Cara Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak

Cara Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak


Kali ini Madani Farm akan sharing tentang Cara Pembuatan Silase menggunakan Hijauan Pakan Ternak. Silase adalah bahan makanan ternak, berupa hijauan seperti rumput-rumputan atau leguminosa, yang disimpan dalam bentuk segar, dan mengalami ensilase. Rumput odot dan rumput pakchong dapat diawetkan dengan cara ensilase. Kita tahu bahwa dalam beternak kambing domba, ataupun hewan ruminansia lain seperti sapi, adalah ketersediaan pangan yang cukup. Salah satu problem peternakan di Indonesia adalah ketika musim kemarau pakan akan sangat sulit untuk didapatkan. Oleh sebab itu perlu adanya teknik bagaimana proses pengawetan hijauan pakan ternak yang melimpah di musim hujan, agar bisa dimanfaatkan ketika musim kemarau tiba.









 

Bagaimana proses pembuatan silase yang benar? Berikut kami jelaskan secara lengkap tata cara membuat silase menggunakan hijauan pakan ternak :

 

 

1. Mempersiapkan bahan yang akan digunakan dalam prose pembuatan silase 

 

bahan pembuatan silase hijauan pakan ternak madani farm


a.  Hijauan segar  

Hijauan yang banyak terdapat di musim hujan  yang dapat digunakan untuk bahan pembuatan silase misalkan  rumput odot, rumput pakchong, indigofera, kaliandra, lamtoro  dan lainnya.

 

Hijauan Segar Pembuatan Silase Pakan Ternak

 

b. Hijauan kering  

Hijauan kering Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak

Yang dimaksud hijauan kering seperti kulit kopi, kacang hijau, menir jagung, jerami kangkung  atau hijauan kering yang lain. Fungsi hijauan kering dalam pembuatan silase antara lain  :

      1. untuk menurunkan  kadar air 
2. memperkaya kandungan nutrisi dalam pakan 

 

 

2. Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan untuk pembuatan silase

 

Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan  adalah :   

  • Mesin Chopper Multifungsi 

Mesin ini berfungsi untuk mencacah hijauan pakan ternak tadi yang berupa hijauan segar ataupun menggiling ataupun melembutkan hijauan  pakan ternak yang sudah kering .Hijauan  ataupun pakan ternak tapi perlu digiling atau dicacah karena :

·        Agar lebih mudah untuk mencampurnya 

·        Agar lebih mudah untuk menyimpan

·       Ternak lebih mudah dalam memakannya

  •  Drum plastik yang dilengkapi oleh pengunci 

Drum ini berfungsi untuk menyimpan hijauan pakan ternak yang sudah digiling ataupun dicacah, sehingga kondisinya menjadi awet dan tahan lama , karena sangat kedap udara. Jika tidak memilik drum , kita bisa menggunakan plastik yang berwarna gelap untuk penyimpanan seperti contoh di bawah ini.

 

3.  Langkah -langkah pembuatan silase dari hijauan pakan.

Langkah langkah membuat silase dengan mudah adalah sebagai berikut

1.     Mendiamkan dan mengangin-anginkan hijauan yang telah dipanen selama 1 malam, agar kadar airnya turun dari 70-80 % menjadi 50-60%.

2.     Mencacah hijauan segar dengan menggunakan mesin Chopper multifungsi

Pencacahan Hijauan Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak

3.     Mencampur hijauan  segar tadi dengan hijauan kering dan campur secara merata. Perbandingan  idealnya adalah 70% hijauan segar dan juga 30% hijauan kering semakin banyak macamnya semakin baik.

Pencampuran bahan Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak

4.     Pengemasan 

Silase yang sudah dicacah dan dicampur lalu disimpan ataupun dikemas dalam plastik ataupun drum yang kedap udara. Silase tadi selanjutnya diperam selama idealnya 3 sampai 4 minggu.

 

Pengemasan Plastik Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak

Pengemasan Drum Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak

 

Setelah 3-4 minggu, silase bisa langsung digunakan ke ataupun diberikan ke hewan ternak ruminansia. Silase ini sangat aman diberikan pada kambing atau domba yang sedang bunting.  Jika dalam kondisi yang bagus, pembuatannya benar dan kedap udara, maka silase hijauan pakan ternak ini bisa awet hingga bertahun-tahun.

 

 

Kunci sukses dari pembuatan silase

Dalam pembuatan silasekuncinya adalah :

·        kedap udara 

·        kadar air yang tepat

 

Bagaimana membuat kadar air  yang tepat dan mengetahui bahwa kadar airnya sudah tepat?  Potongan hijauan hasil mesin chopper diremas, kemudian kita buka tangan , apabila tangan kita tidak basah maka kondisi tersebut sudah menandakan kadar air sudah pas.Karena kalau kadar airnya  terlalu besar maka akan menjadi busuk. Itu pentingnya pemberian hijauan kering untuk proses pencampuran.

 

Ciri-ciri silase yang berhasil

 

            

Silase yang berhasil  Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak

1.     Warna silase  hijau kekuning-kuningan.

2.     Baunya harum 

3.     Disukai ternak

Ternak suka Pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak

 

 Demikian cara pembuatan Silase Hijauan Pakan Ternak yang mudah dan benar. Cara membuat silase tebon jagung pada dasarnya sama. Video pembuatannya yang merupakan sumber artikel ini dapat dilihat di youtube. Salam Madani Farm.


Madani Farm Jogja

Penyedia Bibit Anakan Kambing Domba,  Kambing Kurban Dan Bibit Rumput Pakchong wilayah Bantul Jogja

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel