Berbagai Manfaat Tetes Tebu Untuk Kambing Hamil

 Mengulik Berbagai Manfaat Tetes Tebu Untuk Kambing Hamil

 

Beternak kambing memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan di Indonesia. Pasalanya, masih banyak peternak yang belum memahami bagaimana cara ternak kambing yang baik, termasuk merawat kambing hamil. Salah satu yang bisa diterapkan yaitu dengan menggunakan tetes tebu atau molase. Lantas, apa saja manfaat tetes tebu untuk kambing hamil? Simak informasinya di sini!

 

 


Sekilas Mengenai Proses Reproduksi Kambing Sampai Bunting

Agar hasil ternakan menjadi lebih maksimal, ada baiknya menjalankan memperhatikan beberapa aspek, termasuk tingkat reproduksi kambing. Kambing memang memiliki tingkatan reproduksi yang terbilang cukup tinggi karena bisa melahirkan dua kali dalam satu tahun. Setidaknya, kambing akan beranak tiga kali dengan masa dua tahun. 

Anakan kambing ini akan tumbuh dewasa setelah enam bulan. Kemudian, pada umur 10 sampai dengan 12 bulan, kambing sudah mengalami birahi dengan siklus selama 12 sampai 21 hari. Untuk melanjutkan ternak kambing ini, maka rasio jumlah pejantan dan betina adalah 1: 10. Jika perkawinan sudah berhasil, maka lama waktu kambing bunting adalah sekitar 5 bulan. 

 

Cara Perawatan Ternak Kambing yang Bisa Anda Praktekkan

Setelah kambing betina dibuahi, maka lama untuk hamil berkisar 144 sampai dengan 156 hari. Kemudian, peternak perlu memperhatikan aspek perawatan yang baik dan benar. Ini dilakukan dengan cara memberikan pakan yang bergizi, seperti rumput, tetes tebu dan lain lainnya. Sebab, manfaat tetes tebu untuk kambing hamil ini menunjang agar cepat gemuk. 

Selain itu, perhatikan pemberian pakan agar dapat memudahkan ternak kambing. Sebagai saran, anda bisa mencari pakan yang tersedia di sekitar lingkungan anda dan juga mencari pakan yang harganya terjangkau. Langkah ini bisa menekan seminimal mungkin pengeluaran untuk pakan. Perhatikan berbagai jenis kandungannya, seperti protein, vitamin, karbohidrat dan mineral. 

Peternak juga wajib memberikan pakan yang mudah dicerna, disukai kambing, dan tidak beracun. Kandungan pakan yang lengkap bisa didapatkan dengan memberinya berbagai jenis makanan tambahan dan rumput hijau. Sebagai penambah nutrisi ekstra, anda bisa memberikan konsentrat dan tetes tebu dengan takaran yang cukup. 

Ada beberapa aturan yang harus anda perhatikan dalam pemberian pakan yang baik untuk hewan ternak. Anda bisa memberikan rerumputan dan manfaat tetes tebu untuk kambing hamil sebanyak dua kali dalam satu hari, di pagi hari dan sore hari. Kemudian, dilanjutkan dengan pemberian pakan tambahan konsentrat atau campuran tetes tebu ke dalam setiap makanan kambing yang anda ternakkan. 

 

Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Penggunaan Tetes Tebu Untuk Kambing Bunting

Selain memperhatikan jenis pakan yang diberikan pada kambing, anda juga bisa memberinya nutrisi tambahan berupa tetes tebu. Tetes tebu merupakan salah satu bahan fermentasi pakan kambing. Kandungan di dalamnya sangat bermanfaat bagi kambing yang bunting. Ada berbagai macam nutrisi dan kandungan di dalamnya yang mampu meningkatkan kesehatan kambing betina. 

Kambing bunting yang diberi pakan berupa tetes tebu akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Salah satunya adalah menyediakan gula yang cukup untuk masa bunting. Hal ini akan berimbas baik pada pertumbuhan janin di dalamnya. Selain itu, manfaat tetes tebu untuk kambing hamil yang cukup signifikan adalah meningkatkan nutrisi ketika menjelang melahirkan. 

Itulah beberapa informasi yang wajib anda tahu sebelum beternak kambing. Ada banyak ada banyak aspek yang perlu diperhatikan, dari mulai pemilihan makanan, reproduksi, sampai dengan cara perawatan pada masa kehamilan kambing. Pemberian pakan yang cukup baik dengan penambahan nutrisi tambahan seperti tetes tebu bisa meningkatkan kesehatan ternak ketika bunting. 

Berikut ini cara mengawinkan kambing agar cepat hamil dan beranak.   

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel