Kelebihan Rumput Pakchong Pakan Ternak Kambing

 

Apabila anda melalukan pencarian di Google, Banyak kelebihan rumput pakchong dika dibandingkan dengan odot maupun jenis rumput yang lain. Berikut ini kami Madani Farm membahas kelebihan rumput pakchong sebagai pakan ternak jika  dibandingkan dengan rumput odot.


Gambar Rumput Pakchong


 


1. Kapasitas produksi Rumput Pakchong Tinggi

Keunggulan rumput Pak Chong  adalah rumpt tersebut dapat  meningkatkan kualitas ternak. Dengan kandungan protein tinggi dibandingkan dengan jenis rumput napier lainnya, tanaman Pakchong adalah sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan kualitas ternak.
 

Selain itu, pertumbuhan rumput Pakchong dapat dikatakan lebih cepat daripada rumput hijauan lainnya. Rupanya, rumput ini juga mampu menghasilkan cukup produksi. Misalnya, dalam satu hektar lahan, Anda bisa mendapatkan sekitar 1500 ton  rumput per tahun.
 

Ini tentu sangat bermanfaat bagi petani, karena hasil rata-rata produksi rumput hijauan lainnya, seperti Rumput Taiwan atau Rumput Odot hanya mencapai 350-400 ton / tahun.






 

2. Rumput Pakchong merupakan Penyedia hijauan pakan hewan ternak (HMT)


 Berdasarkan kebutuhan hijauan untuk ruminansia, pakan adalah salah satu komponen penting yang harus hadir dalam mengembangkan bisnis formal (kambing dan sapi). Dalam sehari, kebutuhan akan pakan hijauan segar rumput pakchong adalah sekitar 10 persen dari berat per kepala. Oleh karena itu, tentu saja petani membutuhkan sumber pakan yang cukup besar.

 
Jika berat sapi perah adalah 500 kg, kebutuhan untuk mencari makan per hari adalah 50 kg. Jika dihitung per tahun (365 hari) dan dikalikan dengan 50 kg, kebutuhan untuk pakan hijauan untuk satu susu adalah sekitar 18,25 ton per tahun.

 

3. Rumput Pak chong berumur panjang


Rumput Chong memiliki umur panjang. Anda hanya perlu menanamnya sekali, karena rumput ini dapat bertahan hingga 9 tahun. Dengan produktivitas rumput tinggi, Anda dapat memanen rumput ini setiap 40-50 hari.

 

Selain itu, tanaman Pakchong juga cukup tinggi, dibandingkan dengan jenis napier lainnya. Tinggi rumput ini dapat mencocokkan tanaman tebu tinggi, yaitu sekitar 5 meter di atas tanah.


 

4. Rumput Pak chong hidup dalam dua musim


 Tidak semua jenis rumput dapat bertahan di musim kemarau, banyak jenis rumput kering selama musim kemarau tiba. Berbeda dengan  dengan rumput yang satu ini, Rumput Pak Chong  mampu bertahan hidup ketika musim kemarau tiba.

 Selama musim kemarau, Anda tidak perlu menyiram rumput Pakchong setiap hari. Namun, Anda hanya perlu menyiramnya seminggu sekali, karena rumput ini dapat bertahan hidup dalam dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

 

5. Rumput Pakchong mudah dibudidayakan dan diawetkan

 

Budidaya rumput Pakchong sebagai pakan ternak juga cukup mudah. Anda tidak perlu menunggu benih dari bunga Pakchong, karena budidaya rumput ini menggunakan sistem pemotongan batang. Seperti halnya budidaya tanaman tebu, karena mereka berasal dari jenis yang sama. 

 jarak tanam rumput pakchong

Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam penanaman rumput pakchong yaitu jarak tanam.Jarak tanam rumput pakchong dengan yang lainnya sekitar 30 x 50 cm. Jarak tanam ini bertujuan untuk memberi lahan pada tunas rumput pakchong yang akan tumbuh nantinya. Hal ini juga menjadi antisipasi awal, mengingat ukuran rumput pak chong cukup besar dan tinggi. Jarak tanam rumput pakchong sangat berpengaruh terhadap pertumbuhannya.

 

Cara Membuat Silase Rumput Pakchong

Selain mudah dalam penanamannya, ternyata rumput Pak Chong juga bisa diawetkan, bagaimana caranya ? Caranya adalah dengan menggunakan metode silase. Metode silase adalah metode pengawetan produk yang sangat mudah dilakukan. Cara membuat silase, Anda cukup memotong rumput pakchong  ini, dengan panjang 10-15 cm. Kemudian letakkan di bunker atau drum, jika Anda tidak memilikinya, Anda juga dapat menggunakan plastik besar. Kemudian tutup dengan erat, jika perlu gunakan tali sehingga udara luar tidak bisa masuk, dan udaranya hangat.


cara membuat silase rumput pakchong
Silase rumput pakchong


 

Setelah itu, Anda tetap dan menunggu selama 28 hari. Setelah hari ke-29, silase rumput Pakchong siap digunakan untuk pakan ternak. Hasil fermentasi alami rumput pakchong tentu menambah keanekaragaman gizi ke Pakchong, sehingga dimungkinkan untuk meningkatkan pakan berkualitas untuk rumah. 

 cara membuat Silase rumput pakchong

Metode pengawetan ini sangat berguna untuk menyediakan sejumlah umpan yang masih banyak ketika musim kemarau tiba. Seperti diketahui, kadang-kadang musim kemarau membuat hampir semua tanaman mati kekeringan.

 

rumput pakchong

Ingin membeli bibit rumput pakchong

Hubungi Telepon Madani Farm melalui whatsapp

Kami Madani Farm Jogja yang berlokasi di Banguntapan, Bantul menjual bibit rumput Pakchong pakan ternak , bisa hubungi kami melalui tombol whatsapp di samping / bawah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel