Manfaatkan Ramuan Tradisional sebagai Alaternatif Obat Kambing Mencret Ampuh

 Kambing adalah salah satu hewan ternak yang sering dipelihara karena memiliki sejumlah manfaat yang beragam, seperti daging, susu, dan lainnya. Namun, seperti hewan lainnya, kambing juga rentang mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah diare atau mencret.

Mencret pada kambing dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan pakan, infeksi, faktor cuaca, dan lain lain. Untungnya ada beberapa obat kambing mencret ampuh yang terbuat dari ramuan tradisional, dan dapat kamu racik sendiri sesuai kebutuhan ternak kambing. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara mengatasi kambing mencret dengan obat tradisional

Manfaatkan Ramuan Tradisional sebagai Alaternatif Obat Kambing Mencret Ampuh


Obat Tradisional Ampuh untuk Kambing Mencret

  1. Gunakan Bahan-Bahan Alami

Obat kambing mencret ampuh yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami yang dapat kamu temukan di sekitar rumah. Bahan-bahan alami tersebut dapat berupa daun jambu biji, kunyit, jahe, garam, air kelapa, arang kelapa atau kayu, dan lain-lain

Penggunaan bahan-bahan alami dinilai lebih aman digunakan dibandingkan dengan obat-obatan yang mengandung bahan kimia. Namun jika kondisi diare pada ternak kambing Anda parah, segera konsultasikan ke dokter hewan atau tanyakan pada peternak-peternak yang lebih berpengalaman. 

  1. Tumbukan Daun Jambu dan Kunyit

Daun jambu biji memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengatasi infeksi pencernaan yang mungkin menjadi penyebab diare pada kambing. Caranya adalah cuci beberapa lembar daun jambu biji , lalu rebus dalam air dan hiarkan airnya sampai dingin, dan tumbuk sampai halus. Selain daun jambu biji, obat kambing mencret ampuh yaitu dengan menambahkan kunyit dalam ramuan jambu biji tersebut. 

Kunyit dinilai memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Langkah berikutnya adalah campurkan ramuan rebusan jambu biji tadi dengan kunyit yang sudah ditumbuk halus juga. Pastikan kunyit harus diberikan dengan hati-hati dalam jumlah yang sesuai, karena terlalu banyak juga dapat menyebabkan iritasi pada lambung ternak kambing Anda

  1. Tumbukan Daun Jambu Biji dengan Arang Kelapa 

Bubuk arang kelapa atau kayu dinilai memiliki kemampuan untuk menyerap racun bakteri dalam saluran pencernaan. Campurkan beberapa sendok makan bubuk arang kayu dengan tumbukan daun jambu biji, lalu campur dengan air hingga membentuk seperti pasta. Kemudian campuran tersebut cekokin pada ternak kambing yang sedang diare tersebut.

Penanganan diare dengan ramuan tradisional ini sangat mudah untuk di buat, dan tidak memerlukan banyak biaya untuk membeli obat kambing mencret ampuh.

  1. Menggunakan Obat Oralit Alami

Selain ramuan tradisional, kamu juga dapat menggunakan oralit sebagai obat kambing mencret ampuh. Caranya adalah dengan menggunakan 1 sendok garam, 1 sendok makan gula, dan 1 liter air, lalu campur hingga larut. 

Seperti pada ramuan tradisional, oralit alami juga memiliki takaran sebelum di minum oleh ternak. Pastikan bahan-bahan tersebut sudah tercampur rata, lalu larutan tersebut diberikan 1/6 dari berat total kambing. Sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan takaran larutan oralit alami dengan sesuai. 

Manfaatkan Ramuan Tradisional sebagai Alaternatif Obat Kambing Mencret Ampuh


  1. Kurangi Jumlah Pakan Hijau

Jika kambing Anda mengalami diare, sebaiknya kurangi terlebih dahulu jumlah pakan hijau seperti rumput dan dedaunan lainnya. Terlalu banyak pakan hijau dapat menjadi penyebab diare pada kambing. Maka berikan lebih banyak serat dan pakan kering seperti Jerami atau rumput kering.

Nah, itu tadi ulasan singkat tentang cara ampuh mengatasi kambing mencret dengan obat tradisional. Penting untuk diingat bahwa penggunaan obat tradisional harus digunakan dengan bijak sesuai dengan takaran, dan juga obat tradisional ini sebagai langkah pertama dalam mengatasi diare pada kambing. Maka dari itu, gunakan bahan-bahan alami dalam obat kambing mencret ampuh agar lebih aman diminum oleh hewan ternak Anda. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel