Ingin Ternak Domba? Yuk Intip Harga Domba Garut Umur 3 Bulan yang Wajib Kamu Ketahui!


Peternak pemula seringkali kebingungan dalam memilih domba yang akan dirawat. Pada semua jenis domba, khususnya domba garut sebenarnya baru layak jual ketika mencapai umur 1-1,5 tahun. Dalam pemeliharaannya, domba umur 0-3 bulan masih membutuhkan induk dan harus menyusu. Tapi domba diusia ini biasanya dijadikan sebagai pilihan peternak dengan membeli induknya sekaligus. Harga domba garut umur 3 bulan ini memang relatif murah.

Ingin Ternak Domba? Yuk Intip Harga Domba Garut Umur 3 Bulan yang Wajib Kamu Ketahui!


Penasaran dengan harganya? Simak yuk!

  1. Bibit dengan anak tunggal 

Domba usia 3 bulan kebanyakan diperjualbelikan secara menyatu dengan induknya atau biasa disebut bibit anak (bitnak). Indukan yang pertama kali melahirkan lebih sering masuk pada kelompok kelas C yaitu dengan berat 25-39 kg. Indukan yang telah memiliki anak umur 3 bulan biasanya sudah mulai kawin lagi dan tidak sedikit yang dijual dengan keadaan ngidam atau awal kehamilan baru. 

Bibit atau induknya diperjualbelikan dengan anak domba yang berusia 3 bulan ini biasanya memiliki ciri bahwa induknya masih baru 1 kali laktasi, atau tidak mencapai 4 kali laktasi. Tinggi badan tentunya bervariasi dengan berat badan yang dimiliki oleh domba tersebut. Harga domba garut umur 3 bulan yang berada di Kelas C memiliki harga berkisar di 4 juta rupiah. 

  1. Bibit dengan 2 anak jantan dan betina 

Domba umur 3 bulan juga biasanya dijual dengan indukan serta anakan lainnya. Indukan dengan 2 anak domba pasangan yaitu jantan dan betina. Bibit anak atau bitnak ini sering menjadi inceran peternak pemula karena sangat menguntungkan dan tentunya harganya masih relatif murah. Pada umumnya satu domba garut dengan umur 9 tahun keatas memiliki harga yang mahal dan tidak cocok untuk pemula dengan modal sedikit.

Harga domba garut umur 3 bulan jantan dan betina ditambah dengan induknya, memiliki harga yang berkisar pada 5,5 juta rupiah. Induk dengan 2 anak atau bahkan lebih biasanya masih berada di kelompok kelas C. Bagi indukan domba yang baru awal laktasi atau dua kali laktasi, hanya memiliki bobot sekitar 25-39 kg. Namun domba garut kelas C sudah cukup bagus untuk awalan bagi peternak pemula.

  1. Anak Domba Garut berumur 3 Bulan

Anak domba berumur 3 bulan tanpa indukan juga tidak kalah banyak peminatnya. Selain pembelian bibit anak, pemula juga biasanya membeli kambing pada usia kurang dari 1 bulan dengan jumlah pembelian yang sangat banyak. Anakan domba pada umur 3 bulan bisa dijadikan alternatif untuk kalian yang ingin memelihara banyak dengan modal rendah loh! 

Harga domba garut umur 3 bulan per oktober 2023 berkisar pada 1,2-1,7 juta. Tentunya harga disesuaikan pada bobot yang telah dimiliki oleh domba itu sendiri. Terdapat domba umur 3 bulan yang memiliki bobot yang montok, ada juga domba yang masih cukup kecil. Sehingga berpengaruh pada patokan harga domba garut ini. 

Dari penjelasan diatas menurut kalian lebih cocok yang mana untuk pemula? Harga domba garut umur 3 bulan sangat relatif murah bukan? Domba garut pada kelas A dan B memiliki harga yang mahal loh! Jadi lumayan untuk investasimu dengan membeli domba kecil dan dirawat dengan baik. Domba garut dengan perawatan yang intensif akan memiliki bentuk yang bagus. Tidak membutuhkan waktu lama, setahun domba garut ini juga sudah terlihat hasilnya loh!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel