Rumput Pakchong Untuk Kambing Pakan Ternak Favorit Sapi Dan Kambing Yang Kaya Akan Nutrisi

 

Rumput Pakchong, rumput dari Thailand yang menjadi favorit pakan hewan ternak khususnya sapi dan kambing. Sebuah hijauan yang dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan dicari para peternak karena keunggulan tersebut. Ingin tahu detailnya? Coba simak ulasan Rumput Pakchong Untuk Kambing di bawah ini sebagai bahan referensi pakan terbaik demi hasil ternak yang berkualitas unggul!

Rumput Pakchong Untuk Kambing Pakan Ternak Favorit Sapi Dan Kambing Yang Kaya Akan Nutrisi


Menyapa Rumput Pakchong Beserta Keunggulannya

Mengetahui Rumput Pakchong

Dalam dunia peternakan pakan hijauan tidak pernah bosan untuk diulas karena termasuk poin penting kelangsungan hidup hewan ternak. Seperti halnya rumput Pakchong yang berasal dari Thailand ini, keberadaannya selalu menjadi buah perbincangan hingga menjadi objek penelitian guna menghadirkan inovasi pada dunia peternakan.

Pakan hijauan yang menjadi favorit hewan ternak mamamila khususnya sapi, kambing, dan domba ini merupakan hasil dari persilangan antara rumput gajah dengan pearl millet. Rumput ini tidak memiliki bulu-bulu halus pada bagian batang hingga daunnya sehingga para peternak bersemangat mencari rumput Pakchong untuk kambing karena dinilai sesuai dengan selera hewan ternak mereka.

Karena merawat kambing sedikit lebih rumit ketimbang merawat sapi terlebih pada bagian penggemukan, oleh sebab itu para peternak kambing dengan lincah terus mencari informasi terkait pakan bernutrisi demi mencapai tujuan menghasilkan kambing unggulan terlaksana dengan baik dan pakan tersebut jatuh pada rumput Pakchong.

Menurut Suherman dan Herdiawan (2021), rumput Pakchong dapat tumbuh dengan baik di berbagai lokasi namun jika ingin hasil yang lebih baik pastikan tumbuh di tanah organik. Pakan hijauan ini bisa tumbuh tinggi hingga sekitar 5 m dengan batang yang relatif tidak keras maka dari itu sangat disukai hewan ternak. Selanjutnya beralih pada keunggulan rumput Pakchong untuk kambing.

Keunggulan-Keunggulan Yang Terdapat Di Rumput Pakchong

Rumput Pakchong dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dengan kadar protein kasar sebesar 16,45 persen ketimbang rumput Taiwan dan rumput Odot. Sementara itu, rumput Taiwan memiliki kadar protein sebesar 13 persen dan rumput Odot sebesar 11,6 persen. Hasil tersebut menjadi salah satu bukti mengapa rumput Pakchong lebih unggul dan lebih disarankan.

Karena dengan kandungan nutrisi yang memadahi otomatis membuat hewan ternak cepat tumbuh subur alias gemuk selama proses perawatan. Rumput Pakchong untuk kambing kalimat yang cocok bagi para peternak sebab seperti perkataan di awal, rumput ini dapat membantu proses penggemukan hewan ternak dengan baik.

Mengenai hasil produksi, pakan hijauan primadona ini keluar sebagai unggulan karena mampu menghasilkan 1.500 ton per hektar per tahun, berbeda dengan rumput Taiwan yang hanya menghasilkan 400 ton per hektar per tahun, sementara rumput Odot hanya mencapai 350 ton per hektar per tahun. Dapat disimpulkan rumput Pakchong mempunyai produktivitas tinggi dengan kualitas yang tinggi pula.

Rumput Pakchong memiliki umur yang panjang sekitar 9 tahun dan dapat dipanen setiap 40 sampai 50 hari. Namun dari semua keunggulan yang ada, pangan kesukaan hewan ternak ini pun tak lepas dari kekurangan yang apabila terlambat memanen rumput ini akan mengeras yang menyebabkan kandungan nutrisinya menurun. Jadi, bagi para budidaya rumput Pakchong jangan sampai terlambat memanen ya!

Begitulah ulasan dari rumput Pakchong untuk kambing yang patut dikembangkan persebaran budidayanya demi meraih pangan terbaik untuk hewan ternak. Bibit dari rumput ini masih susah ditemukan karena belum banyak yang membudidayakannya. Baiknya pemerintah bekerjasama dengan petani atau peternak dalam budidaya rumput Pakchong yang sangat berpotensi ini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel