Penataan Tempat Pakan Kambing yang Baik, Peternak Wajib Tahu!

 

Pakan merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pemeliharaan ternak, termasuk ternak kambing. Selain manajemen pemberian pakan yang baik, para peternak juga perlu memperhatikan penataan tempat pakan kambing. Kenapa ? Karena penataan yang tepat akan memudahkan pemberian pakan hingga mengontrol perkembangan hewan ternak. Oleh karena itu, yuk perhatikan ulasan berikut.

Penataan Tempat Pakan Kambing yang Baik, Peternak Wajib Tahu!


Penataan Tempat Pakan untuk Kambing

baca juga: Intip Manfaat Wormectin untuk Kambing, Benarkah Bisa Mengatasi Scabies ?

Tempat pakan dan minum untuk kambing bisa memiliki ukuran yang berbeda-beda, tergantung bentuk kandangnya. Lokasi meletakkannya pun cukup fleksibel, misalnya dibuat menempel pada dinding. Akan tetapi, aspek palungan sangat perlu diperhatikan untuk kapasitas atau jumlah pakan.

Dan pastikan bahwa tempat pakan tersebut tidak mudah tercecer, terjangkau oleh masing-masing ternak, serta tidak mudah terkontaminasi urine kambing. Ketinggian palungan ini biasanya sejajar leher bagian bawah untuk kambing perah. Ukuran standarnya yaitu tinggi dalam palungan adalah 50 cm, dengan bentuk trapesium yang mulutnya lebih lebar pada bagian atas.

Adapun lebar mulut palungan tempat pakan kambing yakni 30 cm di bagian atas dan 25 cm di bagian bawah. Dimana tinggi dasarnya sekitar 25 cm dari lantai kandang. Tentunya ukuran palungan untuk kambing perah dewasa dan anakan pun berbeda. Untuk anakan, maka bagian depannya perlu didesain sedemikian rupa supaya hewan ternak tidak mudah masuk ke palungan. 

Tempat pakan ini dibuat dalam dan lebar untuk menghindari pakan yang tercecer sehingga efektif untuk mengurangi biaya. Biasanya dibuat pula dinding kandang yang mengarah ke palungan dengan ukuran 20 cm x 20 cm. Ukuran tersebut cukup untuk kepala kambing mengambil pakan.

Pendapat lainnya, ukuran tempat pakan untuk kambing yang normal bisa dibuat dengan panjang 125-140 cm dengan lebar dasar 25 cm dan lebar atas 50 cm. Atau panjangnya dibuat 100-110 cm dengan lebar 32-36 cm dan tinggi 16-30 cm. 

Berbagai pendapat mengenai ukuran tempat pakan kambing ini bisa dipertimbangkan, karena pada dasarnya kisaran ukurannya akan dipengaruhi oleh bahan penyusunnya. Seperti semen, papan kayu, atau bahan plastik. 

Penataan Kandang

Berbicara mengenai penataan tempat pakan, tentu tidak lepas dari penataan kandang itu sendiri. Karena tempat pakan merupakan salah satu elemen dari kandang. Jadi selain tempat pakan, anda juga harus memperhatikan bagian lantainya, dinding kandang, hingga atap kandang.

Pada bagian lantai sebaiknya dibuat berkisi-kisi, tujuannya yaitu supaya kotoran dan urine kambing bisa langsung jatuh ke bawah. Bahan yang digunakan untuk permukaan lantai biasanya bambu atau kayu pinang yang lentur namun kuat. 

Sementara untuk bagian dinding sebaiknya dibuat agak rapat dengan sedikit celah di bagian 1-2 meter dari lantai kandang. Jadi masih memungkinkan untuk sinar matahari masuk dan memperlancar sirkulasi udara di dalam kandang. 

Penataan Tempat Pakan Kambing yang Baik, Peternak Wajib Tahu!


Kemudian untuk bagian atap dianjurkan menggunakan genteng atau asbes yang memiliki daya serap kecil, apabila letak kandang ada di daerah panas. Hindari menggunakan seng karena bisa menimbulkan suara yang gaduh saat hujan turun, dan ini dapat mengganggu kambing.

Tidak berhenti sampai di situ saja, aspek lainnya yang harus diperhatikan selain penataan tempat pakan kambing ialah kemiringan kandang. Dengan begitu, limbah ternak bisa mengalir lancar ke tempat pengolahan limbah. Supaya lebih mudah membersihkan kotoran kambing, anda juga bisa menyediakan ruangan di bawah kandang untuk mengumpulkan kotoran.

Berencana memulai usaha ternak kambing ? Mulailah dengan membuat kandangnya dan perhatikan penataan beberapa aspek di atas. Khususnya untuk tempat pakan, karena pemberian pakan yang baik akan sangat mempengaruhi pertumbuhan hewan ternak. Yuk coba terapkan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel