Jangan Sampai Terkecoh, Ini Harga Anak Kambing Umur 2 Bulan di Pasaran

Apakah kamu pernah pergi ke daerah pedesaan yang banyak warganya punya hewan ternak? Maka kebanyakan yang kamu lihat adalah kambing. Hewan ternak tersebut memang banyak diternakkan di Indonesia, karena punya nilai ekonomi yang lumayan dan cara perawatannya pun mudah. Untuk para pemula, wajib tahu harga anak kambing umur 2 bulan di pasaran agar tidak salah beli jika ingin mulai beternak kambing.

Jangan Sampai Terkecoh, Ini Harga Anak Kambing Umur 2 Bulan di Pasaran


Kambing dan Nilai Lebihnya sebagai Hewan Ternak

Kenapa kambing banyak digemari oleh para peternak? Alasan yang paling banyak dikemukakan adalah cara merawatnya yang mudah. Kambing sendiri punya kemampuan adaptasi yang bagus, apalagi iklim di negara ini sangat mendukung untuk perkembangbiakan hewan ternak tersebut. 

Faktor kondisi alam juga sangat berpengaruh, dimana masih banyak wilayah subur yang cocok untuk dijadikan. tempat beternak kambing. Selain itu, kambing punya ukuran yang tidak terlalu besar. Sehingga proses perawatannya pun lebih mudah. Walaupun begitu, nilai ekonomi dari hewan ternak tersebut tetap bagus jika dijual ke pasaran.

Kambing juga termasuk hewan yang mudah dicari pakannya. Dari rerumputan, tumbuhan, sayur, maupun campuran pakan lain, kamu akan dengan mudah menemukannya di lingkungan sekitar. Saat berkembangbiak pun, kambing biasanya akan melahirkan lebih dari satu anak, tentu sangat menguntungkan bukan? Yuk, lihat harga anak kambing umur 2 bulan sebagai bibitnya. 

Jenis-Jenis Kambing Ternak di Indonesia

1. Kambing Etawa

Kamu mungkin sudah familiar dengan kambing etawa. Jenis ini merupakan salah satu yang punya kualitas bagus. Karena ukurannya yang besar, maka daging dan susu yang dihasilkan pun ikut besar pula.Berkaca pada hal itu, harga jenis kambing ini pun ikut tinggi, bahkan yang masih berusia 2 bulan. Tapi, jika bisa dirawat dengan baik, hasil yang didapat pun juga lumayan.

2. Kambing Gibas

Kambing jenis ini juga dikenal sebagai kambing gimbal, karena punya bulu yang tebal. Banyak orang juga yang suka membeli kambing jenis ini untuk diternakkan. Kemampuan adaptasi dari kambing ini yang patut diacungi jempol. Jadi, akan sangat mudah bagi para peternak untuk merawatnya. Ada dua jenis kambing gibas, ada yang berekor gemuk dan berekor tipis. 

3. Kambing Jawa

Kamu juga pasti sering melihat kambing jawa. Karena kambing ini juga populer di kalangan peternak. Cirinya adalah punya bulu yang tidak tebal. Variasi warna kulit kambing ini juga beragam, dari putih, coklat, hingga hitam. Kamu akan dengan mudah menemukan jenis kambing ini, karena memang harga anak kambing umur 2 bulan juga lumayan di pasaran. 

4. Kambing Boer

Jika berbicara tentang kambing pedaging, kambing boer mungkin menjadi pilihan terbaik. Kambing jenis ini punya daging yang banyak. Pertumbuhannya pun sangat pesat. Bagi kambing jantan dewasa, berat tubuhnya bisa mencapai 150 kg. Sementara, kambing betina dewasa bisa mencapai 90 kg. Untuk itu, kambing ini juga banyak diternakkan di sini. 

Jangan Sampai Terkecoh, Ini Harga Anak Kambing Umur 2 Bulan di Pasaran


Harga Anak Kambing Berumur 2 Bulan

Harga anak kambing umur 2 bulan di pasaran cukup beragam, tergantung jenis dan lokasinya juga. Namun, untuk kisaran harga pasaran, rata-rata tidak jauh berbeda. Harga anak kambing yang umurnya sekitar 2 bulan untuk Kambing Etawa mulai dari Rp. 2.200.000, Kambing Peranakan Etawa (PE) Rp. 1.100.000, Kambing Gibas mulai dari Rp. 600.000, Kambing Jawa mulai dari Rp. 1.300.000, Kambing Boer mulai dari Rp. 3.000.000. 

Potensi peternakan kambing di Indonesia memang positif, apalagi iklim dan lingkungan sangat mendukung budidaya peternakan hewan tersebut. Untuk memulai beternak, lebih baik untuk memilih anak kambing kecil sebagai bibit. Harga anak kambing semacam itu juga relatif lebih rendah daripada yang dewasa.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel