Manfaat Polar Untuk Kambing

 

Apa Manfaat Polar Untuk Kambing? Temukan Jawabannya di Sini!


Pollard atau polar tentu sudah tidak asing di kalangan para peternak dan banyak digunakan untuk pakan ternak mereka. Polar digunakan sebagai makanan ternak karena memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan ternak. Lantas, apa manfaat polar untuk kambing? Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan tentang manfaat pollard untuk kambing berikut!

 


Kandungan dari Polar

Polar disebut juga dengan dedak gandum yang merupakan limbah dari hasil penggilingan tepung terigu. Pakan ini sangat penting untuk diberikan kepada ternak seperti kambing karena memiliki palatabilitas yang cukup tinggi. Angka konversi polar dari bahan bakunya berkisar antara 25 hingga 26 persen dengan kualitas protein yang lebih tinggi dari jagung.

Dedak gandum ini kaya dengan kandungan nuturisi pakan ferum dan fosfor dengan persentase 1,29 persen. Namun, pakan ternak ini rendah kalsium, hanya 0,13 persen. Selain itu, polar juga tidak memiliki kandungan vitamin, tapi kaya dengan tiamin dan niacin. Meskipun kandungan proteinnya masih lebih tinggi dari jagung, tapi masih di bawah susu, ikan, kedelai, dan daging.

 

Manfaat Pollard Untuk Kambing

Banyak jenis hewan ternak yang diberi makan dengan dedak gandum ini dengan tujuan untuk menggemukkan ternak kambing dalam waktu singkat tersebut. Tidak terkecuali dengan kambing, pemberian polar juga berguna untuk membuat kambing cepat gemuk. Manfaat polar untuk kambing ini umumnya dicampur dengan pakan yang kaya dengan protein.

Meski polar memiliki manfaat yang baik untuk kambing, penggunaannya tetap perlu dibatasi karena terdapat sifat pencahar di dalam polar. Mengapa polar sangat baik untuk makanan penggemuk kambing? Sebab, di dalam polar terdapat kandungan protein kasar 17 persen, serat kasar 8,8 persen, lemak kasar 5,1 persen, dan bahan kasar 88,4 persen.

Biasanya, polar juga disajikan dengan cara dicampur dengan air. Aromanya akan seperti dedak dan memiliki warna kemerahan. Pakan ini pun bisa anda berikan bahkan ketika kambing belum biasa memakan konsentrat dengan cara menaburkan di atas pakan kambing. Kandungan karbohidrat dari polar juga sangat tinggi dengan tekstur yang lebih halus dari dedak.

 

Waktu Terbaik Untuk Memberikan Polar

Agar manfaat polar untuk kambing dapat diperoleh secara maksimal, anda harus memberikannya tepat waktu. Selain itu, jumlahnya juga harus tepat, begitu pula dengan kualitasnya. Oleh sebab itu, sebaiknya makanan yang diberikan kepada kambing tidak berubah-ubah dan konsisten terhadap waktu pemberiannya.

Prinsip seperti ini harus diterapkan dengan baik supaya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh pakan tersebut dapat dicerna oleh kambing secara maksimal. Dengan begitu, pertumbuhan kambing pun akan lebih optimal dan mudah untuk gemuk. Karena kualitasnya yang lebih baik dari jenis pakan lainnya, tidak heran jika polar dibandrol dengan harga yang lebih tinggi.

Pasalnya, pakan ternak yang satu ini tidak hanya baik untuk kambing dewasa, tapi juga bisa diberikan kepada anakan kambing yang belum bisa mencerna makanan kasar. Saat perutnya belum siap dengan makanan yang seratnya kasar, polar bisa menjadi pilihan yang tepat untuk pakan anak kambing.

Dengan kandungan dan manfaat polar untuk kambing yang sangat baik, tidak heran jika pakan ini menjadi salah satu pakan wajib yang digunakan oleh para peternak. Anda juga bisa menggunakannya untuk makanan anakan kambing yang belum bisa mencerna pakan dengan serat terlalu kasar.

Pollard atau dedak gandum ini memiliki kualitas yang sangat baik untuk pakan ternak kambing anda. Tujuan utamanya untuk membuat kambing lebih cepat gemuk karena memiliki kandungan yang baik untuk penggemukan kambing dan banyak digunakan oleh para peternak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel