Cegah Penyakit Mata Pada Ternak dengan Obat Mata Kambing ini!

Kesehatan pada hewan ternak termasuk kambing, sangat penting dalam upaya menjaga produktivitas hewan ternak tersebut. Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh kambing adalah penyakit mata. Penyakit mata pada kambing dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan kebutaan jika tidak diatasi dengan baik.

Meskipun saat ini banyak cara-cara modern, namun banyak peternak yang masih mengandalkan cara tradisional untuk mencegah dan mengobati penyakit mata pada kambing mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mencegah penyakit mata pada kambing dan alternatif obat mata kambing yang dapat digunakan untuk hewan ternak Anda.

Cegah Penyakit Mata Pada Ternak dengan Obat Mata Kambing ini!


Cara Mencegah Penyakit pada Hewan Ternak Kambing

  1. Identifikasi penyebabnya: Langkah pertama adalah mengidentifikasi penyebab masalah mata pada kambing Anda. Apakah ada tanda-tanda infeksi, iritasi, alergi, atau cedera? Penyebab yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda juga.

  2. Isolasi kambing yang sakit: penyakit mata pada kambing merupakan penyakit yang mudah menular. Maka isolasi kambing yang sakit untuk mencegah penyebaran penyakit ke kambing lainnya. 

  3. Kebersihan lingkungan: pastikan kendang dan lingkungan kambing tetap bersih dan kering. Kontaminasi dari air minum atau makanan dapat memperburuk kondisi mata kambing yang terkena penyakit. 

  4. Bersihkan mata dengan lembut: Langkah mudah untuk mencegah penyakit mata pada kambing adalah dengan membersihkan dengan larutan garam dan teh yang diusapkan dengan lembut. Hindari menggosok dengan keras, menggunakan kapas atau kain yang bersih dan steril. Cara ini dapat Anda gunakan ketika kambing menunjukan gejala sakit mata. 

Alternatif Obat Mata Kambing

Kambing yang terkena penyakit mata biasanya memiliki tanda-tanda seperti sering mengeluarkan air, sering berkedip, mata membengkak, merah, keruh, dan muncul luka atau borok pada selaput permukaan kornea mata. Hal ini dapat menyebabkan kebutaan bagi hewan ternak kambing Anda, maka gunakan alternatif obat mata kambing ini:

  1. Cuci dengan air hangat, yaitu dengan cara menyemprotkan air the dan garam yang sudah dilarutkan. Cara ini dapat Anda lakukan dengan mudah, dapat juga dengan cara mengusapkan secara lembut dan halus agar tidak melukai mata kambing. 

Setelah cairan disemprot, berikan salep atau obat tetes mata pada mata kambing yang sakit. Anda juga dapat menggunakan OXYVET LA atau Erlamycetin sebagai obat mata kambing yang terkena penyakit.

  1. Gunakan obat mata Terramycin spray, obat ini digunakan dengan cara disemprot tepat pada bola mata hewan ternak yang terkena penyakit mata. Anda dapat mendapatkan obat ini di toko-toko khusu hewan ternak. Pastikan menggunakan dengan dosis dan takaran yang sesuai.

  2. Gunakan bahan-bahan herbal seperti daun sirih dan garam. Cara membuat obat mata kambing ini yaitu gunakan tiga lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih lalu masukan air panas yang sudah dicampur dengan larutan garam. Setelah larutan tersebut tercampur, lalu tunggu dingin untuk selanjutnya dikompreskan ke mata kambing yang memiliki gejala sakit mata, car aini dilakukan sebanyak dua kali sehari. 

  3. Selain penggunaan obat, perhatikan terus kebersihan kendang. Hal ini merupakan langkah penting dalam mencegah penyakit mata pada kambing. Dengan menjaga kendang tetap bersih dan tidak lembab dapat menghindari akumulasi kotoran dan debu yang dapat menyebabkan infeksi mata

Cegah Penyakit Mata Pada Ternak dengan Obat Mata Kambing ini!


Itulah ulasan tentang cara pencegahan dan obat mata kambing yang dapat Anda gunakan ketika dihadapkan dengan permasalahan hewan ternak seperti ini. Selalu ingat untuk menghindari penggunaan bahan kimia atau obat-obatan secara berlebih karena hal ini dapat memperburuk kondisi mata kambing. Selamat mencoba!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel