6 Manfaat Pisang Barangan yang Kaya Nutrisi, Bagus untuk Kesehatan Hingga Pakan Ternak!

Pisang barangan atau biasa disebut sebagai pisang medan karena banyak dikembangkan di daerah Sumatera Utara, merupakan salah satu jenis pisang yang sangat digemari oleh banyak orang. Pisang ini spesial karena rasanya yang manis dan kandungannya yang kaya akan nutrisi sehingga cocok dikonsumsi sehari-hari. Apa saja manfaat pisang barangan bagi tubuh ? Yuk cari tahu.

6 Manfaat Pisang Barangan yang Kaya Nutrisi, Bagus untuk Kesehatan Hingga Pakan Ternak!


Manfaat Buah Pisang Barangan

1. Mendukung Kesehatan Otak

Pisang barangan punya kandungan asam folat yang tinggi. Dimana kandungan tersebut menjadi nutrisi penting untuk mendukung kesehatan otak, sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh anak-anak maupun ibu hamil. Sangat penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatan otak, dan mengonsumsi pisang barangan dapat menjadi salah satu cara untuk mendukungnya.

Mengingat bahwa otak merupakan pusat dari tubuh yang akan membuat tubuh terganggu apabila terjadi sesuatu pada organ tersebut, maka sebaiknya pastikan bahwa asupan folat bagi tubuh terpenuhi dengan baik. Ibu hamil yang mengonsumsinya secara teratur juga akan sangat membantu dalam perkembangan otak janin.

2. Kesehatan Sistem Pencernaan

Selain mendukung kesehatan otak, manfaat pisang barangan lainnya yaitu mendukung kesehatan sistem pencernaan. Pisang barangan termasuk buah yang kaya akan serat. Dan sama seperti buah-buahan berserat lainnya, pisang barengan dengan kandungan 0,7 gram serat akan membantu anda memperoleh sistem pencernaan yang sehat dan lancar.

Dengan begitu, maka sistem pencernaan yang sehat pun akan mampu menyerap berbagai nutrisi lainnya dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Jadi menjaga asupan serat bagi tubuh, akan mendukung tubuh untuk mendapatkan berbagai nutrisi baik lainnya secara optimal.

3. Baik untuk Penderita Anemia

Anda memiliki riwayat anemia ? Pisang barangan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Sebab jenis pisang dengan rasa manis ini mengandung zat besi yang dapat membantu dalam menaikkan kadar jumlah hemoglobin dalam darah. Seperti yang diketahui bahwa anemia merupakan kondisi dimana jumlah hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah normal.

Biasanya kondisi tersebut akan membuat penderitanya merasakan kepala pusing, pucat, dan kekebalan tubuh menurun. Manfaat pisang barangan di sini yaitu untuk mencegah terjadinya kondisi ini dengan cara menaikkan kadar jumlah hemoglobin dalam darah.

4. Jadi Sumber Energi

Untuk melakukan aktivitas sehari-hari, manusia membutuhkan energi yang cukup sesuai kebutuhan tubuh masing-masing. Anda dapat mengonsumsi pisang barangan untuk menjadi sumber energi tersebut. Karena pisang ini mengandung karbohidrat yang ampuh untuk meningkat energi sebelum anda beraktivitas atau berolahraga.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Tidak hanya menjadi sumber energi, namun pisang barangan juga dapat meningkatkan konsentrasi. Manfaatnya ini membuat jenis pisang tersebut bagus bagi anak sekolah, mahasiswa, maupun para pekerja. Anda bisa mengonsumsinya di pagi hari untuk mendukung aktivitas yang akan dilakukan seharian.

6 Manfaat Pisang Barangan yang Kaya Nutrisi, Bagus untuk Kesehatan Hingga Pakan Ternak!


6. Bisa untuk Pakan Ternak

Selain dapat dikonsumsi dan memberikan berbagai hal baik untuk kesehatan, manfaat pisang barangan yaitu dapat digunakan sebagai pakan ternak seperti sapi, kambing, dan domba. Yang digunakan yaitu bagian kulitnya, karena kulit pisang barangan mengandung serat kasar, protein kasar, lemak kasar, phospor, dan kalsium. Jadi kulit pisang jangan langsung dibuang, bisa diolah sebagai pakan fermentasi.

Itu dia manfaat dari pisang barangan yang bagus untuk tubuh dan perlu anda ketahui. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi jenis buah-buahan ini. Anda dapat merasakan semua manfaat tersebut dengan mengonsumsinya secara rutin dan tidak berlebihan. Bahkan anak-anak hingga wanita hamil juga bisa menikmati pisang ini dan merasakan manfaat baiknya. Tertarik mencoba pisang barangan ?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel