Takaran Susu Untuk Anak Kambing

 

Kenali Takaran Susu Untuk Anak Kambing Berdasarkan Usianya Di Sini

 

Mendapatkan anak kambing baru dari induk kambing yang melahirkan memang menyenangkan. Selain mendapatkan hewan peliharaan baru, anda bisa melihat hewan kecil yang masih lucu. Sayangnya, perawatan penuh kehati-hatian pada hewan ini perlu dilakukan dengan baik. Anda bahkan wajib mengenali takaran susu untuk anak kambing sebelum memberinya. Didapat dari pengalaman Madani Farm Jogja dan dilengkapi dengan berbagai sumber di google , berikut ulasannya.

 


Sekilas Tentang Perawatan Anak Kambing

Perawatan anak kambing atau cempe agar cepat besar dan sehat membutuhkan penanganan khusus. Pasalnya, peternak perlu berhati-hati untuk memberikan perhatian penuh pada hewan kecil ini karena tergolong masih lemah dan mudah terserang penyakit hingga mati. Untuk itu, anda perlu memberikan tempat yang nyaman dan nutrisi yang cepat pada hewan ini.

Salah satu cara yang perlu dilakukan ketika merawat cempe adalah memisahkannya dari kambing lainnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi anak kambing agar tidak terinjak ketika kambing lainnya bergerak dan berlari. Namun, usahakan tidak memisahkan hewan kecil ini dari induknya guna melatih sang induk dalam melakukan perawatan.

Kondisi tubuh cempe yang tergolong masih lemah membutuhkan tempat khusus. Disini, anda bisa menyiapkan tempat yang hangat dan kering agar suhu dingin dan kelembaban udara tidak mempengaruhi kesehatan anak kambing. Anda juga perlu menyiapkan alas tidur yang hangat baik itu dari jerami, daun pinus maupun serbuk kayu.

Sebelum memberikan takaran susu untuk anak kambing yang sesuai, pastikan pembersihan tali pusar dan lendir pada tubuh cempe sudah dilakukan. Umumnya, pembersihan lendir akan dilakukan secara alami oleh induk dengan cara menjilati anaknya hingga kering. Namun anda perlu segera membersihkan lendir ini dengan sarung tangan steril atau alat penyedot khusus jika induk tidak melakukannya.

Keberadaan tali pusar pada tubuh cempe juga wajib segera dibersihkan dalam jangka 3 pekan. Jika tali ini tidak bisa terlepas secara alami, anda bisa menggunakan gunting maupun silet yang bersih, steril dan tajam agar tidak terkena infeksi. Usahakan mengoleskan larutan iodine pada bagian ini agar tali pusar cepat kering.

Kemudian, sediakan botol minum untuk mengantisipasi apabila induk belum mau menyusui anaknya. Pasalnya, kejadian induk tidak mau menyusui dapat terjadi karena baru saja melahirkan, cempe lahir prematur, induk masih terlalu muda maupun ada kondisi sakit pada induk maupun cempe. 

 

Susu Pengganti Untuk Anak Kambing

Pemberian takaran susu kambing memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Meski demikian, jenis susu yang digunakan juga harus sesuai. Hal ini karena kondisi anak kambing yang tergolong lemah sangat sensitif. Terlebih lagi pada kondisi gangguan pencernaan seperti mencret, diare dan lainnya.

Lazimnya, jenis susu yang diberikan pada cempe sangat berbeda dengan susu yang biasa diberikan kepada bayi manusia. Jenis susu yang diberikan untuk kambing harus benar-benar steril dan bersih. Beberapa rekomendasi susu yang dapat diberikan untuk kambing diantaranya susu jolong, susu sapi baru diperas atau dalam kondisi segar, susu induk kambing lain dan dan susu yang dijual di pasaran seperti Profat dan Maxinos.

 

Jumlah Takaran Susu Untuk Anak Kambing / Cempe Yang Pas

Memberikan susu untuk kambing membutuhkan prosedur yang pas. Selain takaran susu untuk anak kambing yang sesuai, anda perlu mempelajari jadwal menyusu anak kambing sesuai dengan usianya. Hal ini bertujuan agar cempe berhasil mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat agar tumbuh sehat.

Untuk cempe yang baru berusia 1-3 hari, anda dapat memberikan 150 ml susu sebanyak 4 kali sehari. Begitu pula, cempe 4-10 hari diberi minum 300 ml susu sebanyak 4 kali sehari. Berikan susu 400-500 ml sebanyak 3 kali dengan tambahan makanan jerami untuk cempe 10-14 hari. Selain itu, anda bisa memberikan minum pada pagi dan malam hari pada usia 2-3 minggu dan seterusnya.

Perawatan anak kambing memang membutuhkan perhatian khusus. Hal ini bertujuan agar cempe tidak mudah terserang penyakit dan bisa tumbuh sehat. Tentu saja, anda perlu memperhatikan kondisi tempat tinggal hingga nutrisi dengan memperhitungkan jenis susu dan porsi yang diberikan. Apabila takaran susu untuk anak kambing tepat, maka kebutuhan gizi cempe tercukupi. Dengan demikian pertumbuhan berat badan anakan kambing domba bisa optimal, berat badan tinggi. Cempe yang berkualitas akan menguntungkan peternak karena harga jual anakan kambing tersebut tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel