Cara Menanam Pohon Pisang Terbaru Terbaik

 

Bagi Anda yang ingin menanam pisang ambon, kepok maupun cavendish dengan hasil melimpah mungkin sebaiknya Anda menyimak dan mengikuti cara menanam pisang terbaru yang baik dan benar berikut ini. Pisang adalah salah satu buah-buahan yang sangat populer dan banyak diminati pisang sendiri terbagi atas berbagai jenis, namun secara keseluruhan proses penanaman pisang hampir sama. Buah yang memiliki daging berwarna kuning ini dapat dikonsumsi dalam kondisi segar ataupun diolah menjadi berbagai makanan. Anda dapat membuat pisang goreng, kue puding pisang dan masih banyak lagi makanan lainnya yang terbuat dari bahan utama yaitu pisang. Pisang banyak disukai karena rasanya yang nikmat dan segar. Oleh sebab itu harga jualnya pun cukup tinggi terutama Indonesia. Bahkan daun dan gedebog pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak kambing sebagai alternatif rumput pakchong . Lalu bagaimana cara menanam pohon pisang yang mudah untuk dilakukan? Inilah panduan lengkap cara menanam buah pisang yang baik bagi Anda yang ingin menanam pisang dengan hasil yang melimpah.

 






 

 
1. Pemilihan Bibit Pisang

Apapun tanaman buah-buahan yang akan anda tanam, pemilihan bibit memang sangat penting untuk diperhatikan. Jangan asal memilih bibit karena pengaruhnya terhadap hasil panen sangat besar. Pastikan bahwa Anda memilih bibit yang bagus, sehingga hasil panennya juga yang memiliki panjang sekitar 1 hingga 1,5 meter. Pilihlah bibit tersebut dari pohon pisang yang induknya mampu berbuah dengan baik dan sehat.

 

2. Persiapan Bibit Pisang

Cara menanam pisang terbaru yang benar dengan hasil panen melimpah selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan bibit yang akan anda gunakan. Anda dapat membeli bibit pisang di toko ataupun langsung dari kebun dengan harga bibit pisang berkisar antar Rp 5.000 - 15.000 per bibit.. Potong bibit tersebut dari induknya. Bersihkan tanah yang masih menempel di akar. Simpan bibit selama 1 hingga 2 hari di tempat yang teduh. Selanjutnya rendam bibit menggunakan air yang telah dicampur dengan insektisida sebatas leher selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu biarkan tersebut mengering secara alami

3. Pengolahan Media Tanam 

Setelah menyiapkan bibit Anda dapat menyiapkan dan mengolah media tanam yang akan anda gunakan. Pisang umumnya ditanam di lahan yang cukup luas dengan jarak yang tidak terlalu jauh antar pohonnya, namun jika anda menanam pisang di pekarangan rumah bahan yang tepat pilih tanah yang subur lembab dan juga gembur sehingga bagus untuk ditanami pohon pisang.

 4. Penanaman Bibit Pisang 

Cara tanam pohon pisang yang bagus juga harus mempertimbangkan kondisi cuaca. Penanaman pisang yang bagus sebaiknya dilakukan di bulan September hingga Oktober. Pada bulan-bulan tersebut merupakan kondisi yang sangat bagus yaitu menjelang musim penghujan. Untuk penanamannya sendiri Anda dapat membuat lobang dan beri pupuk organik atau pupuk kandang  pada lubang tersebut. Selanjutnya masukkan bibit ke dalam lubang tersebut dan timbun bagian bawahnya menggunakan tanah.


5. Pemeliharaan Tanaman Pisang 

Untuk pemeliharaan tanaman pisang Anda dapat melakukan penjarangan penyiangan perempelan dan hubungkan lanjutkan dengan pengairan dan juga penyiraman serta pemeliharaan buah pisang. Cara menanam pisang yang benar tentu akan menghasilkan buah pisang yang bagus dan banyak. Untuk pemeliharaan buah, potong jantung pisang jika jaraknya sudah cukup jauh dari sisir pisang. Bungkus buah pisang tersebut menggunakan kantong plastik atau karung. Anda dapat mengecek buah pisang yang sudah anda bungkus dengan plastik atau karung tersebut dalam kurun waktu tertentu jika buah pisang tampak sudah cukup tua dan ada beberapa yang sudah matang, Anda dapat menebang pohon pisang tersebut. Buah pisang umumnya dapat dipanen setelah berumur 100 hingga 120 hari.

Panduan cara menanam pisang terbaru di atas dapat digunakan sebagai cara menanam pisang ambon, pisang kepok, pisang raja, pisang cavendish, dan pisang barangan agar cepat berbuah dan berbuah lebat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel