Harga Anakan Domba: Cara Memilih Bibit Ternak Berkualitas

Perlu dicatat bahwa anakan domba sangat mempengaruhi hasil peternakan sehingga sangat penting untuk mengetahui anakan domba. Di pasaran, harga anakan domba lebih tinggi daripada kambing karena ada banyak manfaat seperti bulunya untuk produksi tekstil. Untuk mengetahui cara memilih bibit domba berkualitas, simak penjelasan di bawah ini.

Harga Anakan Domba: Cara Memilih Bibit Ternak Berkualitas


Tips Memilih Bibit Domba yang Berkualitas

1. Kepala Domba Besar

Anda bisa mengenali kualitas anakan domba dari kepalanya. Pada umumnya, anakan domba berkualitas memiliki bentuk yang tidak terlalu panjang. Dari depan, bentuk kepalanya cenderung lebih besar serta agak lebar. Disamping itu, bibit yang sehat mempunyai mulut yang lebar dan besar. Tanduknya juga berukuran sedang.

Bagian moncong domba tidak terlalu runcing. Dalam memilihnya, pastikan bahwa ternak tidak buta dan rabun. Anda bisa mengetahuinya dengan mendekatkan jari tangan ke arah mata domba. Jika domba berkedip, maka domba tidak buta dan rabun. Hal ini juga berlaku sebaliknya dimana domba yang tidak berkedip menandakan bahwa domba buta atau rabun.

2. Badan Ideal

Badan domba yang akan tumbuh dengan bagus kerap memiliki postur besar, tidak runcing dan panjang. Adapun ideal bobotnya kurang lebih 15-25 kg. Bagian dalam dadanya juga lebih lebar serta memiliki bentuk perut yang tidak buncit, tidak kurus dan normal. Selain itu, bagian punggungnya juga lurus, lebar dan rata.

Jika anda melihatnya sekilas, anakan bagus memiliki badan yang data dari depan dari depan sampai belakang. Tulang iganya juga terlihat lebar. Bagian pantat domba yang bagus tampak lebar dan runcing jika dilihat dari belakang. Dalam memilih anakan domba, pastikan bahwa kriteria badan ideal tersebut telah terpenuhi.

3. Gigi Lengkap

Gigi anakan juga penting diperhatikan karena anakan yang berkualitas memiliki bentuk gigi yang sempurna tanpa kecacatan. Disamping itu, perhatikan juga jumlah gigi yang akan menjadi bakal. Anakan domba harus mempunyai jumlah gigi yang lengkap pada bagian rahang bawah dan atas. Hal ini agar domba dapat mengunyah pakan dengan baik dan lancar.

4. Kaki dan Bulu yang Bagus

Kaki anakan domba akan menjadi bajalan berkualitas jika kakinya lurus, kokoh dan kuat. Pada umumnya, anakan yang berkualitas memiliki tonjolan tulang yang besar di kakinya. Hindari memilih domba dengan kaki berbentuk X atau O dan usahakan memilih domba yang normal atau berjalan dengan baik. Selain itu, pastikan bahwa tekstur bulunya tidak halus dan tidak kasar.

Harga Anakan Domba: Cara Memilih Bibit Ternak Berkualitas


5. Jantan

Anakan domba Jantan dinilai memiliki pasar yang lebih baik daripada betina. Sebab, domba betina hanya dapat diterima pasar penjual ternak untuk kurban sehingga hanya ramai di hari besar seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Sementara itu, domba jantan memiliki banyak peminat kapanpun karena untuk aqiqah dan kebutuhan lainnya.

Dalam memilih domba Jantan, pastikan bahwa memiliki 2 testis yang lengkap, birahi besar, aktif dan ramah. Perhatikan juga kondisi fisik serta kesehatan pejantan yang cirinya tidak jauh beda dengan indukan. Adapun usia pejantan yang cocok dikawinkan segera yakni sekitar 1-3 tahun. Setelah itu, barulah anda bisa menyesuaikan dana dan harga anakan domba.

Itulah apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih anakan domba mulai dari ciri fisik, jenis kelamin hingga sistem perkawinannya. Hal ini penting diketahui sebelum membeli agar anda memperoleh ternak domba yang berkualitas. Semakin bagus anakan domba, maka akan semakin baik pula pertumbuhan dan perkembangannya hingga menjadi dewasa yang menghasilkan anakan yang lebih berkualitas.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel