Wajib Tahu! Dosis Wormectin Untuk Kambing dan Cara Menggunakannya!



Wormectin merupakan salah satu obat hewan yang berguna untuk berguna untuk membunuh nematoda atau cacing giling dan parasit luar lainnya. Seperti kutu, caplak, hingga tungau pada hewan. Nah, obat ini bisa diberikan pada anjing, kucing, sapi hingga kambing. Tiap hewan memiliki dosis yang berbeda. Berikut ini dosis wormectin untuk kambing dan cara menggunakannya.

Wajib Tahu! Dosis Wormectin Untuk Kambing dan Cara Menggunakannya!



Cara Memberikan dan Dosis Wormectin Untuk Kambing


baca juga:  Butuh Pakan Kambing? Ketahui Perbedaan Silase dan Fermentasi!

1. Alat yang Diperlukan


Saat memberikan dosis wormectin untuk kambing, kita perlu memahami alat apa saja yang bisa digunakan. Apabila parasit yang menyerang kambing berada di luar, maka sebaiknya kenakan sarung tangan plastik agar terlindung dari kuman. Bahan lain yang diperlukan yaitu obat, alkohol, dan jarum suntik. 


2. Macam-macam Wormectin 


Wormectin sendiri terbagi menjadi berbagai kemasan. Mulai dari ukuran 5 ml, 10 ml hingga 50 ml. Selain wormectin, kamu juga bisa memanfaatkan pengobatan tradisional lainnya. Misalnya, jika gejala pada kambing tidak terlalu parah. Maka bisa menggunakan minyak kelapa, oli bekas dan belerang. Bahan-bahan ini dimasak  dahulu lalu didinginkan.


Untuk kambing yang sudah dalam keadaan parah juga ada wormectin tradisionalnya. Beberapa bahan yang digunakan yaitu 2 liter minyak goreng, kemudian insektisida sebanyak 50 ml dan oli bekas sebanyak 50 ml. Jika parasit sudah menyerang seluruh tubuh, maka pengobatan harus diberikan selama dua minggu. Agar dalam satu bulan kambing sudah sembuh.


3. Dosis untuk Kambing


Setiap hewan memiliki dosis wormectin yang berbeda-beda. Termasuk hewan kambing yang sedang diserang parasit. Untuk kambing biasanya memerlukan 1 ml untuk kambing yang berbobot 20 kg. Namun, pemberian dosis ini juga tetap dikomunikasikan dengan dokter hewan.


Dalam pemberian dosis juga terdapat jadwal yang berbeda. Jadi, pada saat pemberian memerlukan pengulangan obat sebanyak 10 sampai 14 hari. Hal ini bertujuan untuk membunuh telur tungau yang mungkin menetas. Pemberian dosis pada hewan yang hamil juga berbeda, ya. Jadi sebaiknya tanyakan dahulu pada dokter.


4. Cara Pemberian Obat


Untuk cara pemberian obat yaitu persiapkan dahulu alat-alat dan bahan yang dibutuhkan. Gunakan dahulu sarung tangan yang baru. Kemudian ambil dosis wormectin untuk kambing menggunakan jarum suntik. Bersihkan dahulu bagian yang akan disuntik menggunakan alkohol. Cubit kulit hewan yang akan disuntik, kemudian suntikkan pada bagian yang dicubit.


Namun, jika bertujuan untuk mengusir parasit yang berada di luar tubuh. Bisa juga dengan cara mengoleskan bahan racikan tradisional. Untuk cara pengobatannya yaitu bersihkan dahulu badan kambing dengan sabun. Kemudian oleskan pada bagian yang sakit  selama tiga hari sekali.


5. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan


Selain memberikan wormectin pada kambing. Peternak juga harus memperhatikan hal lainnya yang bisa mendukung kesembuhan kambing. Beberapa di antaranya yaitu dengan memberikan vitamin B, membersihkan kandang, memberikan pakan yang bernutrisi. Proses pemberian pakan juga sebaiknya ditambah dengan suplemen mineral sebanyak 2 kg setiap 100 kg pakan.


Proses mendapatkan pakan juga harus diubah. Misalnya dengan mengambil pakan yang jauh dari kandang ternak. Kemudian tidak menggembala ketika pagi karena pada rumput terdapat metaserkaria yang dapat menyebabkan pencernaan kambing terganggu. Sebisa mungkin kandang tidak lembab dan sirkulasi udara juga baik.


Dengan membaca cara penggunaan dan dosis wormectin untuk kambing diatas, kita jadi mengetahui cara pemberian obat. Pemberian dosis yang tepat akan membuat kambing jadi lebih cepat sembuh dan sulit untuk terjangkit penyakit kembali. Nah, bahan apa saja yang sudah kamu siapkan?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel