Air Tajin Untuk Anak Kambing, Manfaat & Cara Pemberiannya

 

Manfaat dan Cara Pemberian Air TajinUntuk Anak Kambing



Air tajin atau air rebusan beras sering dipandang sebelah mata, padahal air tajin memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, bahkan untuk anak kambing. Sejak zaman dahulu air tajin memang sering diberikan kepada bayi yang masih dalam masa pertumbuhan. Siapa sangka jika air tajin juga memiliki manfaat untuk anak kambing. Berdasar info dari Google, dan pengalaman Madani Farm, Yuk kenali manfaat air tajin untuk anak kambing!

Pemanfaatan Air Tajin Untuk Ternak Anak Kambing

1. Digunakan Sebagai Pengganti Susu

Anak kambing yang masih kecil tentu masih menyusu kepada ibunya. Air susu induk kambing ini juga yang menjadi faktor utama dalam pertumbuhan dan perkembangan anak kambing. Akan tetapi, pemberian air susu kepada anak kambing ini juga bisa anda ganti dengan air tajin atau air rebusan beras.

Anda bisa menggunakan air tajin sebagai susu tambahan untuk anak kambing yang masih dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan. Cara pemberiannya bisa menggunakan botol bayi dengan ukuran besar. Masukkan air rebusan beras ke dalam botol tersebut dan berikan kepada anak kambing peliharaan anda secara langsung.

2. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat lain dari air tajin untuk anak kambing yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Air tajin atau yang biasa disebut dengan susu beras ini memiliki kandungan mineral yang penting untuk kesehatan jantung. Susu beras ini juga memiliki kandungan vitamin B6 dan niasin dari kulit air beras yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Kandungan lain dari susu beras ini adalah magnesium yang berguna untuk menjga tekanan darah agar tetap normal. Kemudian, ada juga kandungan tembaga dan zat besi yang berfungsi untuk membantu proses produksi sel darah merah. Sebab, sel darah merah memiliki peran yang sangat penting untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

3. Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi air rebusan beras yang kompleks tersebut juga berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh anak kambing supaya tidak mudah terserang penyakit. Manfaat air tajin untuk anak kambing ini berasal dari kandungan mineral berupa magnesium dan selenium yang merupakan antioksidan. Sebagaimana diketahui jika antioksidan sangat baik dalam menangkal radikal bebas.

4. Mengandung Karbohidrat yang Tinggi

Sama halnya seperti nasi, air tajin atau air rebusan beras ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Bahkan, satu cangkir air rebusan beras ini mengandung karbohidrat 3 kali lebih banyak dari susu sapi dengan jumlah yang sama. Artinya, anakan kambing yang diberi makan air tajin setiap pagi akan lebih cepat kenyang sekalipun belum makan apa pun.

Untuk itu, anda bisa memberikan air tajin setiap pagi kepada anak kambing yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Selain dapat mengenyangkan, air tajin ini juga dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak kambing dengan beragam nutrisi yang dimilikinya.

5. Rendah Lemak

Manfaat air tajin untuk anak kambing selanjutnya yaitu memenuhi nutrisi tubuhnya tanpa membuatnya gemuk. Mengapa demikian? Sebab air tajin rendah lemak, bahkan kandungan lemaknya hanya 3 gram dari satu cangkir. Dengan kandungan lemak yang rendah, susu beras ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh anak kambing tanpa menggemukkan.

Air tajin memiliki banyak manfaat untuk anak kambing yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Itulah mengapa banyak peternak yang menggunakan air tajin untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anda juga bisa menggunakan susu beras ini untuk anak kambing peliharaan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel