Budidaya Menanam & Kandungan Nutrisi Rumput Odot

 Budidaya Rumput Odot, Cara Menanam dan Kandungan Nutrisi - Madani Farm Jogja

 

 

 Tentang Rumput Odot

Berikut ini adalah artikel yang mengulas  tentang rumput odot, cara menanam rumput odot, kandungan nutrisi rumput odot, cara pemilihan benih, dan permasalahan dalam budidaya rumput odot. Sekilas rumput odot atau yang kadang disebut masyarakat sebagai tanaman kolonjono memang terlihat seperti rumput gajah, karena rumput odot adalah varian lain dari rumput gajah. Asalnya juga berbeda, jika rumput odot berasal dari benua Amerika sedangkan rumput gajah berasal dari benua Afrika.


 

Dunia peternakan semakin maju dengan perkembangan teknologi di dunia peternakan.  Seiring perkembangan zaman, alternatif penyediaan pakan ternak misal kambing & domba yang berkelanjutan, berkualitas dan murah menjadi kebutuhan yang tak bisa dipungkiri. Pakan adalah satu faktor penting dalam dunia peternakan di samping bibit dan manajemen pemeliharaanya. Kebutuhan pakan menjadi aspek penting dalam mengembangakan usaha peternakan bahkan biaya produksi paling banyak di keluarkan untuk biaya pakan.Kita diberi keuntungan tinggal di negara Indonesia yang merupakan  negara agraris dan memiliki kontur alam yang mudah untuk bercocok tanam dan melakukukan budidaya rumput odot.

Kualitas dan kuantitas hasil pertanian menjadi faktor utama guna menunjang pertumbuhan bobot badan kambing dan domba yang maksimal. Salah satu jenis rumput sebagai pakan hijaunan yang memenuhi kriteria di atas yaitu rumput odot, yang jika di budidayakan secara maksimal akan menjadi sumber pakan yang berkelanjutan, berkualitas, dan murah.

Rumput odot merupakan jenis rumput baru yang awalnya di bawa oleh seorang TKI asal Tulungagung, Jawa Timur yang bekerja di Kanada. Setelah di uji coba ternyata cocok di tanam di lahan, rumput odot dapat digunakan untuk makan kambing domba. Hasilnya, ternak sangat menyukai karena tingkat palabilitas sangat baik. Bibit rumput odot dapat ditemukan di Kabupaten Blora, Kebumen, Gunung Kidul, dan sekarang banyak dibudidayakan  dan dijual di Indonesia.

Tanaman rumput odot tumbuh merumpun dengan akar jenis serabut, untuk lahan tanamnya cukup air (kebutuhan air sedang). Rumput Odot membutuhkan sinar matahari sebanyak 100% untuk fotosintesis. Apabila  sinar matahari yang didapat kurang, pertumbuhan menjadi terhambat dan pemanenan menjadi tertunda.

 


 

Mengenal Rumput Odot

Asal dari rumput ini adalah dari Amerika dengan nama latin (Pennisetum purpureum cv. Mott). Di daerah Jawa Timur, rumput ini mulai dibudidayakan oleh seorang peternak dari Tulungagung yang bernama Pak Odot. Oleh sebab itu rumput ini juga dikenal dengan rumput odot. Rumput odot juga masih berkerabat dengan rumput gajah (Pennisetum purpureum). Rumput odot merupakan salah satu varietas  rumput gajah (Pennisetum purpureum), di luar negeri rumput ini di kenal sebagai Napier Grass, atau  Mott Elephant Grass. tanaman ini mampu tumbuh pada musim kemarau dengan tanah yang memiliki tingkat kesuburannya rendah.

Rumput ini pertama kali di temukan oleh Dr.W. Hanna di Georgia, USA kemudian dikembangkan  oleh Dr. Mott dan rekannya di Florida, USA. Di Indonesia sendiri, rumput ini pada tahun 2007 di kembangkan oleh TKI yang bekerja di Kanada kemudian dikembangkan di seluruh Indonesia.

Rumput Odot biasanya di gunakan untuk pakan hewan ternak sapi, kambing, domba maupun kelinci. Pada musim panas rumput ini menjadi incaran para peternak karena kualitasnya yang mampu bertahan hidup dalam kondisi sulit air sekalipun.

 

Kandungan Nutrisi Rumput Odot

Kadar Lemak Daun

2,72 %

Kadar Lemak Batang

0,19 %

Protein Kasar(PK) Daun

14,35 %

Protein Kasar (PK) Batang

8,10 %

Kecernaan Daun

72,68 %

Kecernaan Batang

62,56 %


Klasifikasi Ilmiah Tanaman Rumput Odot

Regnum

Plantae (Tumbuhan)

Super Divisi

Spermatophyta

Divisi

Magnoliophyta

Kelas

Liliopsida

Sub Kelas

Commelinidae

Ordo

Poales

Famili

Poaceae

Genus

Pennisetum

Spesies

 Pennisetum purpureum CV. Mott

Ciri Ciri Tanaman Rumput Odot

  1. Pertumbuhan rumput odot cepat 2-3 bulan.
  1. Odot Tumbuh berumpun dan bertunas .
  1. Dalam satu rumpun odot terdapat 50 sampai 80 batang
  1. Lebar 1 rumpun odot sekitar  1 m.
  1. Perakaran dalam dan kuat
  1. Daun maupun batang halus tidak berbulu.
  1. Batang lunak sehingga  mudah dimakan ternak.
  1. Ketinggian batang odot mencapai 2 – 3 m.
  1. Diameter batang odot sekitar 3 cm.

 

 

 Budidaya Rumput Odot

 Cara Menanam Rumput Odot Untuk Pakan Ternak di Sawah

1. Pembibitan Rumput Odot

Bibit rumput odot dapat di dapatkan dengan melakukan stek batang, bibit tersebut dipotong dengan panjang 15 cm – 25 cm yang selanjutnya dibenamkan ke lahan, sebelum penanaman di lakukan sebelumnya lakukan pemupukan dasar pada lahan dengan menggunakan pupuk kandang dan lokasi tanam rumput odot tersebut harus mendapat sinar matahari penuh.

2. Pola Tanam Rumput

Rumput odot dapat ditanam dengan pola mono kultur atau dalam lahan yang hanya ditanami rumput odot saja. tetapi rumput odot juga dapat ditanam sebagai tanaman sela yang di kombinasikan dengan hijauan lain karena tanaman ini memiliki ukuran lebih pendek, serta rumput odot juga dapat di gunakan untuk menahan erosi lahan.

3. Cara Tanam Rumput Odot

  1. Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya.
  2. Selanjutnya mecangkul lahan yang akan di tanami, kemudian buatlah gundukan atau bedengan atau juga gunungan kecil dengan lebar sekitar 60 cm-80 cm dan tinggi kira kira 20 cm.
  3. Pada setiap gundukan atau bedengan di tanami bibit minimal sebanyak 5 ruas dengan 3 ruas di tanam di atas tanah dan 2 ruas ditanam di dalam tanah di tengah gundukan jarak tanaman dalam barisan yaitu 50 cm hingga 75 cm.
  4. Serta jarak tanam antar baris yaitu sekitar 75 cm hingga 150 cm.

4. Pemupukan Rumput Odot

1. Untuk pemupukan dasar, berikan pupuk rumput odot berupa pupuk kandang, bisa menggunakan kotoran sapi maupun kambing sekitar 3 ton per hektar lahan.
2. Agar mempercepat laju pertumbhan, rumput odot dapat diberi pupuk kembali setelah berumur kira kira 15 hari pasca tanam dengan menggunaan pupuk urea NPK sebanyak 60 kg per hektar,
3. Dan pupuk cair atau urin kambing fermentasi yang di gunakan sebagai bahan pupuk cair untuk pemupukan dengan cara di semprotkan ke tanaman tanah.

5. Masa Panen Rumput Odot

Pemanenan rumput odot dapat di lakukan setelah rumput berumur sekitar 70 hari hingga 80 hari. Ciri-ciri rumput odot yang siap panen adalah terdapat ruas batang yang berukuran 15 cm. Pada musim   penghujan rumput odot dapat di panen pada umur sekitar 35 hingga 45 hari. Sedangkan pada musim kemarau rumput odot dapat di panen pada umur sekitar 40 hingga 50 hari.
Cara pemanenan rumput ini yaitu dengan memotong rumput yang pendek sejajar dengan tanah. Untuk hasil yang bagus di sarankan untuk pemanenan pertama kali rumput odot di panen setelah berumur 60 hari atau lebih atau tunggu hingga batangnya berukuran sekitar 30 cm hingga 40 cm. Rumput odot yang telah dipanen setelah dilayukan adapat diberikan pada ternak maupun disimpan dengan cara dibuat menjadi silase rumput odot.

 

 

Cara Menanam  Rumput Odot di Polybag

Menanam rumput odot dalam dalam polybag merupakan solusi bagi anda mempunyai lahan sempit atau terbatas dan tidak bisa di gunakan untuk bercocok tanam atau bagi anda yang memelihara hewan ternak sebagai hobby seperti kelinci yang kebutuhan pakan hijaunya hanya sedikit. Untuk calon peternak yang ingin melakukan riset tentang pengembangan rumput odot secara luas namun mempunyai lahan yang jaraknya jauh dari rumah sehingga memerlukan waktu lama untuk menuju lahan, menanam rumput odot di polibag merupakan metode yang tepat sehingga anda bisa mengamati pertumbuhannya setiap hari. 

Langkah langkah menanam rumput odot dam polybag ada di bawah ini :

1. Persiapan Alat dan Bahan

    1. Polybag : ukuran diameter polybag minimal 20 cm,dengan polibag yang besar maka media tanam lebih besar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap jumlah anakkan dan kecepatan pertumbuhan.
    2. Sekop
    3. Gembor : untuk menyirami tanaman
    4. Ember
    5. Bibit rumput odot : bibit yang akan ditanam yang berasal dari stek batang dengan panjang sekitar 20 cm berasal dari batang yang sudah tua dan sudah mempunyai ruas ruas.
    6. Tanah : tanah yang baik untuk di gunakan sebagai media tanah adalah tanah lapisan atas atau lapisan olah.
    7. Pupuk organik
    8. Sekam padi atau arang sekam atau cocopit


2. Membuat Media Tanam untuk rumput odot

Dalam pembuatan media tanam, langkah yang harus di lakukan adalah dengan mencampurkan tanah, sekam padi, dan pupuk organik kedalam sebuah ember dengan perbandingan 1:1:1, kemudian aduk sampai rata dan masukan media tanam ke dalam polybag.

3.  Proses Penanaman Bibit Odot

Penanaman bibit rumput odot ke dalam polybag sangat mudah yaitu :


    1. Tancapkan bibit ke media tanam yang ada pada polybag di bagian tengah.
    2. Bibit di tancapkan dalam posisi miring, dengan kedalaman 1/3 dari panjang batang bibit.
    3. Siramlah dengan air secukupnya, jangan sampai menggenang karena dapat menyebabkan pembusukan pada bibit.

 

 

Cara Menanam Rumput Odot dengan Metode Hidroponik

Bagi anda yang ingin menanam tanaman rumput odot tapi tidak mempunyai lahan luas,  solusi yang bisa di lakukan adala dengan cara menanam rumput odot secara hidroponik. Mengapa dengan cara hidroponik .karena hidroponik lebih mudah, murah, dan minim resiko. Berikut penjelasannya :


    • Mudah karena bisa dilakukan oleh siapa saja baik yang memiliki lahan atau tidak, artinya bisa dibudidayakan dipekarangan dengan menjaga tanaman dari gangguan ternak, bisa diletakan di tanah atau digantung maupun buatkan rak susun.

    • Murah karena memanfaatkan limbah di sekitar anda, seperti botol dan wadah yang tidak bocor untuk diisi air sebagai media tumbuh rumput odot. Jika mau memakai terpal juga bisa.

    • Minim resiko karena pada umumnya angka kematian bibit tahap awal cukup tinggi jika kondisi lahan budidaya kekurangan air, karena media tanamnya berupa air maka resiko kematian bisa di minimalisir.

1. Persiapan Alat dan Bahan

    1. Gunting
    2. Kantong plastik
    3. Botol air mineral bekas ukuran 1500 ml
    4. Pupuk cair
    5. Bibit rumput odot (stek)

2. Membuat Media Tanam

Langkah pertama yang harus di lakukan untuk membuat media tanam adalah dengan memotong botol air mineral menjadi dua bagian dengan menggunakan gunting, lalu ambil botol bagian bawah dan bungkus botol dengan plastik sampai hanya permukannya yang terlihat, kemudian isilah botol dengan air penuh.

3. Pembibitan Rumput Odot

Bibit rumput odot dapat di dapatkan dengan melakukan stek batang, bibit tersebut dipotong dengan panjang 15 cm – 25 cm .

4. Proses Penanaman Bibit

Untuk melakukan penanaman rumput odot dengan cara hidroponik sangatlah mudah, berikut caranya :


    1. Langkah pertama yang harus di lakukan adalah mengambil dua batang bibit rumput odot, kemudian masukan bibit tadi kedalam botol yang sudah diisi air.
    2. Berikan pupuk cair secukupnya.
    3. Pemanenan dapat di lakukan setelah tanaman berumur 1 sampai 2 minggu setelah penanaman. Anda bisa menggunakan mesin potong rumput.

 

Metode Mempercepat Pertumbuhan Rumput Odot

Umumnya sejumlah peternak saat menanam rumput odot tidak memperhatikan metode ini, karena begitu mudahnya menanam rumput odot yaitu tanam lalu tunggu hingga waktu panen tiba, serta tidak menggunakan perawatan khusus.

Sebenarnya ada metode untuk mempercepat pertumbuhan rumput odot, akan tetapi metode ini juga menguras waktu dan tenaga jika ingin melakukannya. Namun jika lahannya luas dan tanamannya juga banyak akan mendapatkan hasil yang setimpal juga. Berikut langkah yang harus di lakukan agar tanaman bisa tumbuh cepat.

  1. Melakukan perabukan dengan type pupuk yang baik dan organik baik dengan metode membeli atau mengolah sendiri menggunakan limbah peternakan, rata rata petani disaat pergi ke lahan malas buat mengambil limbah ternak biarpun hanya 1 karung dikarenakan bakal memberati dan tidak ingin kotor.
  1. Memanen bersama  menarik daun supaya terkelupas sampai pangkal daun setelah itu membersihkan supaya calon tunas tidak terselimuti dan segera muncul, umumnya orang tani tak ingin aktif dengan memotong pangkal batang dengan sabit, seandainya serius membersihkan sisa asas daun hasil panen dapat 2 sampai 3 kali lipat guna musim selanjutnya.

 

Cara memilih Bibit Odot yang Baik dan Berkualitas

Jika anda memperoleh benih atau bibit dari taman sendiri, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih benih yang akan ditanam supaya benih tersebut dapat berkembang dengan baik, benih yang baik berasal tumbuhan yang baik juga, lantaran tumbuhan yang tidak sehat bakal menghasilkan bibit yang buruk maka anda bakal di rugikan.

Bibit yang berkualitas dan bermutu sebenarnya dapat dilihat dari bentuk batang bibit itu sendiri. Bibit rumput odot yang baik batangnya besar dan padat, serta jumlah calon anakan atau ruas cukup pendek. Biasanya bibit dengan ciri-ciri seperti ini dihasilkan dari tanaman yang tercukupi kebutuhan airnya.

 

Permasalahan Pada Budidaya Rumput Odot

1. Penyakit Bercak Hitam pada Daun

Penyakit bercak hitam pada daun rumput odot ini mirip sekali dengan penyakit bercak daun pada tanaman cabe. Cara kerja dan serangannya juga sama.

Pada awalnya, daun rumput odot yang sehat mulai muncul titik kecil pada permukaan daunnya kemudian membesar. Lama-kelamaan daun tersebut akan mengering. Kasus lain yang sempat teramati adalah penyakit bercak hitam pada rumput odot ini menyerang ujung daun, sehingga membuat daun menjadi kering tanpa layu.

Penyebab penyakit ini adalah daun rumput odot terinfeksi jamur. Biasanya menyerang saat musim penghujan dan kondisi cuaca lembab. Cara penanganan penyakit bercak daun pada rumput odot ini adalah dengan menyemprot daun menggunakan pestisida nabati dari campuran air tembakau dan sabun colek.

2. Gulma pada Tanaman

Setiap tanaman tidak pernah lepas dari serangan hama dan penyakit, namun khusus budidaya rumput odot ini penanganan tanaman yang terserang hama dan penyakit sebaiknya tidak dianjurkan menggunakan pestisida kimia karena mencegah resiko keracunan pada ternak akibat dari konsumsi daun hijauan yang telah disemprot pestisida.

Hama yang mengganggu dalam budidaya odot seperti pada tanaman yang lain yaitu penggerek batang yang mengakibatkan batang berlubang dan mudah patah meskipun tanaman masih mampu tumbuh. Penangannya sebaiknya mengganti bibit baru pada rumput odot yang terserang mengingat rumput odot cepat tumbuh dan agar tidak menular tanaman ke yang lain.

3. Hama Ulat & Belalang

Hama yang menyerang rumput odot adalah belalang dan ulat pemakan daun. Meskipun serangan hama ini tidak sampai menghancurkan lahan rumput odot namun harus diwaspadai. Penyebaran hama ini biasanya dari lahan sekitar yang di tanami tanaman holtikultura lain. Saat makanan alami belalang dan ulat sudah habis, maka akan menyerang rumput  kita.

Cara mengatasi hama belalang dan ulat pemakan daun ini adalah dengan cara menyemprot daun rumput odot menggunakan pestisida nabati yang berasal dari telur siput air atau dari telur kreco yang dihaluskan dan dicampur air dan sabun colek secukupnya. Semprot secara berkala setiap pagi dan sore hari.

Demikian artikel mengenai cara budidaya menanam rumput odot dan kandungan nutrisinya . Di Madani Farm, kami menanam rumput odot & pakchong, tanaman jagung, bahkan pisang, dan menjual bibit rumput pakchong pakan ternak. Dengan pakan ternak kambing domba yang bernutrisi tinggi, insya Allah Madani Farm  menjual kambing domba kurban yang berkualitasUntuk mengetahui cara menanam pisang terbaru yang baik dan artikel mengenai rumput pakcong, silakan membaca artikel di blog ini.


















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel