4 Syarat Kandang Kambing Domba yang Baik & Sehat

 Syarat Kandang Kambing Domba yang Baik dan Sehat - by Madani Farm Jogja

 

Menurut  data dari BPS Badan Pusat Statistik tahun 2015,  perkiraan jumlah populasi hewan domba di Indonesia pada  2014  sebesar 15 juta  ekor dan  63 % dari jumlah  tersebut berada di  wilayah Jawa Barat. Kambing dan domba  adalah hewan ruminansia  utama di peternakan dengan iklim tropis dan sedang. Kambing dan domba mempunyai kemampuan untuk beradaptasi dengan baik pada iklim tropis kering dibanding dengan sapi. Enam puluh persen (60%) populasi domba berada di wilayah dengan iklim sedang,  sedangkan 40%  hidup di wilayah beriklim tropis. Menurut Field (2012) kualitas dan tingkat reproduksi pada kambing domba dipengaruhi oleh oleh kesehatan dan kualitas indukan, selain itu dipengaruhi oleh faktor lain seperti sinar matahari, suhu, cahaya dan kelembapan.






 

Tahapan pertama saat  beternak kambing domba adalah pembuatan atau bikin kandang kambing yg baik dan sehat, memadai, kuat, kokoh bagi ternak. Desain kandang kambing domba harus dapat melindungi domba dari panas matahari,  hujan, dan  angin. Kandang kambing juga berfungsi melindungi domba dari serangan binatang pemangsa, sebagai tempat kambing berkembang biak,dan  mempermudah peternak dalam merawat dan  memelihara ternaknya (Jahi, 2005). Di negara Eropa misalkan Inggris, peternakkambing dan domba dianjurkan memiliki Flock Health and Welfare Plan (FH & WP), yaitu strategi tertulis dalam manajemen kesehatan hewan ternak. Flock Health and Welfare Plan mengandung identifikasi parasit dan penyakit yang berpotensi menyerang hawan ternak,  pencegahan, pengobatan yang telah dilaksanakan, identifikasi  kesehatahewan ternak,dan pengurangan pemakaian obat-obatan untuk ternak (Bates,2012).

 

Kategori kandang kambing domba yang  sehat 

Cara membuat kandang kambing sehat yang pertama harus memahai bahwa kandang domba harus  memenuhi empat aspek persyaratan, yaitu:  

1. Teknis kandang 

Meliputi desain kandang kambing sehat yang meliputi letak, bentuk, ukuran, fasilitas kandang, bahan material kandang, lantai, sirkulasi udara, atap, dan dinding kandang kambing.

2. Lingkungan kandang 

Meliputi kebersihan kandang kambing domba, sumber air, tempat penggembalaan atau umbaran, drainase, dan instalasi limbah tentu saja sanitasi kandang kambing domba.

3. Kondisi Kambing Domba 

 Meliputi kebersihan bulu, mata, mulut, telinga, kuku,  dan anus.

4. Peternak dan keluarga 

Meliputi kesehatan peternak dan keluarganya.

 

Kategori ternak kambing domba yang produktif

Ternak kambing domba yang produktif harus  memenuhi tiga aspek, yaitu:

  1. Produktivitas 

    Meliputi pertambahan bobot badan, jumlah anakan per induk, dan lepas sapih.

  2. Reproduksi meliputi jarak antar kelahiran.

  3. Pemberian pakan 

    Meliputi mutu, kuantitas, dan kontinuitas pakan kambing domba.

 

Hindsondan Winter (2002) menyatakan beberapa masalah dan penyebab yang mempengaruhi penurunan kualitas reproduksi, antara lain:  

  • intrapartum fetal deathdan post-partum deathkarena manajemen yang buruk;  
  • low ovulation rate,  
  • lowconception rate, dan  
  • early fetal death karena faktor makan dan minum (nutrisi).  

Material bahan konstruksi dan desain kandang kambing domba juga mempengaruhi temperatur di dalam kandang. Suhu kandang  yang tepat mempengaruhi kesehatan, kenyamanan,  dan perkembangbiakan kambing domba. Ukuran kandang kambing modern juga berdampak  pada pertumbuhan anak kambing dan mengurangi stres pada ternak kambing domba. Wahyuningsih (2000) menyatakan bahwa  ada korelasi antara ukuran  luas kandang kambing domba dengan bobot hidup kambing domba.

 

Kandang kambing yang sehat, baik, dan produktif merupakan faktor utama dalam keberhasilan ternak kambing domba yang tidak diumbar atau digembalakan yang terlihat dari  kesehatan dan pembibitan kambing  domba itu sendiri. Hasdi (2012) menyatakan nyatakan bahwa faktor-faktor yang sangat berpengaruh pada usaha pembibitan adalah kualitas bibit yang dihasilkan, indukan dan pejantan yang baik, lokasi dan kandang peternakan yang baik bersih dan sehat. Di artikel lain dalam website ini bisa ditemukan gambar, model dan contoh kandang kambing sederhana sehat. Madani Farm Jogja menggunakan kandang kambing model panggung sehingga kotoran dapat langsung jatuh ke bawah dan dilengkapi dengan lahan umbaran yang tentu saja akan mendukung kesehatan dan kualitas kambing domba yang dijual di Madani Farm Jogja, Banguntapan, Bantul.

Kandang Kambing Domba Madani Farm Jogja
Kandang Madani Farm Model Panggung dengan Umbaran


 

Sumber : jurnal.ipb.ac.id 

 


 



 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel