Macam-macam Obat Mencret Kambing, Bisa Pakai Cara Tradisional!



Sama seperti manusia, kambing juga bisa mengalami gangguan pencernaan. Salah satunya yaitu mencret atau BAB dengan bentuk feses yang tidak wajar. Salah satu cara pengobatannya yaitu dengan memberikan obat yang tepat. Kamu juga bisa meracik sendiri obatnya secara tradisional. Berikut ini macam-macam obat mencret kambing yang bisa kamu gunakan.

Macam-macam Obat Mencret Kambing, Bisa Pakai Cara Tradisional!



Beberapa Obat Mencret Kambing yang Bisa Digunakan


baca juga:  Wajib Tahu! Dosis Wormectin Untuk Kambing dan Cara Menggunakannya!

1. Diberi Larutan Oralit


Beberapa tanda kambing mencret yaitu feses menjadi berwarna hijau muda dan mengkilap, atau hijau kekuningan, kemerahan, hingga kehitaman. Selain itu kambing juga akan lesu untuk beraktivitas dan nampak pucat. Maka salah satu cara untuk menyembuhkan yaitu dengan menghindari memberi makanan daun muda dan kacang-kacangan.


Jadi salah satu obat mencret kambing  yang bisa dilakukan dengan cara memberikan larutan oralit sebanyak tiga tablet. Oralit merupakan obat untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang. Selain untuk diare, obat ini juga bisa dimanfaatkan untuk kondisi lainnya seperti dehidrasi. Kamu hanya cukup mencampurkan air, garam dan gula, ya.


2. Air Kelapa Muda


Air kelapa muda merupakan air alami yang mengandung banyak zat penting. Beberapa diantaranya sodium, elektrolit, kalsium, vitamin C, lauric acid dan potasium. Diare atau mencret disebabkan adanya virus atau bakteri yang membuat saluran pencernaan jadi terganggu.


Nah, kandungan dalam air kelapa muda tersebut mampu membunuh bakteri yang ada di saluran pencernaan. Ini membuat air kelapa muda cocok untuk dijadikan obat mencret kambing. Cara pemberiannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu memberikan air kelapa sesuai dengan kebutuhan minum kambing.


3. Daun Jambu Biji 


Daun jambu biji merupakan tumbuhan yang kaya akan serat, potasium, vitamin c hingga antioksidan. Kandungan ini membuat saluran pencernaan menjadi sehat dan bisa membunuh bakteri. Cara mengobati kambing dengan daun jambu ini yaitu siapkan lima lembar daun jambu yang dicampur dengan garam lalu berikan pada kambing. Sangat mudah bukan?


4. Diberi Obat Diapet


Obat diapet yang biasa kita gunakan juga bisa diberikan pada kambing yang mencret. Hal ini karena diapet dibuat dari bahan-bahan herbal, mulai dari daun jambu biji, rimpang kunyit, kulit buah delima dan buah mojokeling. Kandungan ini dapat mengurangi mencret dan rasa sakit. Apabila diberikan pada kambing secara berulang maka lambat laun kambing akan sembuh.


5. Melakukan Pembersihan Kandang


Untuk mengobati kambing yang diare, tidak cukup jika hanya memberikan obat diare. Melainkan juga harus melakukan terjadinya diare secara terus menerus. Salah satu penyebab diare pada kambing yaitu cacing haemonchus concortus dan bakteri escherichia coli. Selain itu bisa disebabkan juga dari makanan dan faktor cuaca.


Maka salah satu cara agar kambing sehat yaitu dengan membersihkan kandang dan mengubah pola minum atau makan. Jadi, usahakan makanan hijau yang diberikan bersih dari virus dan bakteri. Kemudian minuman atau wadah minuman sebaiknya juga dibersihkan kembali. Jadi, kambing tidak akan terjangkiti diare lagi karena kandang yang bersih.


6. Membeli Obat Mencret


Jika kamu lebih menyukai yang simpel dan cepat. Kamu bisa membeli obat mencret kambing di toko terdekat atau melalui platform online. Ada banyak jenis obat khusus untuk hewan dengan harga terjangkau. Sebaiknya, cari testimoni yang paling bagus, ya!


Itulah beberapa obat mencret kambing yang bisa kamu gunakan. Selain obat tradisional dan racikan di atas, kamu juga bisa menelusuri obat lainnya yang menurutmu cocok. Jika sudah melakukan pengobatan alami namun tidak ada perubahan, sebaiknya segera bawa kambing ke dokter, ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel