Kenali 8 Obat Kutu Kambing yang Ampuh Membasmi Kutu


Memelihara kambing memang susah-susah gampang karena ada banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas ternak seperti penyakit, iklim dan manajemen pemeliharaan. Terlebih lagi, musim hujan dengan kelembaban tinggi dapat menimbulkan perkembangbiakan kutu. Dalam hal ini, ada beberapa obat kambing yang bisa digunakan.

Kenali 8 Obat Kutu Kambing yang Ampuh Membasmi Kutu


Berbagai Jenis Obat Kutu untuk Kambing

1. Insektisida

Obat pertama yang ampuh mengobati kutu kambing yakni insektisida. Anda dapat membelinya di 0toko peternakan terdekat. Sebelum menggunakannya, perhatikan jenis dan dosis penggunaannya terlebih dahulu. Lebih jelasnya, anda bisa berkonsultasi dengan penjaga toko. Tidak hanya mengatasi kutu, serbuk ini juga mampu mencegah perkembangbiakan kutu.

2. Cuka

Obat kutu kambing selanjutnya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan yaitu cuka. Anda bisa mencampurkannya dengan sedikit air dan sabun cuci piring. Kemudian, basuh tubuh sapi dengan cairan tersebut khususnya area infeksi. Anda bisa mendiamkannya selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.

3. Garam

Hingga kini, garam juga dapat dijadikan sebagai obat kutu yang ampuh dalam mengatasi parasit. Cukup taburkan garam ke lantai kandang hingga rata. Kutu dan telurnya akan mati begitu terkena kristal garam ini. Disamping itu, garam juga aman bagi ternak sehingga tidak perlu khawatir ternak akan keracunan karena garam.

4. Insect Growth Regulator

Obat kutu untuk kambing yang tidak kalah ampuh yakni insect growth regulator yang digunakan dengan cara menyemprotkannya pada lantai kandang. Cairan ini ampuh mengatasi perkembangbiakan kutu ternak sekaligus memutuskan siklus hidup kutu. Sebelum menggunakan, sangat disarankan untuk membaca petunjuk penggunaannya.

5. Paramectin RV

Paramectin RV juga dinilai ampuh dalam mengatasi kutu hewan ternak seperti kambing. Akan tetapi, perhatikan dosisnya terlebih dahulu untuk disesuaikan. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi kutu yang kebal terhadap obat ini. Butuh waktu minimal 3 hari untuk memperoleh hasil maksimal agar kutu rontok dan mati.

Setelah selesai menggunakannya, anda mungkin akan menjumpai banyaknya kutu-kutu yang mati dan masih hinggap pada tubuh ternak. Dalam hal ini, anda bisa mengambilnya secara manual. Kumpulkan semua kutu-kutu dengan telurnya untuk dibakar agar telur ikut mati dengan induknya.

6. Serutan Cedar

Serutan cedar bisa anda gunakan sebagai obat kutu alternatif dengan menebarkannya di sekitar kandang ternak. Jika anda ingin lebih praktis dan rapi,gunakan semprotan minyak cedar. Minyak ini bisa digunakan langsung pada bulu kambing karena mengandung bahan yang aman dan tidak berbahaya.

Kenali 8 Obat Kutu Kambing yang Ampuh Membasmi Kutu


7. Lemon

Perlu diketahui bahwa lemon ialah buah yang kaya akan asam sitrat. Asam sitrat ialah zat yang dapat membunuh bakteri atau kutu dengan baik. Anda dapat memanfaatkannya sebagai obat kutu alami dengan mengolahnya menjadi jus terlebih dahulu agar kutu hilang dengan mudah.

Cara penggunaannya pun cukup mudah karena anda bisa merebus satu hingga dua potongan lemon dan tiriskan airnya. Kemudian, pindahkan jus atau cairan lemon tersebut ke dalam botol semprot. Air perasan lemon pun dapat disemprotkan pada tubuh kambing dengan merata.

8. Lavender

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat kutu yakni lavender karena efektif menghancurkan kutu kucing. Cairan lavender dapat disemprot pada tubuh ternak agar terhindar dari adanya kutu. Setelah itu, anda tidak perlu membilas tubuh ternak agar terserap dengan baik oleh tubuh.

Itulah penjelasan mengenai apa saja obat kutu kambing yang bisa dijadikan andalan agar ternak terbebas dari kutu. Hal ini sangat penting diketahui khususnya bagi peternak yang baru saja terjun di dunia peternakan. Dengan begitu, hewan ternak dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat dan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel