Cara Mengawinkan Kambing Biar Cepat Hamil & Beranak


Cara Mengawinkan Kambing Agar Cepat Hamil

 

Dalam ternak kambing, tentu anda menginginkan kambing peliharaan anda cepat beranak. Namun, hal ini membutuhkan pengetahuan dan cara yang tepat supaya penanganan yang anda berikan berhasil. Bagaimana cara mengawinkan kambing biar cepat beranak supaya pembibitan kambing ini berhasil. Penasaran dengan caranya? Yuk simak  cara mengawinkan kambing agar cepat hamil berikut ini sampai selesai!


Cara Ternak Kambing Agar Cepat Beranak

1. Mengenali Indukan yang Unggul

Untuk mempercepat perkawinan dan kehamilan kambing, tentu anda perlu memilih indukan yang unggul terlebih dahulu. Berdasar pengalaman Madani Farm Jogja dan informasi dari Google nduk yang unggul akan membantu anda supaya ternak kambing cepat beranak dengan kualitas anak yang bagus. Untuk induk jantan, anda bisa memilih yang memiliki buah zakar normal, tumitnya tinggi, kakinya lurus dan tegap, serta sehat.

Kemudian, pilih pejantan yang dadanya dalam dan lebar, tubuhnya besar tinggi, memiliki libido tinggi, dan umurnya lebih dari 1,5 tahun. Sementara itu, untuk indukan betina yang unggul tidak berbeda jauh dengan pejantan dengan tambahan ambing simetris, puting ada 2, umurnya lebih dari 1 tahun, dan jinak. Pastikan anda memilih indukan yang unggul untuk ternak kambing.

 

2. Mengawinkan Kambing agar cepat Hamil

Cara kambing biar cepat beranak selanjutnya tentu saja adalah mengawinkan kambing jantan dan kambing betina. Umumnya, cara ini menggunakan IB dan membutuhkan biaya lebih. Namun, anda juga bisa menggunakan cara pengawinan kambing secara alami dengan konsep breeding center. Anda bisa memasukkan pejantan dan betina di kandang kawin yang masih berpapasan.

Anda bisa menggunakan 1 jantan 1 betina atau 1 jantan 2 betina dan tunggu hingga kambing tersebut melakukan perkawinan secara alami. Konsep breeding center ini juga sudah terbukti dapat meningkatkan produktivitas ternak kambing. Selain itu, konsep ini juga dapat mengontrol ternak anda secara ketat, sehingga kondisi kesehatannya tetap terjaga dengan baik.

 

3. Memberikan Pakan yang Berkualitas dengan Metode Flushing

Pakan juga sangat berpengaruh terhadap potensi kambing agar cepat hamil dan beranak banyak. Pemberian pakan yang berkualitas juga harus dilakukan tepat waktu dengan dosis yang pas supaya penyerapan nutrisinya berjalan sempurna. Untuk itu, cara kambing biar cepat beranak dapat menggunakan metode flushing yang bertujuan untuk meningkatkan birahi kambing.

Metode ini perlu dilakukan 1 bulan sebelum indukan kambing dikawinkan sampai indukan betina selesai menyusui. Dengan metode flushing, anda bisa memberikan pakan dengan energi dan zat besi yang lebih tinggi supaya mempercepat siklus birahi kambing. Anda bisa memberikan pakan hijau seperti yang biasa dikonsumsi kambing dengan tambahan konsentrat.

Selain itu, perlu juga dilakukan injeksi PG-600 pada kambing betina yang bertujuan untuk meningkatkan persentase birahinya. Detail pakan yang bisa anda berikan kepada kambing ternak anda adalah daun singkong dan rumput lapangan masing-masing 50%. Kemudian, onggok 65%, dedak padi 35%, daun gamal 20%, dan suplemen organik cair 20 ml.

Agar peternakan kambing anda berjalan dengan baik dan sukses, cara kambing biar cepat beranak tersebut perlu anda lakukan. Selain memilih indukan yang unggul dan cara perkawinan yang cepat, pakan juga memegang peran yang sangat penting, terutama untuk menjaga kesehatan kambing. Dengan demikian, kondisi kambing akan tetap bugar dan tidak akan sakit.

Cara ternak kambing agar cepat beranak memang membutuhkan perlakuan khusus supaya indukan bisa segera kawin dan menghasilkan anakan kambing. Untuk mengawinkan kambing agar cepat hamil dan beranak dan anakannya berkualitas, berbagai cara di atas bisa anda lakukan. Dengan demikian, potensi kambing untuk segera beranak akan lebih besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel