihan kandang kambing domba yang akan berdampak ke kesehatan ternak. Menurut Wikipedia sanitasi  adalah adalah segala upaya yang dilakukan untuk menjamin terwujudnya kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan kandang. Berdasar pengertian yang lain Sanitasi merupakan usaha pencegahan penyakit dengan cara menghilangkan atau mengatur faktor-faktor lingkungan yang berkaitan dengan perpindahan dari penyakit tersebut. Terdapat hubungan yang erat antara sanitasi kandang dan kesehatan ternak kambing domba. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memenuhi sanitasi kandang.

 



 

 

Sanitasi Kandang Kambing Domba

Sanitasi kandang kambing domba dilakukan sebelum kandang dipergunakan, dengan tujuan untuk membasmi semua  penyakit yang dapat menyerang ternak  yang akan dipelihara. Cara yang dilakukan dengan membersihkan dan membebaskan kandang dari sumber -sumber penyakit dan termasuk juga semua peralatan yang ada di dalam kandang. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain : membersihkan, menyemprot kandang sebelum ternak masuk ke dalam kandang, membuang kotoran ternak di tempat yang aman , jauh dari kandang, tempat pembuangan atau penampungan kotoran yang khusus. Sedangkan desinfektan yang digunakan adalah yang ramah lingkungan dan telah direkomendasikan oleh pihak yang berwajib. 

 

Sanitasi Ternak Kambing Domba

 

Semua hewan dari luar yang masuk ke lingkungan pertanian harus disemprot. Penyemprotan terjadi bersamaan dengan alat angkut atau kendaraan yang membawanya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran kuman dari hewan ternak atau patogen / sumber selama pengangkutan.

Sanitasi Pekerja Peternakan Kambing Domba

Setiap pekerja atau karyawan yang memasuki lokasi juga harus disterilkan. Kebersihan pekerja atau karyawan umumnya dilakukan melalui penyemprotan dan perendaman / perendaman. Umumnya penyemprot dipasang di depan pintu masuk lokasi pekarangan, sedangkan tangki celup ditempatkan di depan pintu masuk pekarangan atau di depan pintu masuk setiap kandang. Penggunaan bak perendaman / perendaman di depan pintu masuk kandang ini umumnya dilakukan pada peternakan unggas seperti ayam, sedangkan pada ruminansia jarang dilakukan. Kebersihan kandang pekerja dilakukan dengan tujuan untuk menjaga mobilitas pekerja dari satu kandang ke kandang lainnya dalam keadaan bebas penyakit, sehingga penyebaran bibit penyakit dapat dihindari.

Sanitasi terhadap sarana dan prasarana di peternakan kambing domba

Sanitasi sarana dan prasarana juga sangat penting karena dapat menentukan keberhasilan dalam peternakan. Sanitasi dan prasarana dilakukan untuk menjaga dan mengantisipasi penyebaran bibit penyakit di lingkungan pertanian akibat bergantian penggunaan sarana dan prasarana di masing-masing kandang.

Sanitasi Kendaraan yang masuk ke lokasi kandang kambing domba

Semua kendaraan yang masuk ke peternakan perlu diperbaiki agar bebas dari berbagai sumber penyakit yang bisa menyebabkan ternak  sakit. Kebersihan kendaraan dapat dilakukan dengan mencampurkan bak rendam (dibenamkan) yang dicampur desinfektan dengan air untuk merendam roda kendaraan yang masuk ke lokasi dan menyemprotkan seluruh bagian kendaraan, termasuk barang yang memungkinkan.


Sanitasi kandang perlu diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik untuk segala jenis ukuran kandang kambing , tidak terbatas pada kandang kambing modern, kandang kambing sederhana, maupun kandang kambing dari bambu.

 




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel