Yuk, Kenali Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli Berikut Ini Agar Kamu Tidak Mudah Tertipu!

 

Jaket kulit domba asli telah menjadi fashion yang memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, jaket kulit domba asli memiliki daya tahan yang luar biasa. Kulit domba memiliki tekstur yang lebih lembut dan terlihat elegan ketikan digunakan. Namun, saat ini banyak sekali jaket kulit domba yang tidak asli. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengenali ciri ciri jaket kulit domba asli.

Jika kamu bisa membedakan jaket kulit domba asli dan tidak asli, maka kamu tidak akan rugi saat membeli jaket. Biasanya jaket kulit domba asli dijual dengan harga yang lebih mahal, namun kualitas yang diberikan sangatlah bagus. Yuk, intip apa saja ciri ciri yang harus kamu kenali berikut ini.

Yuk, Kenali Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli Berikut Ini Agar Kamu Tidak Mudah Tertipu!


Ciri Khas Yang Unik Dan Alami

baca juga: Jangan Sampai Keliru, Harga Jaket Kulit Domba Asli Garut Ini Rawan Pemalsuan!

1. Memiliki Aroma Yang Khas

Kulit domba asli selalu melewati proses penyamakan jika ingin digunakan sebagai jaket. Penyamakan tersebut dilakukan secara kimiawi, sehingga aroma yang muncul pada jaket kulit domba asli adalah aroma bahan kimia yang digunakan pada saat proses penyamakan.

Biasanya, penyamakan dilakukan menggunakan bahan krom sehingga aroma khas yang dikeluarkan adalah aroma krom. Namun, ada juga proses penyamakan yang dilakukan secara nabati, sehingga aroma yang dikeluarkan khas aroma nabati. 

Jika jaket kulit yang akan kamu beli memiliki aroma sintetis seperti obat kimia polimer, maka dapat dipastikan bahwa jaket tersebut bukan terbuat dari kulit domba asli, melainkan terbuat dari kulit sintetis.

2. Jaket Kulit Domba Asli Cenderung Lebih berat

Ciri ciri jaket kulit domba asli berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah beratnya, jaket yang terbuat dari kulit domba asli cenderung lebih berat dari jaket yang terbuat dari kulit sintetis. Di Indonesia sendiri, kamu akan banyak menemukan produk lokal yang menggunakan bahan kulit domba secara utuh. 

Dimana kulit domba tersebut tidak melewati proses sanded, buffed dan split. Sedangkan produk impor dari luar negeri biasanya lebih ringan karena bahan kulit domba telah melewati proses split. Dimana proses tersebut dilakukan dengan cara menipiskan atau membelah kulit domba.

3. Memiliki Ketebalan Yang Khusus

Jaket kulit domba asli biasanya memiliki ketebalan sekitar 0,6-0,7 mm karena jaket kulit domba asli telah melalui proses penempaan. Proses tersebut dilakukan untuk mendapatkan ketebalan kulit yang sama dan tekstur yang lebih halus.

Yuk, Kenali Ciri Ciri Jaket Kulit Domba Asli Berikut Ini Agar Kamu Tidak Mudah Tertipu!


4. Pola Dan Tekstur Yang Tidak Beraturan

Kamu harus memperhatikan pola dan tekstur pada jaket kulit domba, sebab ciri ciri jaket kulit domba asli adalah memiliki pola dan tekstur yang tidak beraturan. Jika kamu memperhatikan dengan teliti, maka kamu akan melihat ada pori-pori hewan di jaket kulit domba asli.

Namun jika jaket kulit yang akan kamu beli memiliki pola dan tekstur yang sangat rata dan rapi, bahkan tidak memiliki pori-pori. Maka bisa dipastikan bahwa jaket tersebut terbuat dari kulit sintetis.

5. Tingkat Elastisitas Yang Berbeda

Ciri ciri jaket kulit domba asli yang terakhir yaitu tingkat elastisitas yang dimiliki berbeda. Jika kamu menarik jaket keatas dan kebawah serta menarik jaket kesamping kanan dan ke samping kiri maka elastisitas disetiap tarikannya pasti berbeda. Kamu juga bisa melakukan ketahanan jaket kulit menggunakan korek api.

Nyalakan korek api dibawah jaket kulit, jika jaket tersebut tidak terkelupas maka dapat dipastikan bahwa jaket kulit tersebut terbuat dari kulit domba asli. Nah itu dia ciri ciri jaket kulit domba asli yang harus kamu kenali sebelum membeli. Pastikan bahwa jaket tersebut benar-benar asli ya!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel