Takaran Susu SGM Untuk Anak Kambing dan Cara Pemberiannya, Mudah dan Aman!

 


Pada suatu kondisi, banyak peternak yang kesulitan untuk mendapatkan susu untuk anak kambing. Kondisi ini membuat seseorang harus mencari susu alternatif yang bisa digunakan. Walaupun formulanya diperuntukkan untuk manusia, ternyata susu ini juga bisa dimanfaatkan untuk anak kambing. Berikut ini takaran susu SGM untuk anak kambing dan cara memberikannya.

Takaran Susu SGM Untuk Anak Kambing dan Cara Pemberiannya, Mudah dan Aman!



Susu SGM Untuk Anak Kambing Sebagai Susu Alternatif


baca juga: Macam-macam Obat Mencret Kambing, Bisa Pakai Cara Tradisional!

1. Memberi Susu Secukupnya


Susu SGM merupakan jenis susu yang dikhususkan untuk manusia. Kandungan di dalamnya tidak sesuai dengan susu kambing asli. Nah, fakta ini membuat takar susu SGM untuk anak kambing harus diberi secukupnya saja. Jika memberikan susu terlalu banyak pada anak kambing, dapat menyebabkan diare atau bahkan gangguan pencernaan lainnya. Setidaknya cukup lima hari menggunakan susu ini, ya!


Selain itu, kamu juga harus mengecek tanggal kadaluarsa produk. Banyak orang memberikan susu SGM kadaluarsa untuk ternak, padahal susu bisa saja menggumpal dan mengandung bakteri. Kecuali jika kambing masih memiliki induk, maka susu SGM bisa dijadikan pengganti sesekali. Kamu juga bisa mengkonsultasikan ke dokter apabila kambing sudah tidak memiliki induk.


2. Menambahkan Protein Pada Susu


Sebelum memberikan susu SGM untuk anak kambing, sebaiknya berikan tambahan protein di dalamnya. Hal ini karena susu SGM hanya memiliki kandungan protein yang sedikit, yakni sekitar 7 sampai 10 %. Padahal anak kambing sedang membutuhkan protein yang tinggi. Jadi, kamu bisa menambahkan telur untuk menambah sumber proteinnya.


3. Diberi Tambahan Susu Segar


Agar kualitas susu yang diberikan tidak sepenuhnya untuk manusia, sebaiknya tambahkan susu segar dari induk kambing lain. Kamu bisa mendatangi peternak kambing atau bisa mendatangi para penjual susu segar. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa dengan mencampurkan keduanya secara langsung. Dengan demikian, kebutuhan anak kambing akan terpenuhi.



4. Memberi Takaran Sesuai Umur


Selain kita harus memperhatikan frekuensi pemberian susu. Kita juga harus memberikan takaran susu yang tepat. Sesuai dengan umur anak kambing masing-masing. Hal ini untuk menghindari susu yang diberikan berlebihan dan menyebabkan anak kambing diare.


Untuk anak kambing dengan usia satu hingga tiga hari, sebaiknya cukup beri susu sebanyak 150 ml selama empat hari. Untuk anak kambing berumur empat sampai sepuluh hari, cukup berikan 300 ml susu selama empat hari. Kemudian untuk anak kambing berusia sepuluh sampai empat belas hari, sebaiknya cukup beri 400 sampai 500 ml selama tiga hari.


5. Mencoba Merk Lainnya


Menggunakan susu SGM sebagai susu pengganti sebenarnya memiliki resiko. Salah satunya, dapat menyebabkan anak kambing diare. Tentu ini bisa mengganggu anak kambing dapat berumur panjang. Maka, jika setelah menggunakan susu SGM anak kambing diare, segera ganti dengan merek lainnya.


Nah, beberapa merek yang bisa kamu coba yaitu susu kalvolac. Susu ini juga ramai digunakan oleh masyarakat sebagai susu pengganti. Bahkan produk ini diproduksi dari Belanda, loh. Jika kamu ingin mencari merk yang anti mencret, bisa memilih Dufafeed. Susu ini berasal dari Jerman yang kaya dengan nutrisi yang cocok untuk kambing. 


Itulah takaran saat memberi susu SGM untuk anak kambing. Selain takaran, kita juga  harus memperhatikan frekuensi pemberian dan memberikan tambahan asupan gizi yang dibutuhkan anak kambing. Dengan mengikuti cara-cara di atas, maka kamu bisa menjadikan susu SGM sebagai alternatif bagi anak kambing. Jadi, apa menurutmu susu SGM masih efektif untuk jadi susu pengganti?


Takaran Susu SGM Untuk Anak Kambing dan Cara Pemberiannya, Mudah dan Aman!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel