Berapa Harga Domba Umur 5 Bulan? Simak Jenis Dan Kelompoknya Disini!

 

Ingin memulai usaha ternak domba? Salah satu pertimbangannya adalah beli domba itu sendiri. Beli yang mana? Biasanya, peternak memulai dengan skala kecil dan membeli anakan domba. Tapi tahukah Anda berapa harga domba umur 5 bulan? Ternyata harganya bisa jutaan! Lantas beli yang mana? Coba simak ulasan jenis dan kelompok harga tersebut!

Berapa Harga Domba Umur 5 Bulan? Simak Jenis Dan Kelompoknya Disini!


Kisaran harga cempe domba 

baca juga: Cepat dan Mudah! Ini Cara Menghancurkan Kotoran Kambing Dengan Garam Untuk Diolah Menjadi Pupuk

Sebelum mencari tahu harga domba, lebih baik kenali dulu jenis domba apa saja yang tersedia di Indonesia. Ketahuilah jika di Indonesia terdapat setidaknya kategori domba lokal dan persilangan. Harga domba lokal tentu lebih terjangkau, tapi juga memiliki kualitas yang sedikit lebih rendah dari kategori persilangan yang lebih unggul. Apa saja jenisnya? 

Yang pertama adalah domba ekor kurus atau tipis, jenis domba lokal yang cukup sering ditemukan di Indonesia. Ciri cirinya adalah memiliki ekor kecil dan tipis dengan telinga lebar ke bawah. Warnanya bisa putih, coklat, atau hitam. Berapa harga anakannya? Untuk cempe ekor kurus, harganya masih ada di sekitar Rp 1.1 – 1.2 jutaan. 

Yang kedua adalah domba ekor gemuk. Yang jelas memiliki ciri ciri ekor lebih tebal atau gemuk. Yang menjadi pembeda adalah warna rambutnya cenderung putih dan betina atau jantannya tidak memiliki tanduk. Untuk harga domba umur 5 bulan tidak terlampau jauh dengan jenis ekor tipis. Yakni masih di angka Rp 1.7 – 1.8 jutaan. 

Ingin bibit yang lebih unggul? Anda bisa memilih domba persilangan yang cukup populer, yakni Merino dan Texel. Secara fisik, Texel punya tubuh yang lebih bongsor dengan warna bulu putih bersih atau hitam. Harga domba anakan biasanya mulai dari 1 jutaan dengan umur sekitar 6-9 bulan. Berbeda lagi dengan Merino. 

Domba Merino punya warna bulu mulai dari jingga, putih tulang, hingga coklat dan hitam. Ukurannya pun cukup besar dengan bulu yang cukup tebal. Bagaimana dengan harganya? Bergantung dengan bibitnya, domba ini memiliki harga yang fantastis. Bakalannya atau anakannya masih ada di angka sekitar 3,5 sampai 5 jutaan. 

Domba Garut juga bisa menjadi pilihan untuk produk ternak berkualitas. Banderol harga domba umur 5 bulan bergantung dengan jenis kelamin dan juga peranakannya. Jika Anda ingin membeli, siapkan biaya mulai dari Rp 3 jutaan. Biasanya domba ini punya ciri khas badan agak besar dengan tanduk yang besar pula. Ekornya pendek namun bulunya lebih panjang dan halus. 

Berapa Harga Domba Umur 5 Bulan? Simak Jenis Dan Kelompoknya Disini!


Yang mempengaruhi harga 

Jangan kaget jika harga dari domba berbeda setiap waktunya. Faktor yang berkaitan adalah teknis peternak dan lama penggembalaan. Faktor sosial dalam pengalaman beternak juga berpengaruh pada harga jual. Sedangkan faktor ekonomi adalah waktu penjualan domba. Namun secara umum, harga tersebut juga berkaitan dengan faktor kategori dan jenis domba itu sendiri. 

Seperti yang disebutkan jika domba di Indonesia ada domba lokal dan persilangan. Kualitas produk yang dihasilkan pun akan berbeda. Alhasil, harga domba pun berbeda. Begitu pula dengan jenis kelamin dari domba serta usianya. Domba anakan atau bakalan sering dijadikan opsi memulai bisnis. Karena itulah harga domba umur 5 bulan pun tidak akan sama dari waktu ke waktu. 

Ternyata beternak domba bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Harga bibitnya masih terjangkau dan cukup murah untuk para pemula. Jenis domba pun cukup banyak dengan kebutuhan kandang serta pakan yang cukup mudah diatasi. Jadi bagaimana? siap untuk mencoba? Jalani saja dulu! Domba bisa jadi usaha ternak yang menguntungkan jika berhasil!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel