Waspada Kutu Bikin Kambing Kurus! Berikut Obat Kutu Kambing Paling Ampuh


Parasit kutu dapat menjangkit siapapun terutama hewan ternak, apalagi jika hewan ternak tersebut kurang terjaga kebersihannya. Hewan ternak yang terjangkit kutu tentu saja tidak akan merasa nyaman bahkan dapat mengganggu pertumbuhan mereka. Menyiasati hal tersebut perlu dilakukan pembasmian kutu dengan obat kutu kambing paling ampuh berikut ini!

Waspada Kutu Bikin Kambing Kurus! Berikut Obat Kutu Kambing Paling Ampuh


Beberapa Cara Serta Obat Pembasmi Kutu

baca juga: Rumput Pakchong Untuk Kambing Pakan Ternak Favorit Sapi Dan Kambing Yang Kaya Akan Nutrisi

1. Menggunakan Ramuan Herbal

Ramuan herbal tidak lepas dari penyelesaian permasalahan hidup sekalipun di tengah maraknya berbagai macam produk kimia yang menawarkan penyelesaian secara instan dan cepat. Biofarmaka, nama dari ramuan herbal yang pembuatannya dapat dilakukan di rumah. Cara penggunaan ramuan ini dengan cara disemprotkan ke tubuh kambing seusai mandi dan dilakukan setiap hari.

Adapun bahan yang dibutuhkan antara lain : daun tembakau atau tembakau kering 5 lembar, daun mimba 5 lembar, biji pepaya 3 sendok, buah pinang 3 buah, dan air bersih. Selanjutnya cara pembuatan, yakni tumbuk semua bahan lalu tambahkan air sesuai volume kemudian saring.

2. Menggunakan Kututox

Obat kutu kambing paling ampuh berikutnya adalah kututox dari produk medion. Obat ini tersedia dalam dua bentuk, yakin bentuk cair dan bentuk tabur. Disarankan memakai bentuk tabur karena penggunaannya cukup menaburkan obat tersebut pada bulu kambing yang terjangkit kutu.

Ada pengulangan pemakaian pada obat tersebut karena obat ini tidak memengaruhi telur kutu sehingga tiap 10 atau 14 hari dipersilahkan untuk menabur serbuk dari obat tersebut ke bulu kambing yang terjangkit. Sementara waktu terbaik pengobatan adalah musim panas atau saat populasi kutu kambing rendah.

3. Menggunakan Obat Sejenis Racun

Penanganan masalah kutu tidak berhenti di sana, masih ada obat atau cara penanganan lain guna membasmi kutu yang membandel. Kali ini obat kutu kambing paling ampuh jatuh pada obat sejenis racun insektisida. Obat ini tidak sejahat namanya karena nyatanya aman jika tak sengaja terjilat kambing. Untuh harga dari obat ini, yakni sekitar 15.000 per botol.

4. Menggunakan Obat Wormectin

Usai dengan obat luar, mari mencoba obat dalam yang dikabarkan cukup manjur untuk menangani masalah perkutuan ini. Obat tersebut bernama wormectin, obat dalam yang cara penggunaannya dengan suntik. Harga dari obat ini sekitar 12.000 per pcs terlihat lebih murah ketimbang obat sebelumnya.

Cara pemakaian dari salah satu obat kutu kambing paling ampuh ini, yaitu dengan cara menyuntikkan obat tersebut pada kulit tetapi masih di luar daging. Menurut pengakuan dari beberapa orang yang telah menggunakan obat ini, wormectin disinyalir sangat manjur dalam pengusiran parasit kutu yang meresahkan seluruh umat ini. 



5. Menggunakan Kapur Ajaib

Pencarian obat yang manjur untuk mengusir kutu yang membuat kualitas hewan ternak menurun telah berada pada poin akhir. Kapur Ajaib digunakan dengan cara dicampurkan pada deterjen. Dikabarkan cara ini efektif untuk mengusir kutu pada kambing, namun menjadi obat yang cukup keras bila si peternak kambing tidak tega.

Namun bisa menggunakan opsi lain selain deterjen, yaitu sampo. Dengan sampo kambing akan tercium lebih wangi dan bersih. Untuk merek deterjen maupun sampo bisa disesuaikan oleh si peternak sendiri. Saran akhir, jaga kebersihan kambing ya! agar para kutu yang merugikan ini tidak menjangkit kambing yang nantinya membuat kambing merasa tidak nyaman dan menurun kualitasnya.

Selesai sudah pembahasan mengenai obat kutu kambing paling ampuh beserta sedikit detailnya. Diharapkan pembahasan ini dapat memberikan pandangan atau opsi terbaik bagi anda yang sedang dilanda bingung akibat dari serangan kutu yang meresahkan. Sementara bagi peternak yang tidak mengalami peristiwa merugikan itu, senantiasa terus menjaga kebersihan hewan ternak kalian ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel