Inilah Obat Batuk Kambing dari Ramuan Herbal, Mudah Dibuat!

 Batuk dan pilek biasanya sering terjadi jika cuaca sedang tidak bersahabat, atau bisa saja terinfeksi oleh virus. Tidak hanya manusia, hewan ternak seperti kambing juga rentan terkenal oleh batuk. Daripada langsung membeli obat-obatan yang mungkin tidak cocok dan memiliki efek samping, menggunakan ramuan herbal dapat menjadi langkah pertama untuk mengobati kambing yang batuk.

Penggunaan obat batuk kambing dengan ramuan herbal bisa menjadi alternatif untuk Anda yang sedang menghemat budget untuk hewan ternak. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa ramuan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah batuk pada kambing.

Inilah Obat Batuk Kambing dari  Ramuan Herbal, Mudah Dibuat!


Cara Membuat Obat Batuk Kambing dari Ramuan Herbal 

baca juga: Manfaatkan Ramuan Tradisional sebagai Alaternatif Obat Kambing Mencret Ampuh

Kambing yang sering terkena penyakit biasanya disebabkan oleh pakan hijau yang basah. Di saat musim hujan tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para peternak. Selain faktor pakan, biasanya kambing yang terkena batuk disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan akibat adanya bakteri, virus atau bahkan parasit, penyakit ini menjadi penyebab paling umum. Maka dari itu, penggunaan obat batuk kambing sangat diperlukan.  

Namun, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari obat batuk kambing yang ampuh. Hanya dengan menggunakan ramuan herbal dengan bahan-bahan alami yang sering dijumpai di pasar atau sekitar rumah. Berikut cara membuat ramuan herbal untuk kambing, diantaranya:

1. Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah untuk didapatkan, yaitu beras dan kencur. Kedua bahan tersebut dicuci sampai bersih. Lalu ada tambahan bahan lain seperti gula merah, gula pasir, jahe, dan garam yang harus direbus sampai larut.



2. Rendam Beras Kencur


Ambil sejumlah beras dan kencur yang cukup sesuai dengan keperluan ternak kambing yang sedang batuk. Dan jumlahnya tergantung pada ukuran kambing atau seberapa serius batuknya. Rendam beras dalam air bersih selama satu jam, tujuan dari merendam beras ini adalah untuk melembutkan beras agar lebih mudah untuk di olah.

3. Campurkan Bahan


Langkah ketiga potong kecil kecil kencur yang sudah dibersihkan dari tanah sampai sekiranya bisa dihaluskan. Lalu, beras yang sudah direndam selama satu jam sebelumnya diblender bersama dengan bahan bahan lain seperti kencur, gula merah, gula pasir, jahe, dan garam.

4. Penyaringan


Setelah bahan-bahan yang diblender sudah halus, kemudian saring dengan kain halus atau alat penyaring lain. Lalu, peras ramuan yang sudah diblender sebelumnya sampai ampas terlihat kering dan tidak ada lagi carian yang tersisa Tujuan dari dilakukannya penyaringan dalam ramuan herbal ini adalah agar ampas tidak ikut tertelan saat memberikan ramuan ini pada kambing.
Inilah Obat Batuk Kambing dari  Ramuan Herbal, Mudah Dibuat!



5. Cara Menggunakan


Ramuan herbal yang sudah diolah sebelumnya lalu diseduh dengan air panas, lalu aduk hingga rata. Pastikan tidak ada ampas yang masih tersisa di ramuan herbal tersebut. Ramuan yang sudah diseduh tersebut tidak langsung diberikan kepada kambing, namun Anda harus menunggunya sampai dingin sebelum diminum oleh kambing.

6. Perhatikan perubahan


Amati ternak kambing yang sudah diberi obat batuk kambing selama beberapa hari setelah memberikan ramuan beras kencur. Jika batuknya tidak membaik atau bahkan memburuk, segera konsultasikan dengan dokter hewan atau peternak-peternak lain yang lebih mengerti. Tentunya mereka akan memberikan diagnosis yang lebih akurat dan perawatan yang sesuai jika diperlukan.

Mengobati batuk pada kambing dengan ramuan herbal dapat menjadi alternatif yang efektif dan alami. Namun, sebelum menggunakan ramuan herbal apa pun, selalu pastikan dengan takaran yang pas sekiranya tidak lebih dan juga tidak kurang. Nah, itulah cara membuat obat batuk kambing dengan bahan-bahan alami yang dapat Anda terapkan jika ternak kambing Anda terkena batuk. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel