Kulit Domba Bisa Dibuat untuk Kerajinan, Begini Caranya!

Menggunakan produk berbahan kulit menjadi favorit bagi sebagian orang. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis kulit hewan bisa dijadikan sebagai kerajinan atau produk fashion. Salah satu kulit hewan yang bisa dimanfaatkan yaitu kulit domba. Kulit domba bisa dibuat untuk kerajinan yang sangat unik dan menarik. Berikut proses pembuatannya! 

Kulit Domba Bisa Dibuat untuk Kerajinan, Begini Caranya!


Apa Itu Kerajinan Kulit? baca juga: 4 Tips Menentukan Lokasi Jual Jaket Kulit Domba yang Berkualitas

Sebelum mengetahui tentang keunggulan yang dimiliki kulit domba ketika dijadikan kerajinan, Anda perlu mengetahui pengertian tentang kerajinan kulit. Kerajinan yang satu ini merupakan sebuah karya seni yang dibuat dengan menggunakan bahan dasar kulit. Jenis kulit yang umumnya digunakan diantaranya ada kulit sapi, ular, kambing, buaya dan domba.

Kemudian untuk bentuk kerajinan yang bisa didapatkan diantaranya ada ikat pinggang, jaket, lukisan, dompet hingga hiasan dinding. Karena bahan produksi yang cukup sulit ditemukan, membuatnya hadir dengan kualitas tinggi. Jadi tidak heran jika harga jual dari produk yang satu ini cukup mahal dibandingkan dengan kerajinan berbahan lainnya. 

Keunggulan Bahan Kulit Domba

Salah satu bahan produk kerajinan berkualitas yang bisa dijadikan pilihan yaitu kulit domba. Bahan yang satu ini banyak dijadikan pilihan oleh orang karena bisa diolah menjadi berbagai produk. Kulit domba bisa dibuat untuk kerajinan yang menarik dengan tekstur yang nyaman dan lembut. Anda bisa menjadikan bahan yang satu ini sebagai pilihan terbaiknya.

Produk kerajinan dari kulit domba yang bisa dijadikan pilihan adalah jaket. Kulit domba mampu menghadirkan keanggunan, kemewahan, ringan dan lembut. Jaket dengan bahan kulit domba bisa sangat nyaman digunakan miski dalam waktu lama. Seperti yang diketahui bahwa setiap kulit hewan memiliki kelebihan dan ciri khas masing masing.

Produk pertama yang bisa ditemukan dengan bahan kulit hewan adalah  jaket kulit. Harga yang ditawarkan untuk produk yang satu ini cukup mahal. Selanjutnya, Anda bisa memilih membuat kerajinan berupa tas dan dompet yang sangat eksklusif. Dompet dan juga tas ini bisa dijadikan sebagai produk kerajinan tangan yang sangat cantik dan indah.

Penggunaan kulit hewan ini dijadikan pilihan karena halus dan bisa bertahan dalam waktu lama. Kulit domba bisa dibuat untuk kerajinan seperti gantungan kunci. Banyak produsen yang memproduksi gantungan kunci berbahan kulit domba ini karena unik dan bisa bertahan dalam waktu lama. Apakah Anda sudah memiliki koleksi produk dari bahan kulit domba?

Kulit Domba Bisa Dibuat untuk Kerajinan, Begini Caranya!


Bagaimana Cara Pembuatannya?

Setelah mengetahui berbagai jenis kerajinan yang bisa dibuat dengan menggunakan kulit domba, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui bagaimana proses pembuatannya. Proses pembuatan kerajinan berbahan kulit domba ini dimulai dengan tahap pemilihan kulit mentah atau kulit split. Jika sudah, kulit ini kemudian diolah dengan menggunakan bahan kimia khusus.

Tujuan dari pemberian bahan tersebut adalah untuk melembutkan kulit. Proses perendaman dengan air juga dilakukan dalam waktu satu hari penuh atau lebih. Apabila kulit sudah kering, tipiskan dengan menggunakan pisau. Pastikan Anda memperhatikan tentang proses penipisan ini agar tidak ada rambut atau bahkan daging yang tersisa.

Proses penipisan dilakukan dengan membersihkan bagian dalam dan luar dari kulit. Apabila kulit sudah bersih maka dilanjutkan pada proses pengeringan dan kemudian dijemur di bawah sinar matahari. Dengan begitu maka kulit domba bisa dibuat untuk kerajinan yang berkualitas. Pastikan Anda memiliki koleksi produk kerajinan berbahan kulit domba ini!

Memilih kulit domba sebagai bahan produk pilihan tentunya menjadi keputusan yang tepat. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh bahan produksi kerajinan ini. Anda bisa menemukan banyak produk kerajinan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama kulit domba.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel