Cara Menggemukan Kambing yang Kurus Dengan Singkat


5 Cara Menggemukan Kambing yang Kurus dalam Waktu Singkat

 



Bagi anda yang ingin mengembangkan usaha sebagai peternak kambing, ada beberapa taktik yang perlu dipelajari. Termasuk salah satunya  bagaimana cara menggemukan kambing gemuk di masa pertumbuhan. Sebab kambing tidak seperti sapi yang berat badannya bisa naik 1 kg per hari. Sedangkan kambing hanya beberapa gram saja tiap minggu. Berdasar informasi dari Google dan pengalaman Madani Farm, berikut cara menggemukan kambing yang kurus.

 

Perhatikan Kondisi Kambing Saat Proses Penggemukan

1. Hilangkan Parasit dari Tubuh

Kambing kurus tampak secara fisik, kulitnya terlihat menempel pada tulang-tulang. Jaringan otot dan lemak yang dimiliki sangat sedikit. Penyebabnya adalah si pemilik yang kurang perawatan. Bisa juga saat kambing sakit dibiarkan dan tidak diberi pakan yang sehat. Maka dari itu, anda dapat memulai dengan menjaga kesehatan kambing serta menghilangkan parasitnya.

Biasanya parasit pada kambing berupa cacing dan kutu. Peternak boleh memanfaatkan obat herbal di pasaran atau membuatnya secara alami. Caranya campurkan beberapa bahan alami seperti temulawak, buah pepaya, dan lainnya. Efek obat kimia lebih cepat dibandingkan obat alami. Untuk keseharian cukup bersihkan kendang rutin pagi sore, dan berjemur saat pagi hari.

2. Usahakan Kandang Bersih & Sehat

Cara menggemukan kambing yang kurus ini perlu menjadi perhatian khusus. Disarankan kendang berbentuk panggung, serta tidak bercampur dengan kotoran dan air kencing. Wadah kotoran diletakkan di bagian bawah kandang, sehingga kambing tidak akan bersentuhan. Bersihkan kotoran yang terselip di reng-reng bangunan setiap hari, jadi kambing lebih sehat.

Kandang harus mendapatkan sinar matahari yang cukup. Karena bermanfaat untuk membunuh bakteri dan parasit. Disamping itu, tubuh hewan ini menjadi lebih segar, terutama sinar matahari pagi. Kemudian buat atap kandang tinggi agar suhu tidak terlalu panas. Karena energi dari pakan akan terbuag karena aktivitas respirasi ternak.

3. Teliti Pada Pakan Kambing

Selain bibit dan jenis kambing, pakan yang dikonsumsi juga memengaruhi berat badan. Ada tiga jenis pakan untuk cara menggemukan kambing yang kurus. Pertama, rumput-rumputan sebagai sumber serat. Kedua, pakan mengandung leguminosa sebagai sumber protein. Ketiga, konsentrat untuk penguat imun si kambing.

Peternak bisa menggunakan jenis rumput pakchong, odot, ruzi, atau banchiaria. Ketiganya memiliki sumber serat yang tinggi. Boleh juga mengandalkan daun nangka, daun mahoni, maupun daun pisang. Untuk jenis legume anda dapat memanfaatkan daun lamtoro, turi, indigofera, kaliandra, dan kelor. Dan jangan lupa tambahkan vitamin paling tidak seminggu dua kali agar otot lebih kuat.

4. Cek Kesehatan Kambing

Perawatan kesehatan hewan ini perlu dilakukan secara rutin, karena kambing mudah tertular virus. Efeknya selain kambing kurus ialah kehilangan birahi atau mandul. Kondisi kambing tersebut sulit sekali dijual, kalaupun laku harganya dibawah pasaran. Maka cara menggemukan kambing yang kurus adalah sering cek kesehatannya, terutama bagian lumbal atau cekungan pada perut.

5. Kambing Dikebiri

Sebenarnya metode ini menimbulkan pro kontra di kalangan peternak. Namun kambing yang dikebiri performanya di atas rata-rata. Kambing menjadi lekas gemuk dan dagingnya tebal. Apabila dijual ke pasaran harganya bisa melambung tinggi. Biasanya kambing yang dikebiri diperuntukkan untuk qurban. Sekaligus tidak perlu mengkawinkan dengan kambing betina kecuali jika untuk ternak.  

Beternak kambing sebenarnya gampang-gampang susah. Peternak harus siap dengan karakter hewan ini yang sedikit sensitif. Maksudnya dari segi kesehatan, jenis pakan, hingga kebersihan harus terjaga dengan baik. Paham betul mulai usia berapa kambing perlu melewati masa penggemukan. Serta bagaimana syarat kambing yang sudah memasuki musim kawin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel