Wormectin & Vitamin Untuk Kambing Bunting

 

Mengulik Pentingnya Pemberian Wormectin & Vitamin Untuk Kambing Bunting


Beternak kambing memang memberikan keuntungan yang menjanjikan, sehingga banyak orang yang membudidayakannya supaya cepat bunting. Agar produktivitas kambing tetap tinggi, maka perlu adanya perawatan dan juga pemberian vitamin yang mencukupi. Seberapa penting perawatan dengan pemberian wormectin & vitamin untuk kambing bunting? Simak di sini!

 


Tips Merawat Kambing Yang Bunting Dengan Baik

Merawat kambing dengan baik merupakan aspek krusial yang tidak boleh dilewatkan begitu saja bagi para peternak. Salah satu masalah penting yang menunjang keberhasilan ternak kambing yaitu dengan memperhatikan pemberian pakan. Jika dilihat secara detail, pemberian pakan ini sebenarnya tidaknya rumit seperti hewan ternak lainnya.

Pasalnya, kambing bisa berkembang dengan baik hanya dengan makan rumput pakchong atau hijauan pakan ternak lainnya. Selain itu, ada beberapa pakan tambahan yang nantinya akan menunjang agar kambing bereproduksi dengan optimal. Bahkan, pakan untuk kambing mudah didapatkan dan memiliki harga yang cukup terjangkau.

Meskipun begitu, anda juga perlu memperhatikan pakan dengan kandungan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral yang cukup yang bisa berupa tetes tebu. Sehingga, pencernaan kambing lancar. Pemilihan pakan ternak kambing juga perlu dibarengi dengan pemberian wormectin & vitamin untuk kambing bunting. Hal ini membuat kesehatan kambing yang hamil tetap terjaga dan terbebas dari adanya penyakit.

Selain itu, pakan yang harus diberikan pada kambing dianjurkan mudah dicerna dan disukai hewan ternak, sehingga kambing akan makan dengan lahap. Kandungan pakan ini juga bisa anda dapatkan dengan memberikan nutrisi tambahan seperti konsentrat dan berbagai jenis rumput untuk memaksimalkan pertumbuhannya.

Cara pemberian pakan juga harus diperhatikan dengan baik agar kambing bisa lebih sehat. Untuk rerumputan, maka harus diberikan 2 kali dalam satu hari, yaitu pagi di antara pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 16.00 sore. Sedangkan, pemberian pakan dengan bahan campuran atau konsentrat ini paling bagus diberikan pada saat siang hari.

Bagi indukan kambing yang sedang bunting, menyusui atau pejantan yang sering dikawinkan, maka memerlukan pakan penguat yang harus dibeli di toko pakan ternak terdekat. Selain itu, perhatikan pemberian wormectin & vitamin untuk kambing bunting jika kambing mengalami penyakit kulit seperti kudis, jamur, dan lain sebagainya.

Cara Pengendalian Penyakit Pada Kambing             

Sebagai bentuk pencegahan terjadinya serangan penyakit pada hewan ternak kambing, maka sebaiknya melakukan beberapa langkah yang cukup efektif. Pertama tentu ada harus memperhatikan sanitasi kandang yang tepat serta pemberian makanan yang mencukupi gizi. Tak ketinggalan pemberian vaksinasi, obat cacingan, dan juga vitamin harus dipertimbangkan.

Pasalnya, ada banyak penyakit yang bisa menyerang kambing ternak, meskipun sedang hamil. Beberapa penyakit yang dapat menyerang kambing yaitu kudis (scabies), kembung perut (bloat), cacingan, paru paru (pneumonia), bahkan, koksidiosis. Namun, penyakit yang paling sering dialami kambing yaitu kudis atau scabies.

Oleh karena itu, penting bagi anda agar mempertimbangkan untuk pemberian wormectin & suplemen vitamin untuk kambing bunting. Obat penyakit luar ini akan mengatasi penyakit kulit seperti kudis dan juga jamur yang disebabkan oleh tungau, kutu, koreng gatal, caplak, dll yang ditimbulkan dari parasit kulit pada ternak. Agar pengobatannya efektif, berikan dosis setengah ml per 25 kg.

Semua penyakit yang dapat menjangkit kambing bunting bisa dikendalikan dengan cara mudah jika penanganannya tepat. Dengan begitu hewan ternak kambing anda bisa terbebas dari adanya penyakit dan juga lebih sehat. Jika kambing anda terserang penyakit, ada baiknya jika lakukan pemisahan pada kambing lainnya dan segera lakukan pengobatan.

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel