Baru Lahiran? Ketahui Cara Merawat Anakan Domba agar Tumbuh Sehat

Ternak domba memang mendatangkan banyak cuan karena nilai jualnya yang tinggi dan perawatannya yang mudah. Namun, dalam merawat anakan domba, ada beberapa hal yang penting dipelajari agar anakan dapat tumbuh dengan sehat. Untuk mengetahui cara merawatnya, simak penjelasan di bawah ini.

Baru Lahiran? Ketahui Cara Merawat Anakan Domba agar Tumbuh Sehat


Tips Merawat Anak Domba yang Baik dan Benar

1. Bersama Sang Induk

Dalam merawat anak domba, anak domba yang baru saja lahir tentu tidak bisa berdiri dengan tegak. Sehingga, ia tidak bisa bergerak kemanapun sehingga membutuhkan pengawasan induknya. Dalam hal ini, jangan pisahkan anak domba dari induknya dan biarkan induk membersihkan seluruh tubuh anak domba agar terjalin ikatan antara domba dan induk.

2. Menyusu Langsung pada Sang Induk

Perlu diketahui bahwa anak domba harus segera menyusu pada induknya maksimal satu jam setelah kelahiran. Jangan memindahkan atau menjauhkan anak domba dari induknya kecuali hal darurat. Air susu pertama yang diperoleh dari induk yakni kolostrum. Ada banyak gizi, antibiotic dan nutrisi di dalamnya yang dibutuhkan anakan domba.

3. Membantu Mendapatkan Asupan Gizi jika Tidak Bisa Menyusu

Jika anak domba tidak bisa menyusu pada induknya atau kurang kuat, anda harus segera membantu anak domba memperoleh asupan gizi. Dalam hal ini, anda bisa memberikan susu melalui botol. Anda juga bisa memompa susu induk atau domba lain untuk diberikan kepada anak domba.

4. Menyusu selama 8 Minggu

Masa menyusui anak domba setidaknya selama 8 minggu sebelum lambungnya mampu mencerna makanan. Jika anda hendak memberikan pakan hijauan atau konsentrat, cek dosis pemberian pakan. Sebab, domba awalnya membutuhkan waktu agar bisa beradaptasi dengan makanan selain susu.

Perlu dicatat bahwa anak domba berusia 1-3 hari perlu diberi 150 ml susu sehari 4 kali. Anak domba berusia 4-10 hari bisa diberikan 300 ml susu sehari 4 kali. Untuk usia 10-14 hari, berikan 400-500 ml susu sehari 3 kali dan mulai berikan Jerami yang bersih. Memasuki 2-3 minggu, tambahkan jumlah susu pada pagi dan malam hari menjadi 1 liter.

Dalam hal tersebut, cobalah untuk menghilangkan jadwal pemberian susu di siang hari serta berikan rumput dan 100 gram dedak. Berada di usia 3 hingga 8 minggu, anak domba bisa diberikan 1 liter susu sehari dua kali. Ketika beranjak 8 minggu dan memiliki berat 18 kg, berikan 500 ml susu sehari sebelum disapih.

Baru Lahiran? Ketahui Cara Merawat Anakan Domba agar Tumbuh Sehat


5. Sapih Anak Domba

Pada usia tertentu, anakan tidak wajib minum susu baik dari botol atau langsung dari induknya. Anda bisa membantunya mencapai tahap ini dengan mengenalkannya dengan makanan padat seperti rumput atau Jerami secara perlahan dan cobalah mengurangi pemberian jumlah susu.

6. Beri Vaksin

Meski ada beberapa imunitas yang telah diwariskan dari susu induk, anakan domba juga tidak akan imun terhadap beberapa penyakit. Sehingga, ia butuh vaksin untuk mencegahnya dari adanya penyakit-penyakit. Anda bisa membeli vaksin dan melakukan vaksinasi pada anakan.

7. Jaga Padang Rumput Tetap Bersih

Perlu dicatat bahwa jika anakan dicampur dengan domba dewasa di padang rumput yang sama, pastikan bahwa rumputnya dalam kondisi bersih. Sebab, anakan akan memakan berbagai tanaman yang ditemukan di padang rumput. Terlalu banyak kotoran akan membuat anak domba cepat sakit.

Itulah penjelasan mengenai cara merawat anakan domba yang benar agar tumbuh kembangnya tetap terjaga. Memang merawatnya perlu usaha lebih dan pengetahuan yang mumpuni agar tidak terjadi kesalahan. Dengan begitu, anak domba akan tumbuh menjadi domba dewasa yang sehat dan segar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel