Cepat dan Mudah! Ini Cara Menghancurkan Kotoran Kambing Dengan Garam Untuk Diolah Menjadi Pupuk


Kotoran kambing dapat menjadi masalah yang mengganggu di peternakan atau kandang kambing Anda. Mengolah kembali kotoran kambing merupakan cara yang tepat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kendang, serta mencegah penyebaran penyakit. Salah satunya adalah mengubahnya menjadi pupuk.

Kotoran kambing merupakan limbah organik yang memiliki potensi besar sebagai bahan baku pupuk alami yang kaya akan nutrisi untuk kebun dan pertanian Anda. Maka dalam artikel ini, kita akan menjelaskan cara menghancurkan kotoran kambing dengan garam dan diolah menjadi pupuk yang berkualitas hanya dengan menggunakan garam. 

Cepat dan Mudah! Ini Cara Menghancurkan Kotoran Kambing Dengan Garam Untuk Diolah Menjadi Pupuk


Mengapa Menggunakan Kotoran Kambing Sebagai Bahan Baku Pupuk?

baca juga: Waspada Kutu Bikin Kambing Kurus! Berikut Obat Kutu Kambing Paling Ampuh

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah atau cara menghancurkan kotoran kambing dengan garam, penting untuk memahami mengapa kotoran kambing adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan pupuk:

Yang pertama yakni kaya nutrisi, kotoran kambing mengandung unsur hara penting seperti nitrogen, fosfor, dan kalium yang merupakan komponen utama dalam pupuk alami.

Kedua, organik dan ramah lingkungan. Dengan menggunakan kotoran kambing sebagai bahan baku pupuk menjadi solusi yang ramah lingkungan. Karena dapat mengurangi limbah kotoran hewan ternak dan menciptakan pupuk organik yang baik untuk tanaman. 

Maka dari itu, agar kotoran kambing dapat dengan mudah dihancurkan, maka penggunaan garam dinilai sangat penting. Berikut beberapa alasan mengapa garam sering digunakan dalam proses ini:

  1. Sebagai absorben kotoran: Garam memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban. Kotoran kambing umumnya mengandung banyak kelembaban, dan garam dapat membantu mengeringkannya dengan cepat.

  2. Ketika garam ditabur di atas kotoran kambing, maka butiran garam tersebut akan menciptakan gesekan dan tekanan mekanis pada kotoran. Sehingga dapat membantu memecah atau menghancurkannya menjadi bagian yang lebih kecil

  3. Sebagai antimikroba alami, garam memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya pada kotoran, sehingga mengurangi resiko infeksi.

Cara Menghancurkan Kotoran Kambing Dengan Garam Untuk Diolah Menjadi Pupuk

  1. Bersihkan area terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikan garam, pastikan untuk membersihkan area sekitar kotoran kambing agar tidak ada benda asing yang dapat mengganggu proses ini.

  2. Taburkan garam secara merata, taburkan garam secara merata diatas kotoran kambing. Jumlah garam yang diperlukan tergantung pada seberapa banyak kotoran kambing yang akan diolah.

  3. Lalu jenis kotoran kambing yang sudah tercampur dengan garam, campurkan dengan 5 liter air dan EM4 agar mempercepat proses fermentasi. EM4 ini memiliki kandungan bakteri yang menguntungkan dan aktif jika terkena air bersih.

  4. Dalam 100 kg kotoran kambing maka gunkan 2 tutup cairan EM4 dan campur dengan 5 liter air. Setelah tercampur tambahkan 100 gram tetes tebu, gula pasir, atau gula merah. Penggunaan bahan-bahan tersebut sebagai sumber makanan bagi bakteri. 

  5. Aduk hingga merata dan diamkan sampai bakteri EM4 tersebut aktif. Selanjutnya adalah tambahkan larutan tersebut kedalam alat seperti spuit untuk memudahkan penggunanya. 

  6. Tunggu proses pengomposan, proses ini akan memerlukan waktu beberapa minggu, tergantung pada suhu dan kelembaban lingkungan. Selama proses ini, bakteri dan mikroorganisme akan mengurai kotoran menjadi pupuk.

  7. Gunakan pupuk, setelah pupuk selesai maka Anda dapat menggunakannya untuk memberi nutrisi pada tanaman-tanaman yang ada di kebun. Campurkan dengan tanah atau sebar secara merata di area yang ditanami tersebut. 

Cepat dan Mudah! Ini Cara Menghancurkan Kotoran Kambing Dengan Garam Untuk Diolah Menjadi Pupuk


Nah, itulah cara menghancurkan kotoran kambing dengan garam untuk diolah menjadi pupuk. Cara ini merupakan langkah yang ramah lingkungan dan ekonomis untuk memanfaatkan limbah peternakan Anda. Dengan langkah-langkah yang benar tersebut, Anda akan dapat menghasilkan pupuk berkualitas tinggi hanya dengan memanfaatkan kotoran kambing dan garam. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel