Ternak Kambing Modal 10 Juta, Bagaimana Caranya?

 

Ternak Kambing Modal 10 Juta , Bagaimana Caranya? Yuk Intip di Sini!

 


 

Cara Memulai Ternak Kambing denganModal 10 Juta

1. Melakukan Analisa Perhitungan Keuangan

Uang 10 juta yang anda miliki tersebut bisa dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan ternak kambing. Anda bisa menyisihkan Rp 4 juta untuk membeli anak atau bibit kambing sekitar 15 ekor. Kemudian Rp 3 juta bisa anda pergunakan untuk membuat kandang dan perlengkapan tambahan lainnya. Untuk biaya pakan dan konsentrat bisa dihitung 9 bulan.

Mengapa 9 bulan? Waktu ini merupakan asumsi dasar hingga anak atau bibit kambing tersebut layak untuk dijual. Jika dalam sebulan membutuhkan pakan Rp 100 ribu, berarti dalam 9 bulan membutuhkan Rp 900 ribu. Sementara itu, konsentrat per bulannya Rp 150 ribu dan selama 9 bulan membutuhkan biaya sebesar Rp 1,35 juta.

Perhitungan untuk ternak kambing modal 10jt tersebut masih sisa Rp 750 ribu dan bisa anda gunakan untuk keperluan lainnya. Jika diasumsikan seluruh bibit kambing anda layak jual di bulan ke 9 dan harga jual per ekornya Rp 1,3 juta, maka harga penjualan 15 ekor kambing sebesar Rp 19,5 juta. Dengan modal 10 juta, anda bisa mendapatkan untung sekitar Rp 9,5 juta.

2. Memilih Jenis Kambing yang Akan Diternak

Kambing pun memiliki banyak jenis dan anda perlu memilih jenis kambing apa yang ingin anda ternakkan. Ada kambing etawa, kambing gibas, kambing boer, dan lain-lain.  Analisa keuangan dan keuntungan di atas untuk kambing boer yang paling sering dicari dan proses ternaknya juga mudah. Masing-masing jenis kambing tentu memiliki harga yang berbeda-beda.

Dengan demikian, analisa keuangan dan keuntungan bisnis ternak kambing domba sebagaimana yang ditunjukkan di atas perlu anda sesuaikan lagi dengan jenis kambing yang ingin anda ternakkan. Sebab, hal itu akan berpengaruh terhadap proses ternak kambing modal 10jt dan keuntungan yang akan anda peroleh. Untuk itu, pastikan dengan matang jenis kambing apa yang ingin anda pelihara.

3. Membuat Kandang Kambing dan Perawatan Rutin

Pembuatan kandang untuk ternak kambing juga perlu diperhatikan, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu luas. Kandang untuk kambing cukup untuk membuat kambing sedikit bergerak dan merasa nyaman. Untuk material yang digunakan dalam pembuatan kandang kambing ini bisa berasal dari bambu yang paling mudah dan harganya cenderung lebih murah.

Untuk perawatan kandang juga perlu diperhatikan. Bersihkan kandang setiap hari dari kotoran kambing supaya kambing yang anda ternakkan tetap dalam kondisi sehat. Pastikan juga kandang yang anda buat bisa mendapatkan sinar matahari dengan baik agar sirkulasi udaranya juga baik. Selain itu, kandang juga tidak mudah lembab yang memicu timbulnya penyakit.

Perawatan rutin untuk mendukung keberhasilan ternak kambing modal 10jt adalah pemberian pakan yang teratur. Anda bisa memberikan pakan sebanyak 2 kali dalam sehari dengan rumput atau dedaunan hijau. Untuk mendukung perkembangannya, anda juga perlu memberikan multivitamin.

Dengan modal 10 juta, anda sudah bisa memulai bisnis ternak kambing dengan modal 10 jt dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Bahkan, keuntungan yang anda peroleh hampir mendekati 100 persen dengan asumsi tidak ada pembengkakan biaya lainnya. Bisnis ternak kambing memang termasuk bisnis yang menjanjikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel