Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli Garut! Lebih Teliti Untuk Kualitas Tinggi

 

Salah satu produk andalan dari kabupaten Garut yang kerap jadi pilihan oleh oleh atau koleksi adalah jaket kulitnya. Tidak main main memang, karena kota ini memang menjadi salah satu pusat produksi jaket kulit asli berkualitas. Mulai dari jaket kulit sapi, sampai jaket kulit domba asli Garut pun bisa dikatakan berkualitas tinggi. 

Masalahnya, pamor produk ini juga datang dengan produk imitasi yang tersebar di pasaran. Lantas bagaimana cara memiliki produk yang berkualitas? Apa ada ciri ciri jaket dari kulit domba yang bisa jadi acuan? Ternyata ada. Berikut ini adalah beberapa ciri ciri dasar yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat membeli. 



Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli Garut! Lebih Teliti Untuk Kualitas Tinggi


Ciri Ciri Yang Wajib Anda Kenali 

baca juga: Butuh Pakan Kambing? Ketahui Perbedaan Silase dan Fermentasi!

1. Lebih Berat Dan Lebih Tebal

Seberapa tebal? Seberapa berat? Yang jelas, jaket kulit akan lebih berat dari pada jenis imitasi. Begitu juga dengan ketebalannya. Bergantung dari jenis kulitnya maka ketebalannya pun akan berbeda. Untuk jenis domba super, ketebalannya sekitar 0.6-0.7 mm. Karena lebih tebal itu pula, jaket pun akan lebih berat tapi tetap hangat dan halus. 

2. Harga Bisa Sangat Tinggi 

Harga Jaket Kulit Domba Asli Garut masih sangat tinggi. Berapa? Katalog harga ini berbeda dari setiap model jaketnya. Biasanya, jaket motor dari kulit akan dibanderol sekitar Rp 1 jutaan. Hal tersebut karena proses pembuatan, pengelolaan, dan kualitas kulit memang lebih baik. Sebagai patokan, harga jaket kulit asli masih di atas Rp 1 jutaan. 

3. Punya Aroma Khas bahan Penyamaknya  

Maksudnya apa? Penyamak adalah proses konversi protein kulit mentah menjadi kulit samak yang siap digunakan. Proses ini akan membuat kulit tidak mudah busuk. Bergantung dengan bahan penyamakan, baunya pun akan berbeda. Biasanya bahan yang digunakan adalah krom atau bahan kimia untuk samak. 

Bau krom ini sangat khas dan bisa jadi penanda apakah Jaket Kulit Domba tersebut asli atau hanya imitasi. Apa hanya krom? Tidak! Ada juga bahan nabati yang biasanya bisa tercium dengan jelas dari bahan jaket tersebut. Tapi perhatikan jika aroma yang muncul berkesan sintetis seperti obat polimer. Maka bisa jadi indikasi jaket tersebut terbuat dari bahan imitasi. 

4. Warna Lebih Alami 

Karena bahan dan proses pembuatannya masih alami, maka warna dari jaket pun cenderung lebih alami. Warna seperti apa? Warna kulit alami biasanya adalah coklat dan hitam. Tidak jarang masih memiliki corak kulit dan warna asli yang tidak sempurna. Beda lagi dengan bahan imitasi. Warna jaket akan tampak lebih mengkilap dan terang.

5. Daya Elastisitas Berbeda 

Jaket kulit itu juga elastis, tapi elastisitas ini berbeda dari tarikan secara vertikal dan horizontal. Anda bisa coba dan buktikan sendiri. Kulit domba asli akan memiliki tingkat kemuluran dan panjang yang berbeda saat ditarik ke vertikal (atas dan bawah) dan horizontal (kiri dan kanan). Jika sama, Anda wajib waspada karena bahan imitasi. 

Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli Garut! Lebih Teliti Untuk Kualitas Tinggi


6. punya kartu garansi 

Agar lebih yakin, coba cek dan tanyakan soal kartu garansi. Apakah kartu garansi tersebut akan selalu ada di setiap toko? Tidak tentu! Produk berkualitas dari toko ternama biasanya dijamin dengan garansi sampai 1 tahun. Biasanya garansi ini mengcover jika ada kerusakan resleting atau warna yang memudar. Garansi ini juga bisa jadi patokan kualitas dan kepercayaan penjual. 

Jaket kulit domba asli garut mungkin sudah menjadi salah satu komoditas produk yang terkenal di Garut. Kualitasnya sangat baik dan cocok banget untuk koleksi atau dikenakan setiap hari. Tapi lebih telitilah sebelum membeli agar tidak tertipu dengan penjual nakal. Jangan sampai ingin bawa pulang jaket kulit dari domba, malah bawa pulang jaket imitasi. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel