Kulit Domba Vs Kulit Sapi, Mana Bahan Terbaik untuk Jaket ?

 Kulit Domba Vs Kulit Sapi, Mana Bahan Terbaik untuk Jaket ?

Jaket kulit menjadi salah satu item fashion yang digandrungi oleh banyak orang. Bahan kulit yang digunakan tidak pernah terkesan ketinggalan zaman, bahkan dapat membuat penampilan terlihat semakin stylish. Umumnya, bahan kulit yang paling banyak digunakan adalah kulit domba dan sapi. Sehingga banyak muncul pertanyaan mana lebih baik antara kulit domba vs kulit sapi untuk jaket ?

Untuk memahami jaket kulit mana yang lebih baik dipilih, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara jaket kulit domba dan sapi. Pasalnya tidak sedikit orang yang ternyata tidak dapat membedakan keduanya karena dinilai cukup mirip. Tidak perlu berlama-lama, yuk simak perbedaannya berikut ini.

Kulit Domba Vs Kulit Sapi, Mana Bahan Terbaik untuk Jaket ?


Perbedaan Jaket Kulit Domba dan Sapi

baca juga: Jaket Kulit Domba Asli Pria Berkualitas, Begini Kriteria yang Wajib Diperhatikan!

1. Tingkat Kelenturan Jaket

Tingkat kelenturan jaket yang terbuat dari kulit domba akan berbeda dengan kulit sapi, karena pada dasarnya kulit domba memang berbeda dengan kulit sapi. Dimana bahan kulit domba akan terasa lebih lentur sehingga lebih mudah fit di tubuh. Potongannya akan mengikuti lekuk tubuh anda ketika digunakan.

Sementara itu, kulit sapi akan terasa lebih kaku dan pada beberapa bagian tertentu akan membentuk lekukan sendiri. Jadi untuk mengetahui aspek ini, maka cara paling mudah adalah dengan mencoba jaket secara langsung sehingga anda bisa tahu lebih jelas mengenai kelenturan bahannya.

2. Tingkat Ketebalan Jaket

Selain tingkat kelenturan jaket, anda juga bisa membedakan kulit domba vs kulit sapi dari tingkat ketebalannya. Jaket dengan kulit sapi yang asli akan lebih berat sehingga terasa hangat, sangat cocok digunakan di luar ruangan saat musim dingin. Namun jika menggunakannya saat matahari sedang terik-teriknya mungkin bukan ide yang bagus.

Sedangkan jaket kulit domba cenderung tidak terlalu tebal, meskipun masih lebih tebal dari jaket imitasi. Karena itulah, jaket pun terasa ringan dan cocok digunakan di ruangan tertutup. Jaket seperti ini sangat pas dipakai saat musim hujan di daerah tropis seperti Indonesia.

3. Tingkat Kecerahan Warna

Perbedaan berikutnya dapat dilihat pada tingkat kecerahan warnanya. Jaket yang dibuat dari kulit domba biasanya mempunyai warna yang lebih terang, warnanya hidup dan seolah terlihat lebih mengkilap. Dengan karakteristiknya yang demikian, jaket kulit domba akan membuat style anda menjadi lebih kasual dan fresh, sangat cocok digunakan sehari-hari.

Di lain sisi, jaket kulit sapi punya warna yang cenderung lebih gelap dan redup. Ini membuatnya dapat memberikan kesan mewah dan elegan bagi orang yang memakai. Kelemahannya, anda harus pintar mix and match outfit agar tidak terlihat berlebihan apabila ingin menggunakannya sekadar untuk hangout santai bersama teman.

Kulit Domba Vs Kulit Sapi, Mana Bahan Terbaik untuk Jaket ?


4. Tekstur Jaket

Tekstur jaket juga bisa menjadi salah satu aspek yang diperhatikan untuk membedakan kulit domba vs kulit sapi. Seperti apa ? Jika diperhatikan secara seksama dan merabanya, anda akan tahu bahwa jaket kulit domba lebih lembut dan halus. Sementara itu, jaket kulit sapi punya tekstur yang cenderung lebih kasar dan tegas.

Oleh karena, jaket kulit domba bisa dibilang lebih fleksibel karena dapat digunakan untuk acara formal maupun semi formal. Dengan teksturnya yang demikian, jaket dari bahan kulit domba lebih mudah untuk dipadu padankan bersama berbagai macam outfit.

5. Pori-Pori Kulit

Dengan perbedaan tekstur, ternyata kulit domba dan kulit sapi memiliki pori-pori kulit yang berbeda pula. Percaya atau tidak, banyak pakar menyebutkan bahwa jaket dengan pori-pori yang rapat punya kualitas satu tingkat lebih baik. Dimana dalam hal ini kulit domba diketahui punya tingkat kerapatan pori-pori lebih tinggi dari kulit sapi.

Dari ulasan di atas, menurut anda mana yang lebih baik antara kulit domba vs kulit sapi ? Sebenarnya keduanya sama bagusnya, karena jaket kulit asli mampu memberikan kesan yang elegan sekaligus mewah bagi penggunanya. Namun jika anda ingin jaket kulit yang bagus, fleksibel, dan dapat digunakan sehari-hari, maka jaket kulit domba dapat menjadi pilihan ideal. Jual beli jaket kulit asli dengan harga murah melalui Shopee.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel