Rekomendasi Obat Sakit Mata Kambing , Peternak Wajib Tahu!


Sakit mata pada kambing, bisa jadi masalah tersendiri bagi para peternak. Kambing yang terkena sakit mata biasanya disebabkan oleh mikroorganisme patogen, benda asing, perubahan iklim, atau bahkan trauma. Penyakit mata pada kambing pada umumnya seperti belekan atau pink eye. 

Penyakit mata pada kambing cenderung susah di obati dan lama untuk sembuh. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika hewan ternak anda terkena penyakit mata dengan menggunakan obat sakit mata kambing. Simak dalam artikel berikut ini tentang cara mudah mengobati penyakit pada mata kambing serta bagaimana cara bekerja penyakit tersebut.

Rekomendasi Obat Sakit Mata Kambing , Peternak Wajib Tahu!


Cara Mudah Mengobati Penyakit pada Mata Kambing

Biasanya kambing yang terkena penyakit mata memiliki ciri-ciri seperti mata kambing mudah berair, terlihat memutih atau bahkan terlihat memerah. Maka jika terjadi seperti hal tersebut, maka gunakan cara di bawah ini, diantaranya:

1. Gunakan Obat Dumex

Salah satu alternatif obat sakit mata kambing adalah dengan menggunakan dumex yang dapat kita temukan di warung-warung biasa atau di apotek. Obat ini biasanya digunakan untuk menyembuhkan luka luar seperti kena pisau dan benda-benda tajam lainnya. Obat ini berbentuk kapsul yang didalamnya berisi bubuk kunyit. 

Cara memberikan pada kambing yang kena penyakit mata adalah dengan mengeluarkan bubuk yang ada di dalam obat dumex, lalu campurkan dengan minyak goreng dan oleskan secukupnya pada mata kambing yang sakit. Cara ini bisa Anda lakukan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. 

2. Gunakan Antibiotik

Beberapa antibiotic yang sering digunakan untuk mengobati penyakit mata pada hewan ternak seperti kambing salah satunya adalah larutan zinc sulfat 2.5%, salep mata sulfathiazole 5%, bacitracin salep (R282) atau Anda dapat menggunakan kombinasi antara anti bakterial dengan anestesi lokal (R289) atau serbuk urea sulfa. 

Selain antibiotik diatas, Anda juga dapat menggunakan obat sakit mata kambing seperti tetracycline, oxytetracycline/polymyxin B, atau erythromycin salep. Cara menggunakannya yaitu diberikan 3-4 kali sehari. Atau gunakan juga larutan perak nitrat 1,5% yang di teteskan sebanyak 8-10 tetes, berikan 2-3 kali per minggu. 

3. Menggunakan Furazone Powder

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan obat sakit mata kambing yakni furazone powder atau penyuntikan LA 200 secara intramuskular atau dengan cara diteteskan pada mata kambing yang sakit. Cara ini memang memakan waktu sedikit lama untuk mendapatkan hasil. 

Rekomendasi Obat Sakit Mata Kambing , Peternak Wajib Tahu!



Cara Bekerjanya Penyakit Mata

Cara kerja penyakit mata pada kambing dapat bervariasi tergantung jenis penyakit dan penyebabnya. Seperti terjadinya infeksi akut sekresi mata yang bersifat purulen, gejala kondisi ini yakni kondisi bawah mata selalu basah dan takut cahaya.

Dalam kondisi ini kornea kambing terlihat keruh dan dapat meluas menutupi seluruh permukaan lensa mata, dan jika diamati terlihat bintik-bintik putih di tengah bola mata.

Lalu bintik putih yang menyebar tersebut akan semakin menebal dan menutupi permukaan kornea, dan mengakibatkan timbulnya cairan sehingga bulu mata lengket dan menyebabkan ketidaknyamanan pada hewan ternak kambing.

Nah, itulah ulasan tentang obat sakit mata kambing beserta cara kerjanya penyakit mata. Selalu ingat bahwa pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Dengan mengikuti cara dan tips diatas, dapat membantu mengatasi sakit mata pada hewan ternak kambing Anda. Pastikan juga untuk menggunakan porsi dan takaran yang sesuai dengan kondisi mata kambing Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel