Perbedaan antara Kambing dan Domba

Perbedaan antara Kambing dan Domba yang perlu Anda ketahui


 Tahukah Anda perbedaan kambing dengan domba? Beberapa orang mungkin menganggapnya sama. Dilihat dari bentuk fisiknya, beberapa perbedaan antara domba dan kambing tidak terlalu terlihat. Namun, jika Anda teliti, Anda akan menemukan beberapa hal menarik.




Pertama, domba tidak memiliki jenggot yang tergantung di bawah dagunya, sedangkan kambing, terutama kambing jantan, memiliki jenggot. Inilah perbedaan yang sangat mencolok antara kambing dan domba.

Beda kambing dan domba lainnya adalah adanya celah bibir atas pada domba. Namun bibir kambing tidak memiliki celah sama sekali, jika dilihat dari tanduk kedua hewan ini, tanduk kambing tampak meliuk ke kiri, sedangkan tanduk domba lebih terlihat seperti bentuk ulir ke kanan. Ekor domba biasanya lurus ke bawah sedangkan ekor kambing di atas, hal-hal tersebut harus diketahui terlebih dahulu sebelum dapat diketahui perbedaan antara kambing dan domba.

Dari segi bau, domba tidak memiliki bau yang menyengat, sedangkan kambing khususnya kambing jantan memiliki bau yang menyengat. Hal ini disebabkan adanya kelenjar bau pada keempat kaki kambing. Sebaliknya, kaki domba tidak memiliki kelenjar pengharum. Dalam hal makanan, domba biasanya tidak rewel tentang makanan dan melahap semua rumput, sedangkan kambing hanya mencari daun untuk dimakan.

Perbedaan yang mudah ditemukan ada pada bulu kambing dan domba. Bulu kambing lurus dan tidak perlu dicukur, bahkan tidak panjang lebar. Sedangkan domba memiliki bulu yang keriting dan biasanya dicukur saat tebal untuk dijadikan wool. Saat rambut kedua hewan dicukur, mereka sulit dibedakan dan terlihat sangat mirip.


Perbedaan Telinga Kambing dan Domba


Perbedaan lainnya adalah telinga kambing sebagian besar menjuntai dan panjang, sedangkan telinga domba mengarah lurus ke atas, kelenjar aroma kambing di bawah ekornya berbau lebih menyengat, domba tidak.
Telinga domba jauh lebih kecil daripada telinga kambing dan terletak di bawah tanduk besar, telinga terlihat seperti kerucut kecil.

Perbedaan Tanduk  Kambing dan Domba

Tanduk kambing dan domba berbeda. Kambing memiliki tanduk yang mengarah ke atas atau ke samping, sedangkan tanduk domba yang melengkung, sehingga tidak semua domba memiliki tanduk.
Tanduk kambing lebih kecil dari tanduk domba.

Tanduk domba yang tajam dan melingkar, sedangkan tanduk kambing menyerupai tanduk sapi yang runcing ke atas.

Perbedaan Tubuh Kambing dan Domba

Ukuran tubuh kambing terlihat lebih ramping dibandingkan dengan ukuran tubuh domba. Tubuh kambing lebih besar tetapi lebih ramping dari pada domba.Tubuh domba lebih pendek tetapi lebih besar dari kambing, terutama bagian perutnya.

Perbedaan Daging Kambing dan Domba

Domba umumnya lebih banyak, sedangkan daging kambing lebih sedikit, tetapi "lebih berat" atau lebih tebal dari domba.

Perbedaan Ekor Kambing dan Domba

Ekor domba selalu menjulur ke bawah sedangkan kambing mencuat ke atas, kecuali jika sedang takut, sakit, atau dalam kesulitan.

Perbedaan Kebiasaan Makan Kambing dan Domba

Perbedaan penting lainnya dari domba dan kambing adalah kebiasaan / kebiasaan mereka dalam mencari dan memilih makanan. Kambing mencari makan, daun segar, mudah makan tegak dan suka daun. Mereka cenderung sangat gesit. Sedangkan domba yang biasanya merumput mencari rumput yang pendek hampir di tanah.

Perbedaan Cara Makan Kambing dan Domba

Kambing biasanya memakan daun dan pucuk segar dan memakannya sambil berdiri, sedangkan domba makan dan mencari rumput pendek di tanah.

Perbedaan Tingkah Laku Kambing dan Domba

Ada beberapa perbedaan perilaku antara domba dan kambing. Kambing cenderung berperilaku serius dan mandiri, sedangkan domba lebih tergantung dan jauh. Domba memiliki perasaan yang lebih kuat karena berada dalam kelompok dan sangat gelisah ketika dipisahkan dari kawanannya dan menjadi penjinak. Kambing mencari perlindungan lebih cepat dari pada domba, mereka tidak suka jika kakinya basah, sehingga mereka mencari rumput di tempat yang lebih tinggi.


Demikian artikel mengenai perbedaan kambing dan domba. Siklus hidup kambing / daur hidup kambing dan domba hampir mirip, yang berbeda adalah periode waktunya saja. Sudah tidak penasaran lagi kan? Tahun ini menyebelih kambing kurban atau domba ya? Hubungi Madani Farm untuk memesan dan membeli kambing dan dombamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel