Cara Mengawinkan Kambing Agar Cepat Hamil, Perhatikan Hal Ini!

Beternak kambing menjadi pilihan populer bagi para peternak pemula. Itu karena mengurus kambing relatif lebih mudah daripada sapi. Selain itu, kambing dapat diternak dalam jumlah kecil untuk memperoleh keuntungan. Namun anda perlu tahu cara mengawinkan kambing agar cepat hamil supaya dapat mendapatkan keuntungan yang optimal. Adapun yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

Cara Mengawinkan Kambing Agar Cepat Hamil, Perhatikan Hal Ini!


Mengawinkan Kambing Supaya Cepat Hamil

1. Pilih Indukan yang Unggul

Supaya kambing bisa cepat hamil, maka anda perlu memilih indukan yang unggul. Indukan yang unggul ini nantinya juga dapat menghasilkan anakan kambing yang berkualitas. Ada beberapa ciri yang harus diperhatikan pada kambing betina maupun jantan. Untuk betina, cirinya yaitu memiliki dada lebar dan dalam, punggung serta garis pinggangnya lurus, dan perawakan tubuh tegap.

Tubuhnya besar tapi tidak begitu gemuk ataupun kurus, dengan sifat yang cenderung jinak. Sementara ciri kambing jantan yang unggul yaitu perawakannya gagah, dada bidang lebar dan juga dalam, serta tumitnya nampak tinggi dengan kaki yang lurus. Yang paling penting, indukan harus sehat dan terbebas dari serangan penyakit. Anda juga bisa memilih indukan dari keturunan kembar supaya peluangnya lebih besar.

2. Pastikan Kambing Sudah Dewasa

Cara mengawinkan kambing agar cepat hamil yaitu dilakukan ketika indukan sudah masuk usia dewasa. Kapan usia dewasa kambing ? Kambing dinyatakan dewasa dari aspek kelaminnya saat mencapai umur 6-8 bulan. Namun tidak semua kambing betina siap untuk melahirkan meskipun sudah dewasa kelamin.

Karena beberapa memiliki tubuh dengan pinggul yang kecil, sehingga akan sulit jika dipaksa melahirkan. Oleh karena itu, anda perlu memastikan bahwa kambing juga memenuhi kategori dewasa tubuh. Kondisi dewasa tubuh dicapai pada umur 10-12 bulan pada kambing betina dan usia 12 bulan untuk kambing jantan. 

3. Ketahui Masa Birahi

Peluang kambing untuk hamil bisa lebih besar apabila dikawinkan pada masa birahi. Jadi peternak harus tahu kapan masa birahi tersebut. Umumnya kambing betina akan memasuki masa birahi antara 18-24 hari. Sementara kambing jantan siap untuk dikawinkan kapan saja tanpa mengenal masa birahi, asalkan ia sudah memasuki usia dewasa.

Adapun tanda-tanda kambing betina birahi sebagai cara mengawinkan kambing agar cepat hamil yaitu penurunan nafsu makan, terlihat gelisah, sering bersuara, kerap mengibaskan ekor, kerap kencing, dan keluar cairan putih dari organ intim. Setelah indukan menunjukkan tanda birahi, waktu paling tepat mengawinkannya yaitu antara 12-18 jam.

4. Cara Mengawinkan

Cara mengawinkan kambing dapat dilakukan secara individual maupun kelompok. Itu karena semakin bertambahnya umur, kambing jantan dapat mengawini beberapa betina sekaligus. Misalnya 10-20 ekor betina pertahun untuk kambing jantan dengan usia setahun, jadi sangat memungkinkan untuk mengawinkan secara berkelompok.

Caranya yaitu mengumpulkan beberapa betina di satu kandang, kemudian masukkan satu pejantan ke sana. Namun peternak harus jeli dalam memilih pejantan terbaik agar cara ini berhasil. Jika ragu, anda bisa melakukan mengawinkan kambing secara individual dengan memasukkan satu kambing betina dan satu kambing jantan dalam kandang.

Cara Mengawinkan Kambing Agar Cepat Hamil, Perhatikan Hal Ini!


5. Memberikan Pakan Berkualitas

Cara mengawinkan kambing agar cepat hamil dinyatakan berhasil apabila tanda birahi pada indukan betina sudah menghilang. Dengan begitu anda bisa mengeluarkan kambing jantan dari kandang, kemudian berikan pakan berkualitas kepada kambing betina supaya cepat hamil. Pastikan anda memberi pakan sesuai takaran yang tepat, biasanya masa kehamilan ini bervariasi mulai dari 144-152 hari.

Demikian cara mengawinkan kambing supaya cepat hamil. Sudah siap ternak kambing ? Jangan lupa penuhi asupan nutrisi hewan ternak anda dengan pakan yang berkualitas, sehingga kesehatannya terjaga dan tumbuh dengan baik. Dengan begitu, maka anda pun akan memperoleh indukan unggul yang dapat menghasilkan anakan kambing berkualitas unggul pula. Berikut ini cara mengawinkan kambing agar cepat hamil dan beranak.  


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel